Apa Yang Kamu Cari?

Menu serta Resep Bekal Makan Siang Sehat Terfavorit
Menu

serta Resep Bekal Makan Siang Sehat Terfavorit

Menu bekal makan siang yang lezat dan bergizi bukan cuma solusi makanan sehat, melainkan juga makanan hemat.

Bekal makan siang tentunya harus tetap tampil menarik dan lezat dinikmati. Bekal juga harus praktis sehingga mudah dibawa dan dinikmati di mana saja. 

Dengan tips resep bekal makan siang berikut, kamu tak perlu banyak menghabiskan waktu ekstra untuk menyiapkannya.

Tips Praktis Siapkan Bekal Makan Siang

1. Rencanakan menu

Perencanaan yang baik akan membantu menyiapkan bekal makan siang yang praktis dan lezat. Kalau sudah memiliki rencana menu bekal makan siang selama seminggu ke depan, kamu bisa menyiapkan bahan tertentu dalam jumlah besar untuk menghemat waktu persiapan. Misalnya, siapkan ayam suwir dalam jumlah agak banyak dan simpan di kulkas. Ayam suwir ini bisa digunakan untuk membuat bekal seperti sandwich, tumisan, dan nasi goreng.

2. Gizi lengkap

Kandungan gizi dalam resep bekal makan siang tetap harus lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Jangan sampai lesu atau kelaparan di kantor gara-gara bekal makan siang kurang lengkap. Pastikan dalam bekal kamu ada sayuran dan protein. Kamu juga bisa menyertakan buah dalam bekal. Karbohidrat sehat dari gandum, beras merah atau cokelat, bisa dimasukkan dalam menu bekal.

3. Praktis

Bekal makan siang harus mudah dibawa dan mudah dinikmati. Bekal yang disiapkan juga idealnya bisa dinikmati tanpa harus dipanaskan. Karena itu, sajian yang ditumis, dikukus, atau digoreng lebih mudah dijadikan bekal. Sajian seperti sup juga bisa jadi bekal bila disimpan dan dibawa dalam termos khusus. Kalau di kantor tidak ada microwave atau alat pemanas, ada baiknya menghindari sup sebagai bekal.

4. Tampilan

Bukan berarti tampilan bekal harus secanggih hidangan di restoran, ya. Bekal makan siang juga bisa tampil cantik dengan bahan-bahan segar berwarna cerah. Kamu bisa membuat resep bekal makan siang berupa nasi goreng dengan bahan tammbahan paprika merah, kacang polong, dan buncis. Salad pun jadi lebih menarik dengan berbagai buah dan sayuran berwarna cerah.

5. Kemas dengan benar

Bekal makan siang tentu harus dikemas dengan benar agar tidak mudah basi. Pastikan wadah yang digunakan benar-benar bersih, kering, dan tertutup rapat. Bila bekal masih panas setelah disiapkan pada pagi hari, tunggu sampai agak dingin sebelum menutup wadahnya. Wadah berinsulasi membantu menjaga kestabilan suhu bekal sehingga tetap segar dan tidak mudah rusak.

Dengan tips-tips di atas, kamu bisa coba beberapa sajian yang cocok dijadikan menu bekal makan siang berikut.


Resep Bekal Makan Siang Praktis

1. Cabe Brokoli

Perpaduan warna merah cabai dan hijaunya brokoli membuat sajian ini menarik dengan warna-warna cerah. Selain itu, sajian Cabe Brokoli ini sangat mudah disiapkan. Kamu cuma perlu menumis brokoli dengan cabai merah serta bumbu lain, bekal makan siang lezat pun siap kamu bawa.

2. Ikan Goreng Dabu-Dabu Papua

Pencinta makanan pedas pasti suka resep Ikan Goreng Dabu-Dabu Papua ini. Ikan goreng memang praktis dibuat dan mudah dibawa. Sambal dabu-dabu bisa kamu simpan terpisah dalam wadah atau plastik kecil dan tuangkan di atas ikan goreng saat akan dinikmati. Jenis ikan yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan selera kamu. Untuk menyiapkan resep bekal makan siang ini, kamu cukup membubuhi ikan dengan Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng. Setelah itu, ikan digoreng hingga matang dan renyah. Mudah, kan?

3. Dadar Sayur Keju

Telur dadar dengan sayuran memberikan nutrisi dan energi yang Anda butuhkan pada siang hari. Cara membuat Dadar Sayur Keju juga mudah, lho. Kocok potongan sayur yang telah ditumis bersama parutan keju, telur, dan bumbu. Lalu masak campuran telur dan sayuran ini dengan cara didadar. Mudah dan bergizi!

4. Nasi Liwet Bahagia

Resep Nasi Liwet Bahagia ini sudah lengkap untuk bekal makan siang bergizi dan mengenyangkan. Harumnya nasi liwet ditemani tahu, tempe, daun singkong, dan telur dijamin nikmat jadi makan siang kamu. Nasi cukup dimasak bersama bawang merah, daun salam, daun bawang, daun pandan, sereh, petai, lengkuas, dan Royco. Aromanya pasti mantap!

5. Onigiri

Onigiri dalam menu bekal makan siang bukan hal baru bagi masyarakat Jepang. Sajian ini mengenyangkan, mudah dibuat, dan praktis dibawa. Kamu juga bisa menyiapkan onigiri untuk bekal makan siang yang lezat. Beras dan beras ketan dimasak bersama hingga matang, lalu dibentuk segitiga. Jangan lupa siapkan isian yang lezat. Dalam resep Onigiri ini, isian yang digunakan adalah abon, telur dadar, dan spicy mayo. Kamu juga bisa berkreasi menggunakan bahan lain seperti tuna, daging cincang, atau sayuran. Kalau isiannya sudah lengkap, onigiri ini bisa jadi sajian praktis untuk bekal makan siang.

Usaha untuk merencanakan dan menyiapkan bekal makan siang tentu sebanding dengan nutrisi yang didapat. Sajian apa yang paling sering kamu siapkan untuk bekal makan siang?