Apa Yang Kamu Cari?

Rahasia Sosis Bakar yang Matang Sempurna
Rahasia

Sosis Bakar yang Matang Sempurna

Sosis memang bisa diolah dengan cara direbus atau digoreng. Namun, ada sesuatu yang berbeda dari sosis bakar yang lezat.

Mulai dari bumbu sosis bakar yang menambah rasa, hingga aroma bakar nikmat yang membuatnya terasa lebih istimewa. Karena itu, saat acara barbecue di rumah, jangan sampai sosis bakar yang lezat terlewat dari menu hidangan kamu.

Tentu saja, sosis bakar harus dimasak dengan teknik yang tepat untuk bisa tersaji dengan sempurna. Bila diolah dengan salah, sosis bakar akan “pecah” dan bentuknya menjadi rusak. 

Bisa juga sosis bakar yang foodies siapkan tidak matang dengan baik, gosong di bagian luar dan belum matang di bagian dalamnya. Lalu apa rahasia pengolahan sosis bakar yang nikmat?

1. Hindari mengerat bagian luar sosis

Agar bagian dalam sosis matang dengan baik, sosis biasanya dikerat bagian luarnya. Namun, hal ini sebaiknya jangan dilakukan. Sosis sebaiknya tetap dalam keadaan utuh sehingga tekstur serta cita rasanya terjaga. Mengerat bagian luar sosis membuat bumbu dan cairan yang ada dalam sosis keluar saat memasak. Ini akan membuat sosis menjadi kering dan cita rasanya berkurang.

2. Sosis sebaiknya direbus terlebih dulu

Sosis yang pecah atau gosong terjadi karena sosis dimasak terlalu lama. Kalau tidak dimasak cukup lama, bagian dalam sosis tidak akan matang dengan baik. Agar sosis bakar matang dengan baik, sebaiknya sosis direbus dulu sebelum dibakar. Proses perebusan tidak perlu terlalu lama. Cukup rebus sosis hingga air rebusannya mencapai suhu 65 C. Setelah itu, sisihkan sosis dan bakar hingga bagian luarnya kecokelatan. Sosis pun akan matang sempurna tanpa pecah atau kurang matang dan mendapatkan aroma bakar lezat yang mantap.

3. Bakar sosis dengan api sedang

Panas yang terlalu tinggi membuat sosis menjadi cepat gosong atau pecah. Bila sosis yang foodies siapkan sudah direbus terlebih dulu, sosis cukup dibakar selama beberapa menit hingga kecokelatan dengan api sedang, lalu sosis pun siap. Tak rumit!

4. Oleskan bumbu sebelum dibakar dan saat disajikan

Bumbu sosis bakar merupakan elemen penting dari sosis bakar yang nikmat. Agar rasanya meresap dengan baik, oleskan bumbu sosis bakar sebelum sosis dibakar. Olesan bumbu bakar ini akan jadi lebih mantap bila dimasak terlebih dulu. Lalu saat sosis akan disajikan, sosis bisa diolesi lagi dengan bumbu ini. Sedap!

 

Pemilihan sosis yang berkualitas juga penting untuk menyajikan sosis bakar yang lezat. Selain itu, foodies juga bisa berkreasi dalam menyiapkan bumbu sosis bakar untuk membuat sosis makin istimewa. Selamat mencoba!