Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
resep tom yam
8 Tips

5 Bahan yang Wajib Hadir dalam Resep Tom Yam Asam Segar

Sajian berkuah khas Thailand ini mudah dimasak di rumah bersama isiannya. Ketahui beberapa bahan yang wajib hadir dalam semangkuk tom yam asam segar!

Penasaran dengan kelezatan resep tom yam asam segar? Sup khas Thailand ini bisa dimasakmenjadi berbagai varian, seperti tom yam goong (udang dan sayuran), tom yam gai (ayam dan sayuran), tom yam pla (ikan dan sayuran), tom yam talay (campuran boga bahari dan sayuran), hingga tom yam wua (sapi dan sayuran).

Untuk protein hewani yang digunakan, boga bahari seperti udang, cumi dan ikan masih menjadi juara sebagai isian tom yam. Sedangkan sayurannya, kamu bisa gunakan berbagai jenis jamur, daun ketumbar, dan daun bawang. Tingkat kepedasan bisa diatur sesuai tambahan potongan cabai rawit. Bahkan semangkuk tom yam hangat nikmat tersaji dengan nasi putih.

Bahan yang wajib hadir dalam resep tom yam

Dalam bahasa Thailand, tom bermakna proses perebusan. Sedangkan yam berarti asam pedas. Cara memasaknya cukup mudah, yaitu: didihkan kaldu, masukkan bumbu halus, bahan utama seperti protein hewani dan sayuran, serta rempah pelengkap ke dalam panci. Aduk rata, masak hingga matang.

Untuk protein hewani yang digunakan, boga bahari seperti udang, cumi dan ikan masih menjadi juara sebagai isian tom yam. Sedangkan sayurannya, kamu bisa gunakan berbagai jenis jamur, daun ketumbar, dan daun bawang. Tingkat kepedasan bisa diatur sesuai tambahan potongan cabai rawit. Bahkan semangkuk tom yam hangat nikmat tersaji dengan nasi putih.

Menu tom yam tidak hanya terkenal di Negeri Gajah Putih, melainkan juga digemari di Indonesia terutama saat udara dingin. Selain asam dan pedas, tom yam menghadirkan aroma yang menggugah selera. Kuncinya terletak pada bumbu halus yang ternyata bisa kita siapkan sendiri di rumah. Tidak lupa kehadiran rempah pelengkapnya untuk memperkaya cita rasa, dan kesegaran protein hewani serta sayuran menjadi rahasia lezatnya.

Simak beberapa bahan yang wajib ada dalam resep tom yam asam segar berikut ini.

1. Bumbu halus

Kamu bisa saja menggunakan bumbu halus instan rasa tom yam. Namun, tidak ada salahnya membuatnya sendiri di rumah karena sebetulnya tidak sulit, kok. Bumbu halus resep ini terdiri dari ebi, bawang putih, dan cabai kering. Tumis ketiganya dengan sedikit minyak hingga harum. Kemudian, haluskan dengan blender dan tambahan minyak.

2. Rempah untuk rasa sedap

Rahasia kedua dari kelezatan tom yam adalah rempah aromatik yang dimasukkan. Perannya adalah mengeluarkan aroma yang sedap dan menguatkan rasa secara maksimal. Perpaduan serai dan lengkuas wajib digunakan demi menghadirkan aroma wangi, cita rasa gurih, dan sedikit rasa hangat.

Untuk lengkuas, kupas kulitnya hingga bersih lalu memarkan. Lengkuas kemudian siap dimasukkan ke kaldu tom yam yang sedang direbus. Sementara untuk serai, kupas terlebih dulu kulit terluar yang cenderung kering lalu memarkan. Bagian terbaik dari serai untuk digunakan pada masakan adalah bagian batang 10 hingga 11 cm dari ujung akar.

3. Dedaunan aromatik

Selain rempah, kelezatan tom yam juga didukung dengan daun-daun aromatik. Dua jenis yang digunakan adalah daun jeruk dan daun ketumbar. Berasal dari pohon jeruk purut, daun ini bertekstur halus, tebal, dan berwarna hijau pekat. Tumbuh subur di daerah Asia, daun jeruk lazim dipakai di berbagai masakan karena aromanya yang wangi. Sebelum diolah, cuci dahulu hingga bersih, buang tulangnya, iris memanjang, lalu masukkan ke dalam rebusan.

Herba aromatik lainnya yang wajib ada dalam resep tom yam adalah daun ketumbar. Mirip dengan daun seledri dan peterseli, daun ketumbar berwarna hijau lebih terang dengan bentuk yang lebih bulat serta ukuran batang lebih kecil. Daun yang juga dikenal dengan nama daun cilantro ataupun wansui ini memiliki aroma seperti jeruk limau dan lada yang berpadu. Aroma inilah yang membuat tom yam harum menyegarkan. Masukkan terakhir ketika tom yam sudah siap disajikan.

4. Kecap ikan

Satu bahan yang memberi cita rasa otentik adalah kecap ikan. Bahan wajib di dapur Thailand ini diperoleh dari fermentasi ikan dan garam dengan rasa mineral yang khas dan cukup kencang. Rasa gurihnya khas dari kecap ikan inilah yang dicari-cari. Biasanya dibutuhkan sekitar 100 ml kecap asin untuk 4 porsi tom yam. Masukkan kecap ikan setelah kuah kaldu dan bumbu halus tercampur rata.

5. Jeruk nipis

Berbentuk bulat dan berwarna hijau, jeruk nipis memiliki rasa lebih asam dibanding manis. Tumbuh subur di daerah Asia, jeruk nipis juga umumnya lebih intens dari segi wangi dibandingkan jeruk lainnya. Selain itu, perasan jeruk nipis juga mampu meminimalisir amis dari protein hewani yang digunakan. Ini menjadi salah satu bahan pelengkap yang bisa memperkaya cita rasa resep tom yam. Kamu bisa memasukkan 1 sendok makan perasan jeruk nipis ke dalam 4 porsi sup. Masukkan di akhir ketika sudah matang. Aduk rata, kemudian sajikan selagi hangat.

Setelah mengetahui lima bahan utama untuk membuat tom yam, maka saatnya kamu untuk bisa menyajikan hidangan ini bagi keluarga.