Apa Yang Kamu Cari?

resep steak daging sapi
8 Tips

Hidangkan Steak Lezat yang Matang Sempurna

Restoran steak memang sudah menjamur di kota-kota besar Indonesia, mulai dari restoran steak cepat saji hingga restoran yang lebih mewah.  

Namun, foodies juga bisa membawa kelezatan steak ala restoran ke meja makan di rumah. Banyak resep steak daging sapi lezat yang bisa kamu coba. Setelah itu, praktikkan resep tersebut di dapur untuk menghidangkan steak lezat untuk keluarga tersayang.

Memasak steak yang sempurna tidak sulit asalkan mengetahui trik-trik pentingnya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba saat mencoba resep steak daging sapi di rumah.

1. Pilih potongan daging sapi yang tepat

Steak tidak membutuhkan waktu masak yang lama. Karena itu, pilihlah bagian daging sapi yang empuk seperti tenderloin, sirloin, dan rib-eye. Hal ini penting untuk memastikan kamu menyajikan steak yang empuk dan tidak keras.

2. Sebelum daging steak diolah, pastikan steak telah berada dalam suhu ruangan

Kalau steak disimpan dalam dalam freezer, pastikan daging telah mencair sempurna sebelum mengolahnya. Kalau daging yang masih beku atau dingin langsung diolah, bagian luar steak akan gosong dan mentah di bagian dalamnya.

3. Pilihlah daging steak yang tebal

Idealnya, daging steak memiliki ketebalan sekitar 3-5 cm. Ketebalan ini penting untuk mendapatkan karamelisasi sempurna pada bagian luar steak dan tingkat kematangan yang tepat di bagian dalamnya.

4. Bumbui steak sebelum diolah

Sebelum diolah, taburi kedua sisi daging steak dengan garam lalu biarkan selama beberapa saat. Trik ini membantu menahan kelembapan daging steak sehingga tidak kering setelah dimasak. Selain itu, kamu bisa membumbui daging steak dengan lada atau lada hitam.

5. Masak steak dengan wajan panas

Daging steak bisa dimasak dengan wajan datar antilengket. Sebelum memasak daging steak, pastikan wajan atau pemanggang yang digunakan telah benar-benar panas. Hal ini memberikan warna cokelat gelap yang cantik pada steak yang kamu siapkan.

6. Masak steak dengan sedikit minyak

Sangat penting untuk menambahkan minyak saat memasak daging steak. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum daging steak dimasak. Kalau ingin menggunakan mentega, masukkan pada akhir proses memasak.

Saat steak sudah hampir matang dan akan segera diangkat dari wajan atau pemanggang, tambahkan sedikit mentega. Dikarenakan mentega mudah gosong, memasukkan mentega terlalu awal akan memberikan rasa gosong pada steak. Hal ini tentunya akan merusak cita rasa resep steak daging sapi yang kamu buat.

7. Masak steak hingga tingkat kematangan yang diinginkan

Untuk memasak steak setebal 3,5 cm sampai tingkat kematangan medium-rare, masak selama sekitar 3-3,5 menit pada setiap sisinya. Untuk memasak steak setebal 3,5 cm hingga tingkat kematangan medium, masak selama sekitar 4 menit pada tiap sisinya.

8. Diamkan steak selama beberapa saat

Setelah matang, angkat steak dari wajan atau pemanggang dan diamkan selama 5-10 menit sebelum disajikan. Hal ini untuk memastikan steak benar-benar empuk dan juicy saat dinikmati.


Siap mencoba resep steak daging sapi di rumah? Kalau lebih suka daging ayam, kamu juga bisa mencoba resep Steak Ayam ini. Sajikan resep istimewa ini untuk momen spesial bersama keluarga!