Apa Yang Kamu Cari?

cara memasak rendang
4 Kesalahan Umum

dalam Memasak Rendang

Saat rendang diumumkan menduduki peringkat pertama dalam daftar makanan terenak di dunia versi CNN Travel, tentunya foodies Indonesia sepakat. Perpaduan bumbu rendang daging sapi dari berbagai rempah dengan daging empuk, memang banyak digemari.

bumbu rendang daging sapi dari berbagai rempah dengan daging empuk, memang banyak digemari. Rendang bahkan memiliki banyak variasi di Indonesia dengan bahan utama selain daging sapi, seperti bebek dan ayam.

Rendang juga termasuk sajian rumahan yang sering dibuat untuk menu sehari-hari keluarga Indonesia. Walaupun cukup umum dihidangkan di Indonesia, tak jarang rendang diolah dengan kurang tepat sehingga menjadi kurang nikmat.

Berikut beberapa kesalahan yang cukup sering terjadi saat memasak rendang dan cara menghindarinya.

1. Daging kurang empuk

Daging rendang yang keras tentu merusak kenikmatan bumbu rendang daging sapi yang kaya rasa. Kesalahan ini bisa terjadi karena penggunaan potongan daging sapi yang salah. Daging yang paling pas diolah menjadi rendang adalah bagian paha sapi. Selain itu, daging paha sapi sebaiknya dipotong agak tebal agar tidak mudah hancur saat dimasak. Ini karena rendang dimasak dalam waktu lama agar daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan baik.

2. Rendang kurang berminyak

Salah satu yang membedakan rendang dari kalio adalah rendang dimasak lebih lama, sampai bumbu mengering dan minyaknya keluar. Namun, bisa jadi rendang yang dimasak telah mengering tapi tidak berminyak. Padahal, minyak inilah yang membuat rendang terasa lebih nikmat dan awet disimpan.

Kurangnya minyak pada rendang yang bisa terjadi karena santan yang digunakan berasal dari kelapa yang kurang tua. Hal ini juga bisa disebabkan penggantian santan dengan bahan lain, seperti susu. Untuk mendapatkan bumbu rendang dengan minyak yang nikmat, gunakan santan kental dari kelapa tua.

3. Rendang terasa pahit

Kalau terasa pahit artinya rendang agak gosong. Agar hal ini tidak terjadi, masak rendang dengan api kecil dan rutin diaduk selama proses. Bila bumbu rendang daging sapi menjadi berkerak dan lengket di wajan, rendang bisa jadi gosong dan pahit.

4. Bumbu kurang banyak dan kurang sedap

Kunci kelezatan rendang terletak pada bumbunya. Bila rendang kurang banyak dan kurang sedap, bisa jadi karena takaran santan tidak tepat dan penggunaan rempah kurang segar. Idealnya, setiap 1 kg daging dimasak dengan santan dari 3-4 butir kelapa. Selain itu, gunakan rempah segar untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal.


Dengan daging yang empuk dan bumbu rendang daging sapi yang nikmat, rasa rendang buatan sendiri di rumah pasti tak kalah dengan restoran masakan Padang. Yuk, coba tips-tips dalam resep Rendang Sapi Royco berikut. Selamat mencoba!