Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
5 Menu Sarapan Pagi di Rumah yang Sedap dan Bernutrisi

5 Menu Sarapan Pagi di Rumah yang Sedap dan Bernutrisi

5 Menu Sarapan Pagi di Rumah yang Sedap dan Bernutrisi

Menyiapkan menu sarapan pagi yang mengenyangkan sekaligus bernutrisi adalah hal terpenting untuk diri sendiri dan keluarga. Maklum, sarapan pagi adalah sumber tenaga yang sungguh kita butuhkan. Tak hanya itu, sarapan yang lezat tentu akan membantu mood kita tetap baik untuk menghadapi hari yang panjang.

Kali ini, kita akan berbagi lima resep seru yang kesemuanya punya kesamaan. Betul, sarapan terasa berbeda tanpa kehadiran telur yang biasadisukai banyak orang. Yuk, kita simak apa saja yang bisa kamu buat di pagi hari esok!

Resep Eggs Benedict

1. Resep Eggs Benedict

Menu sarapan dan brunch populer dari Barat ini sekarang bisa kamu buat di rumah dengan mudah. Tak perlu repot memikirkan membuat saus Hollandaise untuk Eggs Benedict ini. Kita coba satu twist yang menggabungkan antara Royco Sup Krim Ayam dengan keju leleh. Lanjutkan dengan menyiapkan topping tambahan berupa tumisan bawang, jamur, tomat, dan daun thyme.

Satu hal yang sedikit lebih menantang adalah menyiapkan poached egg. Berbeda dengan telur rebus biasanya, ada sedikit teknik yang perlu kita jalani untuk hasil sempurna. Pertama, didihkan air, masukkan sedikit cuka, dan buat pusaran pada air. Saat masih terjadi pusaran pada air, masukkan sebutir telur dan rebus hanya selama dua menit. Sajikan bersama roti panggang, tumisan, telur, dan saus krim keju.

Resep Tempe Mendoan Pedas

2. Resep Tempe Mendoan Pedas

Tak hanya sebagai camilan di sore hari untuk menemani minum teh, yang namanya tempe mendoan malah cocok untuk tampil sepanjang hari. Jadi, kenapa tidak kita coba untuk teman makan sarapan?

Beragam menu sarapan cocok disandingkan dengannya. Misalnya saja nasi uduk dengan telur dadar dan sambal, ataupun nasi kuning dengan ayam goreng. Kehadiran tempe mendoan akan menyatukan semua elemen yang ada dari masakan-masakan tadi. Kelebihannya lagi, kalau sudah selesai makan nasi dan masih ingin makan camilan, tempe mendoan dengan cocolan kecap pedas adalah pilihan yang tepat!

Resep Onigiri

3. Resep Onigiri

Beberapa buah onigiri diletakkan berdampingan dan siap untuk dinikmati
Tak hanya untuk bekal makan siang, onigiri juga cocok untuk sarapan bertenaga. (Foto: Shutterstock)

Siapa bilang susah membuat onigiri sendiri di rumah? Tak hanya sebagai bekal, onigiri juga cocok disajikan sebagai menu sarapan pagi yang mengenyangkan. Siapkan beras ketan dan cuci bersih bersama beras putih biasa.

Setelah masak, biarkan hingga dingin terlebih dahulu sebelum kita bentuk menjadi onigiri. Kepal-kepal nasi dan berikan isian berupa abon sapi, telur dadar, dan sambal serta mayones ke dalamnya. Bentuk menjadi segitiga dan tempelkan nori pada badan nasi kepal. Sajikan!

4. Resep Nasi Goreng Sayuran

4. Resep Nasi Goreng Sayuran

Rasanya tidak afdol untuk orang Indonesia kalau tidak ada menu sarapan pagi berupa nasi goreng setidaknya sekali dalam sepekan. Agar lebih bernutrisi, maka menu nasi goreng sayuran pasti akan menggugah hati. Siapkan tumisan wortel, buncis, jagung manis, tomat, dan daun bawang dengan menggunakan minyak dan margarin agar lebih nikmat.

Kemudian, masukkan telur dan masak hingga matang. Baru selanjutnya tambahkan nasi putih yang dimasak kemarin, bumbui dengan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng, lalu masak hingga matang dan sajikan selagi hangat!

Resep Nasi Goreng Omelet

5. Resep Nasi Goreng Omelet

Tiga buah nasi goreng omelet siap untuk disantap
Telur dadar dengan isian nasi goreng selalu saja menggugah selera! (Foto: Shutterstock)

Ingin tetap makan nasi goreng tapi tidak mau terlalu ribet? Masak saja nasi goreng omelet yang satu ini! Pertama panaskan minyak dan mentega dalam wajan lalu masak telur orak arik hingga matang. Lanjutkan dengan menambahkan nasi dan Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng lalu masak hingga rata.

Terakhir, baru siapkan omelet dan isikan dengan nasi goreng yang baru dimasak tadi. Gulung agar menyelimuti nasi dan sajikan bersama tambahan saus kesukaan. Mirip dengan omurice khas Jepang, bukan?

Ternyata tidak harus bingung dan kesulitan untuk menyiapkan menu sarapan pagi sehari-hari, bukan? Yuk, mulai dengan kelima resep ini dan selanjutnya kamu bisa cek berbagai resep seru lainnya dari Royco!