Apa Yang Kamu Cari?

makanan khas jawa barat
perhatikan Tips Ini

Untuk Nasi Tutug Oncom Yang Lezat

Ragam budaya di Indonesia berpengaruh pula pada ragam kulinernya, sehingga tiap daerah di Indonesia memiliki masakan khas masing-masing yang unik.

Salah satu makanan khas Jawa Barat yang unik adalah nasi tutug oncom. Nasi putih pulen tampil istimewa dengan campuran oncom gurih menghasilkan sajian yang kaya rasa dan aroma. Sandingkan dengan ayam goreng lezat, foodies akan mendapatkan makanan khas Jawa Barat yang disuka banyak orang.

Kunci penting dalam membuat nasi tutug oncom adalah perpaduan nasi dan oncom yang tepat. Jadi, sebelum menyiapkan nasi tutug oncom, simak dulu beberapa langkah yang harus diperhatikan berikut ini:


1. Gunakan oncom kering

Agar bulir oncom tetap utuh ketika dicampur dengan nasi, gunakan oncom yang kering. Penggunaan oncom kering juga membantu kamu menyajikan nasi tutug oncom yang tidak terlalu lembek

2. Jemur oncom sebelum dimasak

Sebelum dimasak, hancurkan oncom terlebih dahulu menjadi buliran. Setelah itu, jemur oncom di bawah terik matahari selama sekitar satu hari. Setelah dijemur, campur oncom dengan bumbu hingga merata lalu jemur selama satu hari lagi. Setelah melalui proses ini, oncom yang tadinya berwarna cokelat muda akan berubah warna menjadi cokelat pekat.

3. Masak oncom tanpa minyak

Setelah dijemur, masak oncom di atas wajan panas tanpa minyak hingga matang dan harum. Oncom yang sudah matang inilah yang akan dicampur dengan nasi.

4. Campur oncom dengan nasi panas

Oncom sebaiknya dicampur dengan nasi yang masih panas agar rasanya lebih nikmat. Bila mau, kamu bisa membungkus campuran nasi dan oncom dengan daun pisang. Setelah itu, kukus selama beberapa saat.

5. Oncom tidak bisa disimpan lama

Jangka waktu pemakaian oncom hanya satu hari dan oncom tidak bisa disimpan lama dalam kulkas. Karena itu, sebaiknya oncom yang telah dibeli dan olah langsung disajikan. 


Makanan khas Jawa Barat ini bisa disajikan bersama ayam goreng, sambal, ikan asin, lalapan, serta berbagai sajian sampingan lain yang disukai keluarga. Coba resep Ayam Goreng Nasi Tutug Oncom ini. Namun, karena rasa gurihnya yang nikmat, nasi tutug oncom pun bisa dinikmati tanpa tambahan lauk. Walaupun bisa ditemukan dijual di beberapa restoran, tentu tak ada salahnya mencoba membuat makanan khas Jawa Barat ini di sendiri rumah. Keluarga pasti suka sajian sedap ini!