Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Satu porsi besar nasi liwet lengkap dengan tempe, telur, dan tahu

Ragam Cara Memasak Tempe dan Resep-Resepnya yang Wajib Coba di Rumah

Ragam Cara Memasak Tempe Lezat dan Bergizi a la Royco

Tempe adalah protein nabati bernutrisi tinggi yang begitu istimewa dan dapat dengan mudah ditemukan di pasar hingga supermarket. Harganya terjangkau dan jenisnya bermacam-macam. Menariknya, cara memasak tempe juga begitu bervariasi dan bisa dipadukan dengan banyak bahan lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Royco ingin menginspirasimu untuk bisa mengolah tempe dengan berbagai metode. Selain dengan cara digoreng tentunya, tempe juga bisa diolah dengan cara dibakar, ditumis, ataupun dipadukan dengan masakan lain.

Resep Tempe yang Ditumis

Resep Tempe yang Ditumis

Masakan tumisan adalah favoritnya semua orang, dari pemula di dapur hingga yang sudah ahli. Mengapa? Tiada lain alasannya adalah karena praktis dan cepat. Cukup bermodalkan sedikit waktu dan potong memotong bahan, masak, maka selesai sudah dan hidangan siap untuk disantap.

Kali ini ada resep tumis tempe klasik yang wajib kamu kuasai. Mulai dahulu dari menumis bawang, lengkuas, daun salam, dan cabai hingga harum. Lanjutkan dengan menumis potongan tempe, Royco Kaldu Ayam, kecap manis, dan sedikit air. Gunakan api kecil dan tunggu hingga bumbu meresap dan air menyusut. Selesai!

Tempe Bakar, Sensasi Seru Cara Memasak Tempe

Tempe Bakar, Sensasi Seru Cara Memasak Tempe

Satu porsi sate Padang disajikan bersama lontong dan dilumuri saus kental
Sate Padang kekinian bisa menggunakan tempe sebagai proteinnya. (Foto: Royco)

Mungkin tidak banyak bahkan protein nabati yang cocok untuk dibakar selain tempe. Salah satu di antaranya yang cocok adalah jamur yang juga sedang trending di kalangan vegetarian. Cara memasak tempe tentu tidak hanya sekadar ditumis ataupun digoreng. Kali ini, ada resep tempe bakar sambal kemangi untuk kamu coba di rumah.

Pertama, bumbui dulu tempe dengan campuran kecap manis, bawang putih, garam, merica, Royco Kaldu Ayam, dan air, biarkan hingga meresap. Siapkan grill pan dan olesi dengan minyak. Bakar tempe sambil sesekali diolesi bumbu marinasi, lanjutkan hingga matang. Terpisah, siapkan sambal goreng ulek dengan daun kemangi. Sajikan dengan dadar telur atau ayam goreng serta nasi hangat bersama sambal pedas wangi ini, sungguh tak ada bandingannya.

Kemudian ada juga resep unik yang dinamakan sate padang jatehu atau singkatan dari jamur, tempe, tahu. Inilah versi vegetarian dari menu ikonik yang biasa kita nikmati sebagai makan malam. Caranya menarik, pertama marinasi dahulu jamur, tempe, dan tahu bersama campuran air dan Royco Kaldu Sapi. Kemudian, kita siapkan saus kental khas sate padang dan masak bersama jatehu. Setelah matang semua, jatehu siap untuk ditusuk dan dibakar. Sementara itu, sausnya siap untuk dipadukan dengan kacang kedelai dan tepung beras agar mengental. Sajikan semuanya selagi hangat!

Alternatif Sandwich Berbahan Tempe

Alternatif Sandwich Berbahan Tempe

Dua potong sandwich berisikan cara memasak tempe dan telur rebus
Sandwich dengan isian tempe punya rasa yang sangat istimewa. (Foto: Royco)

Popularitas tempe yang melejit menjadikan banyak orang semakin kreatif soal penyajiannya. Kalau tadi misalnya dibakar, kali ini tempe juga bisa hadir sebagai komponen dari sandwich. Ya, roti isi gaya Barat ini rupanya cocok dipadukan dengan tempe pada dua resep berikut – tempe sandwich ebi serta tamago tempe sandwich.

Tempe sandwich ebi adalah pilihan yang sangat unik. Pada resep ini, tempe digunakan sebagai pengganti roti yang biasanya menjadi komponen utama sandwich. Potong tempe seperti bentukan lapisan roti tawar, balur dengan tepung dan goreng dengan api kecil hingga matang keemasan. Isi kedua lembar tempe dengan selada, tomat, bawang bombay, ketimun, dan keju cheddar. Lumuri dengan saus ebi dan sandwich tempe siap dinikmati.

Sementara itu, tamago tempe sandwich lebih berfokus pada isiannya. Siapkan wadah berisi tempe kukus yang dihaluskan, mayones, kuning telur rebus, madu, dan Royco Kaldu Ayam. Aduk rata kesemuanya bersama cincangan putih telur rebus. Selanjutnya, isi roti dengan telur rebus baru, adonan tempe kukus, dan tutup dengan selembar roti lainnya. Menu makan siang saat WFH siap untuk dinikmati!

Bagaimana dengan tiga metode memasak tadi? Ternyata berkreasi dengan tempe bisa menjadi sebuah pengalaman yang sangat menarik! Satu ide terakhir dari Royco adalah menggunakan tempe sebagai campuran pada makanan tradisional. Misalnya seperti pada resep nasi liwet ataupun sayur asem dengan tetelan. Dengan demikian, selalu ada yang baru dan menarik di atas meja makan. Tak harus selalu mahal, tapi kebutuhan nutrisi keluarga terpenuhi dan selera makan selalu tergugah karenanya. Selamat masak!