Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
resep steak daging sapi
8 Tips

3 Menu Kukusan yang Lezat, Praktis, dan Menyehatkan

Makanan yang dikukus punya rasa yang halus dan cocok dikonsumsi mereka yang diet. Simak resep-resep kukusan yang praktis, lezat dan menyehatkan untuk dicoba!

Apa yang ada di benakmu ketika disajikan menu kukusan? Hambar? Tidak selera menyantapnya? Meskipun terkenal sehat, sayangnya berbagai menu kukusan tidak banyak diminati. Karena sering masuk kategori menu khusus diet, makanan yang dikukus jadi cenderung jarang dimasak di rumah.

Padahal ada banyak manfaat yang didapat dari makanan kukusan. Metode mengukus mampu menjaga berbagai kandungan nutrisi dalam bahan makanan. Selain itu, mengukus juga hanya membutuhkan persiapan yang relatif lebih singkat.

Yuk, kita ulas berbagai manfaat mengukus dan membahas tiga menu kukusan yang bisa dibuat di rumah dengan mudah dan tetap enak. Dengan menambahkan bumbu masak dan menerapkan trik lainnya, menu kukusan ini akan memberikan kelezatan maksimal!

Cara mengukus makanan dengan tepat

Mengukus adalah teknik memasak yang menggunakan cairan atau uap air (moist cooking method). Bahan makanan tidak bersentuhan langsung dengan air mendidih yang berada di bawah saringan. Uap panas yang dihasilkan dari air mendidihlah yang mematangkan makanan.

Teknik ini diyakini sebagai cara sehat dalam mengolah makanan. Jurnal kesehatan dari Zhejiang University yang diterbitkan di US National Library of Medicines National Institute of Health menyebutkan mengukus bisa menjaga klorofil dalam sayuran, menjaga vitamin C dan mineral dari bahan makanan lain yang dikukus. Secara garis besar, mengolah bahan makanan dengan cara mengukus dapat meningkatkan kandungan polifenol karena proses pemanasannya tidak berlebih. Hasilnya, nutrisi dari bahan makanan tetap terjaga.

Ada dua metode mengukus yang sering dilakukan:

1. Mengukus langsung di atas saringan

Metode ini adalah yang paling mudah untuk dipraktikkan di rumah. Letakkan bahan makanan (ayam, ikan, tahu, sayuran, biji-bijian, roti, kentang) dalam pinggan terbuka di atas saringan dalam panci berisi air mendidih. Perlahan uap panas dari air mendidih mengenai bahan makanan. Panas tersebutlah yang mematangkan bahan makanan.

2. Mengukus dalam pembungkus

Bungkus bahan makanan terlebih dulu sebelum meletakkannya di atas saringan. Kamu bisa membungkus bahan makanan dengan daun, kertas aluminium atau kertas roti. Kemudian letakkan di atas saringan dan kukus hingga matang. Untuk metode ini, uap panas tidak langsung mengenai bahan makanan. Cairan dari bahan makananlah yang mematangkannya, sehingga makanan matang lebih lembap dan permukaannya tidak kering. Metode ini lebih dikenal sebagai proses tim.

Untuk mengukus, kamu bisa menggunakan panci kukus yang terbuat dari stainless atau bambu sesuai dengan jenis makanan dan kebutuhan. Saat ini, berbagai merek menawarkan panci kukus tingkat yang bisa mengukus berbagai bahan secara bersamaan. Letakkan bahan makanan yang paling lama matang di urutan paling bawah. Tentunya proses ini bisa menghemat waktumu di dapur bukan?

