Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Seporsi kaldu bakso sayur yang memiliki kolagen alami

4 Bahan Makanan yang Bantu Penuhi Kebutuhan Kolagen Alami Tubuhmu

bahan makanan untuk asupan kolagen

Buat Ibu yang menyukai perawatan kecantikan dan kesehatan kulit, istilah kolagen mungkin sudah tak asing lagi. Kolagen adalah protein yang dapat ditemukan di berbagai bagian tubuh, seperti kulit, tulang, otot, tendon, dan ligamen. Fungsinya mempertahankan elastisitas kulit, melindungi organ dalam tubuh, dan menyatukan bagian tubuh seperti tulang dan otot. Seiring bertambahnya usia, kolagen yang diproduksi tubuh akan semakin sedikit. Inilah salah satu alasan mengapa tubuh perlu mengonsumsi makanan mengandung kolagen karena ada banyak sekali manfaatnya. 

Nah, apa sajakah bahan-bahan makanan hewani maupun nabati yang memiliki kandungan kolagen alami yang tinggi? Kemudian, adakah ide-ide seru dalam mengolahnya menjadi makanan lezat? Tenang, kali ini Royco akan sebutkan apa saja dengan rekomendasi resep yang bisa Ibu coba di rumah. Yuk, simak bersama!

Ikan

1. Ikan

Sepiring salad sayur dengan salmon dan arugula
Salad sayur pas dipadukan dengan ikan segar. (Foto: Shutterstock)

Menurut beberapa penelitian, kolagen dari seafood adalah yang paling mudah diserap oleh tubuh. Kadar kolagen paling tinggi dari ikan justru bukan dari bagian dagingnya. Apakah gerangan? Bagian kepala serta kulitnya! Berita baik untuk Ibu yang menggemari masakan gulai kepala ikan khas Minang ataupun salmon skin yang biasa menjadi menu di restoran Jepang.

Tapi bukan berarti daging ikan yang kaya nutrisi dan juga mengandung kolagen tidak bisa ibu nikmati juga. Ibu bisa mencoba irisan ikan salmon segar yang bisa dipadankan dengan salad segar yang satu ini!

Kaldu Tulang

2. Kaldu Tulang

Panci berisikan kaldu tulang yang sudah dimasak bersebelahan dengan mangkuk berisi tulang
Kaldu dari tulang dipercaya memiliki kadar kolagen yang tinggi. (Foto: Shutterstock)

Kaldu tulang adalah salah satu sumber kolagen alami paling favorit. Salah satu alasannya adalah mudah dipadukan dengan berbagai macam masakan ataupun dinikmati langsung. Meskipun demikian, proses pembuatannya membutuhkan waktu cukup lama agar kolagen dari tulang dan jaringannya dapat diekstrak secara maksimal.

Bagi ibu penggemar bakso, maka resep bakso sayur yang satu ini sangat recommended. Adonan bakso daging ditambahkan sayuran seperti brokoli dan wortel.  Sementara isi supnya adalah  brokoli, wortel, serta daun kelor yang sangat berkhasiat. Padukan dengan bumbu dan kuah yang kaya serta bakso sapi, makan hari ini terasa sangat istimewa!

Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

3. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Kedua bahan makanan ini menyuplai tubuh dengan pasokan nutrisi berupa seng (zinc) yang sangat bermanfaat. Mikronutrien ini berfungsi untuk merangsang produksi kolagen dalam tubuh. Selain enak, banyak jenis biji-bijian dan kacang-kacangan dapat dikonsumsi langsung ataupun dipadukan dengan beragam masakan. Di antara yang mudah ditemukan di pasaran adalah kacang mete, kacang badam, ataupun biji wijen.

Buah dan Sayuran

4. Buah dan Sayuran

Untuk Ibu yang menganut gaya hidup vegetarian ataupun vegan, buah dan sayuran yang kaya vitamin C adalah jawabannya. Mengapa demikian? Nutrisinya akan merangsang tubuh sendiri untuk menghasilkan kolagen dan kesehatan juga lebih terjaga. Di antara buah-buahan serta sayuran yang mengandung vitamin C (pepaya, jeruk, brokoli, kembang kol, serta aneka sayur hijau), vitamin A (wortel, tomat, mangga, sayuran berdaun hijau), dan antosianin (anggur, buah beri, terung, asparagus). 

Supaya konsumsi hidangan yang mengandung kolagen dan kebutuhan gizi lainnya lebih seru, Ibu bisa menemukan inspirasi menu sehat dan beragam lewat Royco Nutrimenu, yaitu panduan  resep masakan lezat bergizi untuk seluruh anggota keluarga yang berasal dari 50 Bahan Pangan Masa Depan.

Salah satu komitmen program Royco Nutrimenu adalah mengajak Ibu dan keluarga untuk selalu menjalankan prinsip Halalan Thayyiban, yaitu mengolah bahan pangan yang halal dan juga thayyib atau baik dan bermanfaat untuk tubuh serta lingkungan. Menu tersebut wajib disajikan dengan porsi dan gizi seimbang dalam #IsiPiringku, yaitu terdiri dari 2/3 makanan pokok, 2/3 sayuran, 1/3 lauk, dan 1/3 buah. Menarik, bukan? Yuk, kita coba gaya hidup yang sehat dan bermanfaat ini mulai sekarang bersama Gerakan Berkah #KebaikanIsiPiringku!

Nah, setelah mengetahui berbagai sumber kolagen yang baik untuk tubuh, Ibu juga bisa lebih merencanakan lagi menu yang tepat disajikan untuk keluarga. Ditambah lagi dengan pembekalan konsep Nutrimenu dari Royco, saatnya membiasakan mengonsumsi menu harian seimbang sesuai dengan prinsip #IsiPiringku! Sudah siap dengan berbagai bahan untuk diolah hari ini? Mari memasak!