Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
olahan telur untuk sarapan

Ide Olahan Telur Untuk Sarapan yang Mudah Dibuat

Macam-macam olahan telur untuk sarapan yang praktis adalah solusi bagi ibu dengan aktivitas pagi yang padat. Simak beberapa resep yang bisa diikuti berikut ini!

Bagi para ibu di rumah, pagi hari adalah waktu yang begitu padat. Mulai dari menyiapkan perlengkapan sekolah anak hingga sarapan untuk keluarga, semuanya harus dilakukan dalam waktu singkat. Demi meringankan segala aktivitas ini, biasanya olahan telur untuk sarapan jadi pilihan yang praktis untuk dibuat.

Selain digemari anak-anak hingga dewasa, telur juga fleksibel untuk diolah ke dalam beragam menu. Tak heran jika berbagai negara punya ciri khas olahan telur untuk sarapan. Misalnya saja Kamboja yang punya sup telur hangat bernama changua, Perancis yang terkenal dengan omelette-nya, ataupun yang kini digemari seperti poached egg.

1. Nasi Dadar Gulung

Nasi dan telur adalah sebuah perpaduan klasik. Agar tak membosankan, kita bisa mengubah bentuknya jadi lebih menarik seperti sajian nasi dadar gulung ini. Memiliki tekstur yang berlapis, sajian ini terasa lebih berisi dan meramaikan lidah.

Pada resep ini, gunakan potongan dada ayam, sehingga nasi dadar gulung semakin kaya protein. Dalam 100 gr dada ayam terdapat 29,55 gr protein, sedangkan dalam 100 gr telur terdapat 14,63 gr protein. Dengan mengonsumsi protein yang cukup di pagi hari, maka kinerja otak akan termaksimalkan. Serunya lagi, menu ini bisa juga jadi pilihan bekal makan siang.

Cara membuatnya cukup sederhana. Buat terlebih dahulu telur dadar dengan tekstur yang tipis. Kemudian di tempat berbeda, tumis potongan dada ayam dengan bumbu sederhana. Setelahnya, gulung nasi yang berisi tumis dada ayam dalam telur dadar. Pastikan untuk menyimak resep nasi telur dadar yang lengkap demi hasil terbaik.

2. Gado-Gado Summer Rolls

Para penyuka makanan Vietnam tentu sudah tak asing dengan sajian lumpianya yang khas, atau dikenal juga dengan nama summer rolls. Biasanya, isian lumpia terdiri dari sayuran, udang, bihun, dibungkus rice paper transparan. Kali ini kita akan menyajikannya dengan sentuhan kearifan lokal, yaitu diisikan gado-gado.

Isian gado-gado ini berupa taoge, kacang panjang, kol, kacang panjang, selada, dan mentimun. Tak lupa, kita tambahkan potongan telur rebus di dalamnya agar semakin lengkap nutrisinya. Bagaimana dengan saus kacangnya? Jangan dulu dimasukkan ke dalam balutan kulit lumpia, ya. Biarkan saus kacang disajikan terpisah, sehingga kita bisa menyantapnya dengan cara dicocol. Dengan bentukan yang unik ini, pengalaman makan gado-gado pun bisa lebih seru!

Menyantap makanan berserat saat sarapan tak hanya memberikan rasa kenyang lebih lama, tapi juga memperlambat rasa kantuk. Simak resep gado-gado summer rolls dan ciptakan momen makan pagi yang lebih menyenangkan!

3. Telur Gembung

Inspirasi olahan telur untuk sarapan selanjutnya adalah telur gembung. Telur dadar tebal berisi sayuran yang lezat ini terinspirasi dari telur dadar khas Padang. Kelezatannya sudah tak diragukan lagi, bukan?

Momen sarapan pun jadi lebih semangat dengan sajian yang bervariasi. Kabar baiknya, para ibu tak perlu waktu lama untuk memasak telur gembung. Waktu yang diperlukan kurang lebih 20 menit saja, itu pun sudah termasuk persiapan.

Telur gembung nikmat disantap bersama nasi hangat. Namun, kamu juga bisa menyajikannya tanpa nasi jika terasa terlalu berat untuk sarapan. Agar rasanya makin unik, kamu juga bisa mengganti telur ayam dengan telur bebek. Simak resep lengkap telur gembung untuk sarapan istimewa esok hari.

Tiga olahan telur untuk sarapan ini dapat kamu pilih sesuai selera keluarga. Yuk, kita biasakan untuk tidak melewatkan sarapan agar seluruh anggota keluarga memiliki energi penuh untuk menjalani harinya.

Cari lebih banyak