Inspirasi makanan kukusan untuk dicoba

Berikut adalah tiga menu kukusan yang lezat, praktis, dan enak untuk dicoba akhir pekan ini:

1. Mengukus Sayuran

Berbagai jenis sayuran bisa dikukus dengan hasil akhir yang manis, lembut, dan moist. Salah satu menu sayuran yang bisa dicoba adalah Bayam Udang Kukus. Menu ini bisa kamu jadikan lauk makan siang yang sehat dan nikmat untuk keluarga di rumah. Bahkan kamu bisa membawanya sebagai bekal karena praktis. Bahan-bahan yang kamu butuhkan antara lain: bayam, udang cincang, garam, Royco Kaldu Ayam, telur kocok, wortel potong dadu kecil, jagung muda, dan irisan daun bawang.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Blansir bayam dalam air panas, angkat dan sisihkan.
  • Dalam mangkuk, campur udang, telur kocok, wortel, garam, dan Royco Kaldu Ayam.
  • Atur bayam memanjang di atas talenan atau alas.
  • Tuang dan ratakan adonan udang di atas bayam. Kemudian taburi dengan jagung muda.
  • Gulung bayam dan padatkan hingga rapi.
  • Kukus bayam udang hingga matang.
  • Sajikan dengan saus cocolan favorit.

Tips mengukus bila sayuran adalah bahan utamanya dimulai dengan mendidihkan air terlebih dulu dengan api besar. Setelah air mendidih, letakkan bahan makanan di pinggan di atas saringan panci kukus. Kemudian kukus dengan api sedang hingga matang.

2. Mengukus Ikan

Ikan adalah salah satu protein hewani yang sering dikukus. Pilih yang berdaging tebal seperti ikan kembung dalam resep Kembung Kukus Asam. Asam, segar, dan gurih bisa kamu dapatkan dari menu ini. Bahan-bahan yang diperlukan: ikan kembung, bawang putih dimemarkan, tomat potong memanjang, jahe diiris halus, belimbing sayur dibelah dua, cabai merah dan cabai hijau diiris serong, garam, margarin, daun bawang, dan Royco Kaldu Ayam.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Dalam mangkuk, campur margarin, bawang putih, garam, dan Royco Kaldu Ayam.
  • Letakkan ikan kembung yang telah dibersihkan di pinggan, olesi dengan campuran margarin.
  • Masukkan bahan-bahan lainnya.
  • Kukus ikan hingga matang.

Untuk mengukus ikan, perhatikan durasi mengukus agar daging ikan tidak hancur. Waktu yang tepat untuk mengukus kembung sekitar 15 hingga 20 menit. Tips lain yang patut diperhatikan adalah memasukkan bumbu dapur seperti jahe atau lemon untuk meminimalisir bau amis yang dapat muncul.

Selain mengukus ikan secara langsung di atas saringan, kamu juga bisa menggunakan daun pisang – atau lebih dikenal dengan istilah pepes. Bedanya, pepes ikan menggunakan bumbu halus yang terdiri dari kunyit, serai, lengkuas serta daun kemangi untuk memberi cita rasa khas.

3. Membuat Nasi Tim

Nasi tim cocok disajikan untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam. Berbahan dasar nasi, isian nasi tim bisa berupa ayam cincang, daging cincang atau ikan suwir favoritmu. Bahan-bahan yang kamu butuhkan: beras, bawang putih dihaluskan, minyak wijen, air kaldu ayam, Royco Kaldu Ayam, merica bubuk, daging ayam potong dadu 1 cm, daun bawang, kecap manis, dan minyak untuk menumis.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan ayam dan bahan-bahan lain hingga matang.
  • Nasi Tim: panaskan minyak dalam panci, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan beras, aduk rata. Tambahkan sisa bahan, lalu aron hingga ¾ matang, angkat.
  • Ambil 1 mangkuk stainless, masukkan 4 sendok makan tumisan ayam, lalu padatkan dengan nasi.
  • Kukus hingga matang. Angkat dan sajikan nasi tim.

Demikian tiga menu kukusan yang praktis dicoba di rumah. Meski dikukus, menu tersebut     akan memberikan kenikmatan yang tidak bisa kamu tolak. Selamat mencoba!

Cari lebih banyak