Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Semangkuk kaldu mpasi dari jamur siap disimpan

Kaldu MPASI adalah salah satu bahan utama dalam menyiapkan menu MPASI (makanan pendamping ASI) sejak bayi berusia 6 bulan. Selain menambah rasa, kaldu juga dapat memenuhi kebutuhan gizi si kecil karena kaya akan protein dan lemak. Kaldu untuk MPASI biasanya dibuat dari campuran protein hewani seperti ayam, sapi, ikan dengan sayuran. Namun, ada juga kaldu dari protein nabati yang terbuat dari jamur yang ditambah sayuran.

Nah, kaldu MPASI ini bisa juga dibuat dalam jumlah banyak sebagai stok persediaan untuk beberapa bulan. Stok kaldu ini akan membuat proses menyiapkan MPASI si kecil jadi lebih praktis dan cepat. Lalu, bagaimana cara membuat kaldu untuk MPASI yang gampang dan enak?

Cara Membuat Kaldu MPASI

Siapkan bahan utama kaldu MPASI sesuai dengan jenis kaldu yang mau dibuat. Misalnya, bagian paha, sayap atau ceker ayam, bisa juga iga sapi dan tulang serta kepala ikan. Sama seperti cara menyiapkan makanan untuk bayi, gunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk membuat kaldu.

  1. Potong dan cuci bersih semua bahan.
  2. Masukkan daging ayam atau iga sapi ke panci. Tuang air dengan perbandingan 1:3 (1 kg ayam dengan 3 liter air) atau hingga ayam terendam dalam panci. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
  3. Tambahkan sayuran seperti wortel, seledri, bawang Bombay, dan bawang putih. Bahan-bahan ini bisa menambah aroma, rasa, dan nutrisi pada kaldu. Masak dengan api kecil sekitar 1-2 jam hingga kaldu meresap atau air berkurang.
  4. Buang sisa lemak di permukaan kaldu.
  5. Saring semua bahan, kaldu siap pakai.

Untuk membuat kaldunya terasa lebih sedap, kamu bisa tambahkan kaldu bubuk tanpa MSG Royco Kaldu Jamur. Dibuat dari jamur pilihan tanpa pewarna dan penguat rasa, Royco Kaldu Jamur cocok dipakai sebagai kaldu bubuk untuk MPASI yang aman untuk si kecil.

Tips Menyimpan Kaldu MPASI Agar Umur Simpannya Lebih Lama

Beberapa kaldu mpasi beku di piring siap pakai
Tips menyimpan kaldu MPASI yang mudah untuk jadi stok di freezer. (Foto: Royco)

Kaldu MPASI sebagai stok persediaan juga bisa disimpan dalam wadah di kulkas atau freezer. Agar lebih awet hingga berbulan-bulan, ketahui cara menyimpan kaldu MPASI yang tepat ya, Bu.

  1. Pastikan suhu kaldu sudah dingin (berada pada suhu ruangan) sebelum disimpan di kulkas.
  2. Gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan. Kamu bisa menggunakan plastik zip lock, cetakan es batu dari silikon dengan tutup, atau toples kaca ukuran kecil.
  3. Hindari mengisi kaldu hingga penuh di wadah, karena kaldu akan mengembang saat dibekukan.Bagi kaldu ke wadah sesuai dengan porsi makan bayi.
  4. Cantumkan tanggal pembuatan di wadah penyimpan. Ini akan memudahkanmu untuk mengetahui usia kaldu.
  5. Di kulkas, kaldu bertahan sekitar 5 hari. Di freezer, kaldu bisa bertahan hingga 3 bulan.

Dengan adanya stok kaldu, dijamin persiapan menu MPASI untuk si kecil akan jauh lebih cepat dan mudah. Sebagai variasi menu, ibu bisa praktikkan hidangan kreasi MPASI bernutrisi dengan jamur seperti omelette jamur keju, sup jamur creamy, dan tumis ayam jamur ketika si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan bertekstur padat. Semuanya bisa dikreasikan dengan Royco Kaldu Jamur yang mengandung ekstrak ragi dan jamur bubuk untuk melezatkan setiap hidangan. Selamat mencoba!