Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
brongkos daging sapi dengan kacang panjang, kacang merah, kacang kedelai, tahu, dan cabai rawit

4 Resep Olahan Daging Sapi Agar Momen Idul Adha Semakin Semarak

4 Resep Olahan Daging Sapi untuk Idul Adha

Berbeda dari hari-hari lainnya, hidangan di atas meja makan saat Idul Adha tentu harus spesial. Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk memastikan perayaan tahun ini lebih istimewa. Selain menu satai atau gulai pada umumnya, beberapa resep olahan daging sapi berikut ini cocok juga disajikan sebagai menu Hari Raya.

Saat Idul Adha, bisa jadi kamu mendapatkan stok lebih daging sebagai persediaan, sehingga penting untuk mengetahui cara menyimpan daging sapi yang tepat. Setelah itu, langsung saja kita simak 4 ide resep olahan daging sapi lezat berikut ini!

1. Resep Sup Buntut

1. Resep Sup Buntut

Buntut sapi yang lembut dengan sayur dan kuah kaldu gurih merupakan kombinasi yang sempurna untuk menghangatkan acara makan bersama keluarga. Dengan tambahan Royco Kaldu Sapi dan beragam rempah dalam resep ini, rasa dan aroma daging sapi yang khas tetap terasa menonjol sebagai bintang utamanya. Royco Kaldu Sapi kini hadir dengan Formula Baru yang dibuat dari daging yang direbus lama dan dilengkapi garam beriodium. Masakan menjadi lebih lezat dan kebutuhan iodium harian tubuh menjadi terpenuhi.

Salah satu rahasia sup buntut yang lezat adalah menumis bawang dan aneka rempah dengan buntut sapi terlebih dahulu sebelum dimasak bersama kaldu. Setelah semua siap, sup buntut sapi paling nikmat disajikan dengan nasi hangat, sambal, dan emping.

2. Rawon Daging Sapi

2. Rawon Daging Sapi

Semangkuk resep olahan daging sapi berupa rawon disajikan dalam mangkuk putih bersama telur asin dan kondimen lainnya
Tak perlu jauh-jauh lagi ke Surabaya untuk menikmati hidangan legendaris ini. (Foto: Royco)

Masakan tradisional khas Jawa Timur ini terkenal karena kuahnya yang berwarna hitam. Kalau bagian daging sapi yang kamu punya di rumah adalah sandung lamur, mungkin rawon daging sapi bisa menjadi pelengkap seru di Hari Raya.

Kunci utama dari menu rawon tentu saja adalah keluak, biji rempah yang memberikan warna hitam pada kuah dan menambah sedap masakan. Meski begitu, kamu perlu hati-hati dalam memilih biji keluak yang tepat agar tidak terasa pahit. Kalau keluak yang kamu beli berbunyi saat diguncangkan, artinya biji sudah cukup tua dan siap untuk diolah sebagai bahan memasak rawon.

3. Brongkos Daging

3. Brongkos Daging

Tak diragukan lagi, menyantap brongkos daging pasti akan membuatmu makin sehat dan bertenaga. Selain daging sapi, menu satu ini menggunakan tahu putih serta tiga jenis bahan yang semuanya termasuk dalam keluarga kacang-kacangan: kacang merah, kacang kedelai, dan kacang panjang. Berbagai bentuk protein hadir dalam satu hidangan!

Sama seperti rawon, hidangan brongkos juga menggunakan biji keluak sebagai salah satu bumbu halus untuk kuahnya. Jika ingin menambah rasa pedas, kamu dapat memasukkan beberapa buah cabai rawit utuh sesuai selera.

4. Soto Daging Sapi

4. Soto Daging Sapi

Semangkuk soto daging sapi tengah disajikan
Soto santan dengan daging sapi layak tampil di hari-hari besar. (Foto: Royco)

Nikmatnya resep soto daging sapi yang segar dan menghangatkan ini. Kuah kaldu santan dimasak dengan berbagai rempah. Kemudian, bumbu tumisan yang wangi serta gurih menyatu ke dalam setiap potong dagingnya. Inilah esensi dari Idul Adha, lezatnya hidangan yang layak dinikmati bersama keluarga ataupun kerabat serta tetangga.

Itu dia 4 inspirasi resep olahan daging sapi untuk mempersiapkan Hari Raya. Dengan sajian yang nikmat serta bumbu masakan yang tepat, Idul Adha tahun ini dijamin akan jadi lebih semarak dan penuh kebahagiaan. Selamat mencoba!