Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Dua piring telur dadar dengan isian sayur dan alpukat tersaji

Inspirasi Sarapan Pagi Sehat yang Mudah Dibuat di Rumah

Jadikan sarapan pagi semakin berenergi berkat rancangan menu yang sehat. Simak pilihan-pilihannya berikut untuk kamu coba di esok hari!

Apa yang biasanya kamu lakukan untuk mengawali pagi? Selain berolahraga, sarapan pagi menjadi poin penting yang tak boleh terlewatkan. Berbeda dengan makan siang maupun makan malam, sarapan kita lakukan setelah tubuh beristirahat semalaman dan disebut sebagai ‘pembuka puasa’. Untuk itu, momen ini menjadi sorotan banyak ahli gizi.

Sejumlah literatur membahas pentingnya sarapan pagi. Penelitian dari National Nutrition and Physical Activity Survey di Australia tahun 2012 menyebutkan bahwa orang yang melewatkannya akan mengalami kekurangan serat dan banyak nutrisi dalam satu hari tersebut. Sedangkan, penelitian yang dilakukan Brazilian National Dietary Survey tahun 2008-2009 menyimpulkan orang yang sarapan di pagi hari mendapatkan asupan vitamin B12, C, dan D lebih tinggi dengan asupan gula yang lebih terkontrol.

Namun, tentu saja semua bergantung menu sarapan yang kita santap. Meski fokus utama sarapan di pagi hari adalah untuk menyiapkan energi, bukan berarti sumbernya selalu dari karbohidrat. Kita bisa menyeimbangkannya dengan nutrisi lain seperti protein dan serat.

Berikut ini, tiga inspirasi menu sarapan pagi yang mudah dibuat sekaligus kaya nutrisi yang bisa kamu coba di rumah:

1. Telur Dadar Sayur Keju

Tak bisa dipungkiri, kebanyakan lidah orang Indonesia lebih akrab dengan hidangan asin dan cenderung berat di pagi hari. Tradisi menyantap ketupat sayur, nasi uduk, hingga bubur ayam sebagai menu sarapan adalah bukti nyatanya.

Agar lebih sehat, kita bisa mengakalinya dengan pemilihan bahan makanan yang tepat. Salah satu menu sehat sarapan pagi bercita rasa gurih yang lezat adalah telur dadar sayur keju. Pembuatannya sendiri mirip dengan omelette. Asupan protein seperti telur saat sarapan tentu akan membuat tubuh lebih berenergi. Menurut ahli nutrisi sekaligus peneliti protein Profesor Donald Layman, PhD, mengonsumsi protein saat sarapan pagi dapat mencegah keinginan untuk ngemil makanan tinggi gula di sore harinya.

Telur sebagai protein hewani bisa menjadi pilihan tepat karena cukup mudah diolah. Memadukannya dengan sayuran menjadi solusi tepat untuk memperkaya serat agar kenyang lebih lama. Tambahkan keju agar tampilan lebih menggugah dan rasanya semakin kaya. Simak resep membuat telur dadar sayur keju untuk sarapan, agar harimu lebih berenergi!

2.Sup Krim Ayam Brokoli

Selain protein, kita juga memerlukan ragam vitamin untuk menjalani hari dengan optimal. Salah satu makanan yang kaya manfaat adalah brokoli. Sayuran hijau ini mengandung vitamin C yang dapat menjadi antioksidan sekaligus menjaga kekebalan tubuh. Kandungan seratnya juga dapat membantu mengontrol kolesterol.

Agar lebih kaya nutrisi, kita bisa memadukannya dengan protein hewani seperti daging ayam. Salah satu racikan brokoli dan ayam yang lezat adalah sup krim ayam brokoli. Makanan hangat dan bertekstur creamy ini cocok disantap di pagi hari.

Permudah proses pembuatannya dengan menggunakan Royco Sup Krim Ayam dan tambahkan keju parut untuk memperkaya rasanya. Untuk itu kita punya resep sup krim ayam brokoli untuk kamu coba di rumah.

3.Sandwich Cakalang

Sumber protein berikutnya bisa kita dapatkan dari ikan. Seringkali kita merasa mengolah ikan untuk sarapan adalah sesuatu yang merepotkan. Padahal, hal tersebut bisa diakali dengan pemilihan menu yang tepat.

Salah satu resep yang bisa dicoba adalah Sandwich Cakalang. Ikan yang menjadi ikon kuliner asal Manado ini bisa kita olah menjadi isian sandwich, sehingga ringkas untuk disantap sebagai sarapan pagi. Paduan roti dan ikan juga bukan hal baru, kita mengenal sandwich tuna yang kelezatannya sudah mendunia. Kali ini, kita memilih ikan cakalang yang tak kalah lezat dan padat gizinya.

Ikan cakalang mengandung vitamin A, kalsium, zat besi, dan omega 3. Kandungan omega 3 dapat membantu mengatur ritme jantung sedangkan zat besi dapat membantu pembentukan sel darah merah hingga mencegah anemia. Hal ini dapat membuatmu terhindar dari rasa lemas karena kurang darah saat beraktivitas.

Pada resep ini, ikan cakalang kita tumis dengan beberapa bahan seperti bawang putih dan bawang merah. Serunya, menyiapkan sandwich cakalang hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Simak resep lengkap sandwich cakalang untuk disantap esok hari!

 

Tiga resep di atas bisa jadi pilihan untukmu yang harus memulai pagi lebih cepat ataupun memiliki aktivitas padat. Tabungan energi tak hanya berasal dari karbohidrat, namun memperbanyak protein dapat membuatmu bugar dengan tetap terisi.