Apa Yang Kamu Cari?

sayur
Mengenal 3 Faktor

Yang Merusak Nutrisi Sayuran

Selain lezat, sajian yang disiapkan untuk keluarga tentu harus sehat. 

Bahan-bahan segar bernutrisi seperti sayuran tak boleh ketinggalan dari menu makanan keluarga. Namun, jangan sampai kandungan nutrisi dari resep sayuran sehat yang disiapkan jadi sia-sia karena cara masak yang salah, lho. 

Sebelum menyiapkan sajian sehat menggunakan sayuran segar untuk keluarga, mari pelajari dulu beberapa hal yang membuat nutrisi dalam sayuran menjadi hilang.

1. Suhu

Beberapa nutrisi tertentu akan hancur bila terkena suhu tinggi, misalnya vitamin C atau asam folat. Karena itu, untuk menjaga nutrisi alami dalam sayuran secara optimal, hindari memasaknya dengan suhu terlalu tinggi. Jika menggunakan suhu tinggi, hindari memasak sayuran terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.

2. Waktu memasak

Pada dasarnya, kebanyakan resep sayuran sehat tidak perlu waktu memasak yang lama. Sayuran yang dimasak terlalu lama akan berubah warna serta kehilangan rasa dan kerenyahannya. Selain itu, waktu masak yang terlalu lama juga akan membuat sayuran kehilangan nutrisinya.

3. Air

Nutrisi dalam sayuran akan larut dalam air. Karena itu, merebus sayuran dalam banyak air tidak disarankan. Lain halnya bila bila air yang digunakan untuk merebus juga termasuk dalam sajian yang disiapkan, misalnya dalam resep sop.


Cara terbaik menjaga kandungan nutrisi dalam sayuran adalah memasak dengan cepat menggunakan tidak terlalu banyak air. Salah satu cara lain adalah meumis atau mengukus sayuran seperti dalm resep Bayam Udang Kukus. Menyajikan sayuran secara mentah, atau setelah direbus singkat selama beberapa detik dalam air mendidih, juga bisa jadi pilihan.

Di sisi lain, ada beberapa sayuran yang justru perlu dimasak untuk mengoptimalkan manfaat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah antioksidan likopen yang terkandung dalam tomat justru baru akan aktif setelah tomat dimasak. Jadi, cermat saja menentukan sayuran mana yang perlu dimasak dan mana yang tidak.

Untuk menjaga kandungan nutrisi dalam sayuran, kamu juga perlu menghindari menyimpan sayuran di tempat panas dan terkena sinar matahari langsung. Ini karena suhu tinggi yang bisa merusak nutrisi sayuran bukan cuma berasal dari proses memasak. Bahan segar bernutrisi yang diolah dan disimpan dengan tepat akan memberikan gizi optimal yang dibutuhkan. Resep sayuran sehat mana yang paling disuka keluarga?