Apa Yang Kamu Cari?

Tips Siapkan Camilan Sehat untuk Anak
Tips

Siapkan Camilan Sehat untuk Anak

Anak-anak membutuhkan nutrisi cukup untuk mendukung pertumbuhan optimal. Orang tua tentunya ingin memberi nutrisi dari sajian yang disiapkan setiap hari, mulai dari tiga makanan utama hingga camilan.

Malah, camilan sehat untuk anak merupakan salah satu cara memastikan anak mendapatkan nutrisi cukup untuk pertumbuhan.

Namun, camilan sehat sering dianggap membosankan dan tidak enak. Padahal, kalau diolah dengan tepat, camilan bisa jadi makanan sehat yang lezat dan menarik. 

Sebelum mulai menyiapkan camilan sehat, simak beberapa tips membuat camilan sehat untuk anak berikut.

1. Gunakan bahan-bahan sehat

Camilan sehat tentu menggunakan bahan-bahan sehat. Gunakan bahan seperti buah, yogurt rendah lemak, dan keju dalam resep camilan sehat yang disiapkan. Tentu saja, cara mengolahnya juga harus sehat seperti dibakar, dipanggang, atau disajikan segar agar nutrisinya terjaga.

2. Bentuk cemilan dengan cara menarik

Anak-anak cenderung menolak makanan yang terlihat kurang menarik. Agar si Kecil tergiur untuk makan, sebaiknya siapkan camilan dengan bentuk atau tampilan yang menarik. Beberapa camilan yang bisa dicoba adalah ubi yang dipotong menyerupai kentang goreng, atau buah yang dipotong dengan berbagai bentuk menarik dan ditusuk dengan tusuk sate.

3. Variasikan bahan yang disukai anak

Si Kecil tentu lebih tertarik mencoba camilan sehat kalau yang berisi bahan-bahan kesukaannya. Misalnya, kalau si Kecil menyukai yogurt dan strawberry, kombinasikan kedua bahan tersebut menjadi strawberry smoothie dan bekukan menjadi es loli.

4. Gunakan bahan kaya protein

Bahan kaya protein seperti keju, yogurt, dan kacang-kacangan lebih mengenyangkan dan memberi lebih banyak energi. Hal ini tentu akan membantu si Kecil menjalani aktivitas harian dengan lebih bersemangat sekaligus mencegahnya mengemil berlebihan.

5. Padukan makanan sehat dengan camilan kesukaan anak

Padukan bahan makanan yang sehat dengan camilan yang disukai si Kecil. Misalnya, campur buah-buahan kering dengan kacang-kacangan untuk membuat trail mix lezat. Kalau si Kecil suka bakso, resep bola tahu goreng udang ini wajib dicoba.

6. Sesuaikan camilan dengan menu makanan utama

Idealnya, camilan sehat untuk anak membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang belum didapat dari makanan utama. Bila menu makan siang si Kecil sudah kaya karbohidrat, siapkan camilan sehat kaya protein, serat, dan vitamin yang tidak didapat dari makan siangnya. Jadi, sesuaikan camilan yang disiapkan dengan menu makanan utama si Kecil.


Menyiapkan camilan sehat untuk anak memang butuh waktu dan tenaga ekstra dibandingkan membeli camilan dalam kemasan. Namun, manfaat nutrisi yang bisa didapat dari camilan sehat tentu sebanding dengan usaha kamu. Camilan sehat apa yang paling disukai si kecil?