Apa Yang Kamu Cari?

Kiat Menggunakan Bumbu Siap Pakai
Kiat

Menggunakan Bumbu Siap Pakai

Menyiapkan sajian untuk keluarga setiap hari memang butuh waktu. Tak heran beberapa orang punya cara sendiri untuk menghemat waktu masak. 

Salah satunya adalah memasak dalam jumlah banyak dan menyimpannya. Cara lain yang adalah membeli bumbu siap pakai. Ada banyak macam bumbu halus siap pakai yang bisa ditemukan di pasaran, seperti bumbu soto atau bumbu nasi goreng.

Meski sangat praktis, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan demi menjaga kualitas dan kelezatan masakan. Perhatikan Hal Ini dalam Menggunakan Bumbu Siap Pakai

1. Habiskan dalam sekali masak

Bumbu siap pakai sebaiknya dihabiskan dalam sekali masak. Foodies tentunya tidak tahu pasti kapan bumbu siap pakai tersebut dibuat. Bisa saja bahan yang diolah menjadi bumbu siap pakai tidak semuanya dalam keadaan segar. Karena itu, bumbu siap pakai sebaiknya tidak disimpan terlalu lama dan segera diolah untuk masakan. Jangan sampai kualitas dan kelezatan masakan yang disiapkan rusak karena bumbu sudah tidak segar.

2. Beli dari toko terpercaya

Untuk menghindari bumbu siap pakai dari bahan-bahan yang sudah rusak, beli bumbu dari penjual atau toko yang sudah terpercaya. Kalau perlu, meminta penjual menggiling bumbu sesuai pesanan. Ini dapat memastikan kesegaran bahan-bahan yang digunakan dalam bumbu  siap pakai.

3. Perhitungkan jumlah bumbu dengan jumlah masakan

Dikarenakan bumbu siap pakai sebaiknya hanya untuk sekali masak, pastikan jumlah porsi masakan sebelum membeli bumbu. Misalnya ingin membuat soto untuk suatu acara, beritahukan kepada penjual sekiranya berapa porsi yang akan disiapkan. Ini dapat membantu penjual menyiapkan bumbu soto siap pakai sesuai kebutuhan. Menggunakan bumbu sesuai takaran tentu membuat masakan semakin lezat.

4. Tanyakan isi bumbu

Saat membeli bumbu siap pakai yang sudah jadi, tanyakan kepada penjual apa isi bumbu tersebut. Tanyakan apakah bumbu giling menggunakan bahan seperti daun jeruk atau serai. Ini untuk memastikan bumbu tambahan apa saja yang perlu ditambahkan saat proses memasak. Kualitas masakan pun akan selalu terjaga kelezatannya dengan bumbu yang tepat.

Selain membeli bumbu halus siap pakai, foodies juga bisa menyiapkan sendiri dalam jumlah banyak dan menyimpannya. Pilih wadah plastik atau kaca yang tertutup rapat serta tidak bereaksi dengan zat kimia dalam bumbu. Pastikan semua bahan bumbu dalam kondisi baik, sudah dibersihkan, dan dikupas. Bila sudah tersimpan dengan baik, bumbu halus bisa digunakan kapan pun, misalnya menggunakan bumbu soto untuk Soto Ayam ala KC. Cara praktis ini dijamin akan membantu mempersingkat waktu masak. Selamat mencoba!