Apa Yang Kamu Cari?

Kreasi Resep Sarapan Anak Sehat & Praktis
Kreasi Resep

Sarapan Anak Sehat & Praktis

Sarapan sehat merupakan cara terbaik untuk mengawali hari. Sayangnya, sarapan sering dilewatkan dan dianggap kurang penting. 

Kesibukan pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau sekolah membatasi waktu untuk menyiapkan sarapan sehat dan bergizi. Padahal, ada banyak resep sarapan anak yang sehat dan praktis.

Sarapan memberikan energi yang dibutuhkan tubuh selama beraktivitas sepanjang hari. Sarapan sehat juga berpengaruh terhadap suasana hati serta kemampuan konsentrasi. Ini tentunya dapat membantu si kecil belajar dan berprestasi lebih baik di sekolah.

Sarapan dapat membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Ini juga dapat membantu mengontrol porsi makan sepanjang hari. Karena itu, pastikan bahan-bahan yang terdapat dalam resep sarapan pilihan keluarga mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan saat menyiapkan sarapan setiap hari? Berikut beberapa tips yang bisa membantu menyiapkan sarapan untuk si kecil:

1. Rencanakan menu sarapan sehari sebelumnya

Perencanaan resep sarapan akan membantu untuk selalu siap dengan bahan segar bergizi setiap saat. Bila bangun pagi tanpa rencana menu yang akan disiapkan, kamu mungkin malah tidak akan membuat sarapan. Apalagi jika tidak menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, sarapan yang disiapkan mungkin kurang bergizi.

2. Siapkan bahan untuk sarapan malam sebelumnya

Bila akan memasak sarapan, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sebelumnya. Jika akan memasak nasi goreng untuk sarapan, siapkan bahan bumbu yang telah dihaluskan serta bahan tambahan lain sejak malam. Pagi harinya kamu bisa menyiapkan nasi goreng dengan cepat dan mudah. Sajian yang mudah dipanaskan seperti nasi goreng juga bisa disiapkan sejak malam hari dan disimpan dalam kulkas untuk dipanaskan dan disajikan untuk sarapan.

3. Siapkan peralatan masak

Pastikan semua peralatan masak yang akan digunakan untuk memasak sarapan sudah bersih dicuci. Kamu jadi bisa menghemat waktu pada pagi hari karena tidak perlu mencuci dulu. Peralatan makan yang akan digunakan keluarga juga sebaiknya disiapkan dan dicuci sejak malam sebelumnya.

4. Siapkan menu sarapan sehat dan praktis

Siapkan berbagai makanan untuk sarapan yang mudah dan sehat seperti sereal gandum, roti gandum, serta susu rendah lemak. Pilihan lain seperti buah-buahan segar, telur rebus, serta jus dan smoothies juga bisa disiapkan sejak malam hari. Berbagai menu sarapan seperti ini bisa jadi pilihan bila suatu saat bangun terlambat atau tidak sempat memasak.

Sarapan berperan penting sebagai pemberi energi sepanjang hari. Pastikan nutrisi berikut terdapat dalam menu dan resep sarapan anak yang disiapkan.

1. Serat

Serat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama serta menurunkan kadar kolesterol. Serat juga penting untuk menjaga kesehatan pencernaan. Asupan serat bisa didapatkan dari bahan seperti sereal, roti gandum, dan buah-buahan segar.

2. Protein

Sarapan kaya protein memberi tubuh lebih banyak energi. Asupan protein bisa didapat dari bahan seperti telur, daging, dan kacang-kacangan.

3. Kalsium

Kalsium membantu menjaga kesehatan tulang. Asupan kalsium bisa didapat dari keju, susu, yogurt, serta produk dairy lainnya. Agar lebih sehat, pilih produk susu rendah atau tanpa lemak.

Selain sehat, resep sarapan anak yang disajikan tentu juga harus tampil menarik sehingga si kecil lebih bersemangat. Kamu bisa membuat sandwich yang dipotong dengan berbagai bentuk unik, atau membuat karakter lucu dari bahan makanan.

Lalu sarapan seperti apa yang sehat, mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh, namun tetap mudah disiapkan? Ibu bisa mencoba salah satu dari beberapa resep sarapan sehat berikut ini:

1. Egg Benedict

Telur yang kaya protein adalah pilihan bahan yang tepat untuk sarapan. Dalam resep Egg Benedict ini, telur disajikan bersama tumisan jamur, tomat, serta saus krim Royco yang lezat. Bintang utama sajian tentu saja poached egg setengah matang. Lelehan kuning telur yang berpadu dengan saus krim akan membuat sajian semakin lezat.

Untuk mendapatkan kuning telur setengah matang, rebus telur selama 2-3 menit. Kalau ingin kuning telur lebih padat, rebus telur sekitar 4-5 menit. Ingat, waktu masak dihitung sejak telur dimasukkan ke dalam air yang telah mendidih dengan api sedang.

2. Nasi Goreng Omelette

Nasi Goreng Omelette ini merupakan salah satu kreasi resep sarapan anak yang menarik. Hemat waktu memasak dengan menyiapkan bumbu halus pada malam hari. Untuk mendapatkan omelette yang lembut, pastikan telur tidak dikocok terlalu lama. Protein pada telur akan mengeras bila dikocok terlalu lama. Gunakan api sedang saat memasak telur agar tidak terlalu kering.

3. Roti Isi Cakalang

Salah satu kelebihan sajian Roti Isi Cakalang adalah praktis dibawa. Jadi kalau tidak sempat sarapan di rumah, menu ini bisa dibawa untuk dinikmati dalam perjalanan ke kantor atau sekolah. Cakalang juga bisa diganti dengan bahan lain seperti tuna atau ikan asap. Hotdog bun resep juga bisa diganti dengan roti gandum lebih sehat atau jenis roti lainnya yang disukai keluarga.

4. Dadar Sayur Keju

Dadar Sayur Keju juga bisa jadi resep sarapan sehat untuk si kecil. Telur dadar dimasak menggunakan kompor dan wajan seperti biasa. Kamu juga bisa mencoba memasak telur dadar menggunakan oven, lho. Tuang campuran telur dan sayuran serta bumbu dan bahan-bahan lain dalam mangkuk atau pinggan tahan panas. Setelah itu, masak telur dalam oven bersuhu 180 derajat C selama sekitar 20 menit hingga telur matang.