Apa Yang Kamu Cari?

Cara Membuat Sosis Ayam Homemade Mudah dan Lezat
Cara Membuat Sosis Ayam Homemade

Mudah dan Lezat

Salah satu hidangan cepat saji yang kerap ditemukan adalah sosis. Walaupun mudah didapatkan di berbagai supermarket, kamu bisa mencoba membuat sosis sendiri di rumah, lho. Dengan bahan-bahan dan cara membuat sosis yang tepat, kamu bisa menyiapkan sosis homemade yang lezat dengan mudah.

Tips dan Cara Membuat Sosis Ayam 

Membuat sosis memiliki beberapa tantangan, terutama sosis ayam. Ini karena kadar lemak daging ayam lebih rendah daripada daging sapi. Hal ini menyebabkan sosis ayam lebih berisiko menjadi kering saat diolah.

Jadi, apa saja yang harus jadi perhatian kamu dalam cara membuat sosis ayam?

1. Suhu adonan sosis  

Jaga suhu adonan agar tetap dingin. Sebaiknya daging cincang disimpan selama sekitar 1-2 jam dalam kulkas sebelum diolah menjadi sosis. Bila perlu, kamu juga bisa mendinginkan peralatan yang akan digunakan untuk mengolah sosis, misalnya mangkuk dan sendok pengaduk.

2. Bumbu adonan sosis

Untuk mendapatkan cita rasa yang optimal, gunakan bumbu dan rempah seperti bawang putih, merica hitam, jintan, dan garam dalam adonan sosis. Pastikan adonan sosis telah dibumbui dengan baik sebelum dimasukkan ke dalam casing sosis.

3. Membentuk sosis

Idealnya, cara membuat sosis adalah dengan memasukkan adonan ke dalam casing atau bungkus menggunakan alat khusus pembuat sosis. Kamu juga bisa membentuk sosis dengan piping bag yang biasa digunakan untuk membuat kue kering. Cara lain yang bisa kamu coba untuk membentuk sosis adalah dengan cara menggulung adonan dengan kertas foil.

Bahan dan Langkah Membuat Sosis Ayam 

Selain daging ayam cincang dan berbagai bumbu, kamu bisa juga menambahkan sayuran parut atau cincang seperti wortel dan brokoli. Sebagian daging ayam cincang juga bisa diganti dengan tahu putih yang sudah dihaluskan. Kreasi seperti ini akan membuat sosis ayam buatan kamu lebih lezat dan sehat.

Agar adonan sosis mudah dibentuk, tambahkan bahan pengikat seperti tepung terigu atau tepung panir putih. Rasio bahan pengikat adalah sekitar 10-25% dari daging cincang. Misalnya untuk 500 gram daging cincang, kamu bisa menggunakan tepung terigu sekitar 50-125 gram.

Setelah adonan siap, langkah selanjutnya dalam cara membuat sosis adalah mengukus sosis. Biasanya sosis dikukus sekitar 60 menit sehingga matang dengan baik. Setelah matang, sosis sebenarnya bisa langsung dinikmati. Namun, tentu sosis goreng atau panggang memiliki cita rasa lebih nikmat.