Apa Yang Kamu Cari?

Tips & cara membuat bumbu kari ayam sendiri
Tips & cara

membuat bumbu kari ayam sendiri

Kuliner Indonesia mendapat banyak pengaruh dari berbagai kebudayaan negara lain seperti Tiongkok, India, dan Melayu. Sajian kari misalnya, di Indonesia terpengaruh kuliner India dan berkembang menjadi sajian seperti opor dan gulai.

Kuliner Indonesia mendapat banyak pengaruh dari berbagai kebudayaan negara lain seperti Tiongkok, India, dan Melayu. Sajian kari misalnya, di Indonesia terpengaruh kuliner India dan berkembang menjadi sajian seperti opor dan gulai.

Kekayaan rempah di Indonesia juga berpengaruh pada cita rasa kari Indonesia. Ini terlihat dari sajian kari Indonesia yang menggunakan bumbu rempah segar. Kari Indonesia juga menggunakan modifikasi bahan lainnya, seperti daun, asam jawa, kemiri, dan rempah lainnya.

Kari bisa diolah dengan berbagai bahan seperti daging sapi, kambing, ayam, ikan, hingga sayuran. Dari semua jenis kari ini, sajian kari ayam termasuk yang paling sering disajikan, karena bahan utamanya ayam yang relatif murah dan mudah diolah. Tentu saja, kunci kelezatan kari ayam adalah bumbu kari yang nikmat. 

Proses memasak kari yang lezat memang bisa dipersingkat menggunakan bumbu siap pakai. Namun, tentunya kari buatan sendiri dari bumbu dan rempah segar akan akan terasa lebih lezat. Bagaimana sih, cara membuat bumbu kari sendiri yang lezat dan kaya rasa?

  1. Sangrai rempah utuh yang digunakan seperti jintan, cengkeh, dan kayu manis dengan sedikit minyak hingga meletup. Cara ini membantu mengeluarkan rasa dan aroma lebih maksimal dari rempah. Saat menyangrai rempah, kamu juga bisa menambahkan daun kari untuk menambah aroma sedap.
  2. Setelah hampir siap, seimbangkan rasa kari dengan penambahan perasan lemon, garam, dan gula. Bila kari terlalu manis atau terlalu asin, penambahan perasan lemon juga bisa membantu menyeimbangkan rasa kari.
  3. Agar kelezatan kari meresap ke dalam ayam yang akan diolah, oleskan sedikit bumbu kari ke atas ayam sebelum diolah lebih lanjut.
  4. Gunakan minyak samin saat menyangrai bumbu dan rempah untuk membuat cita rasa kari semakin nikmat.
  5. Bawang bombay dalam resep sebaiknya ditumis hingga terkaramelisasi dengan baik untuk memberi cita rasa dan aroma kari yang optimal.
  6. Rempah bubuk sebaiknya ditambahkan pada kari saat proses memasak telah hampir selesai. Hal ini dilakukan karena rempah bubuk akan kehilangan rasa dan aromanya jika dimasak terlalu lama. Sebaliknya, rempah utuh yang telah disangrai akan memberi rasa dan aroma yang lebih optimal bila dimasukkan pada awal proses memasak.
  7. Bahan utama kari seperti daging sapi, ayam, atau kambing akan lebih nikmat bila diolah bersama tulangnya. Tumis daging terlebih dulu sebelum memasaknya bersama bumbu kari. Jika membuat kari ayam, tumis dulu daging ayam hingga agak kecoklatan, lalu masukkan ke olahan bumbu kari yang telah disiapkan.
  8. Kari yang lezat dimasak dengan suhu rendah dengan waktu yang cukup lama. Cara ini juga membantu agar santan yang umumnya digunakan dalam resep kari tidak pecah.

Setelah mengetahui trik-trik dalam cara membuat bumbu kari sendiri di atas, yuk coba membuat kari ayam lezat. Seperti pada resep Kari Ayam Pedas, bahan yang dibutuhkan adalah bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, jahe, cabai, cengkeh, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, santan, dan tentunya ayam segar. Cara membuatnya tidak sulit.

Bawang bombay, cengkeh, kayu manis, kapulaga, dan bunga lawang ditumis hingga harum. Setelah itu, tambahkan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabai. Masukkan pula ayam dan bumbu kari, lalu tutup dan masak ayam hingga matang. Setelah ayam hampir matang, tambahkan santan dan air, kemudian didihkan dan aduk hingga bumbu meresap.