Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Cemilan sehat

Ide Cemilan Sehat dan Lezat untuk Akhir Pekan Bersama Keluarga

Sajikan cemilan sehat dan lezat agar acara kumpul keluarga di akhir pekan jadi makin seru. Beberapa pilihan menu berikut bisa jadi inspirasi bagimu!

Acara kumpul keluarga tak lengkap rasanya tanpa acara makan-makan. Makan bersama memang seru, tak heran jika nafsu makan jadi lebih tinggi, bukan? Nah, agar tak merasa bersalah, sajikan saja beragam cemilan sehat sebagai pendampingnya. Jangan salah, kudapan sehat tetap bisa lezat, kok!

Mengemil sendiri sudah jadi tradisi yang sulit dihilangkan. Kebiasaan ini sudah ada sejak sejak dulu, bahkan trennya terus naik. Menurut penelitian dari University of Carolina pada tahun 2017 yang lalu, kebiasaan mengemil di Amerika terus meningkat sejak tahun 1977 hingga 2014. Subjek yang diteliti khususnya berkisar pada usia 2-18 tahun.

Di usia tersebut, penyerapan energi dari makanan memang sedang sangat-sangatnya dibutuhkan. Namun bukan berarti segala jenis makanan disarankan untuk jadi cemilan. Anak-anak khususnya, membutuhkan makanan dengan gizi seimbang untuk tumbuh kembang mereka. Patut dicatat bahwa menurut WHO (World Health Organization), kasus malnutrisi seringkali terjadi pada anak-anak dan perempuan.

Ide cemilan sehat di rumah

Kekurangan nutrisi bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, tapi yang mengejutkan adalah penyebabnya bisa berasal dari makanan rumah. Sebagai seorang ibu, tentu kita memiliki tanggung jawab penuh untuk menyajikan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi anak. Tak terkecuali juga tentunya dalam pemilihan cemilan.

Maka dari itu, ada beragam cara yang bisa kita gunakan untuk menyajikan cemilan sehat. Misalnya saja dengan mengganti makanan yang digoreng dengan dikukus. Kita juga bisa memakai bahan yang lebih kaya serat dan vitamin seperti sayuran. Nah, menu cemilan sehat apa yang bisa kita buat tanpa digoreng? Tiga alternatif kudapan sehat nan lezat berikut bisa jadi ide seru untuk akhir pekan!

1. Tahu Kembang Kukus

Salah satu bahan masakan yang bisa dikreasikan ke dalam ragam bentuk adalah tahu. Tak hanya mudah didapat, tahu juga padat nutrisi. Terbuat dari kacang kedelai, tahu kaya akan kandungan protein. Dalam 100 gram tahu terdapat 10,9 g protein, 80 kcal energi, dan 0,8 gram karbohidrat.

Sebagai cemilan, tahu bisa mengenyangkan dan memberikan energi. Alih-alih digoreng, kita bisa mengolahnya dengan cara dikukus agar lebih sehat. Tak perlu takut rasanya akan hambar karena racikan bumbu atau rempah yang tepat bisa jadi solusinya.

Resep tahu kembang kukus cukup sederhana. Lumatkan tahu dan aduk bersama bawang bombay, bawang putih, daun bawang, telur, garam dan merica. Setelah adonan tercampur rata, kita masukkan ke dalam cetakan kecil dengan tambahan sosis di atasnya. Simak resep lengkap tahu kembang kukus untuk cemilan sehat keluarga akhir pekan ini.

2. Bayam Udang Kukus

Bayam mengandung mineral yang cukup tinggi, khususnya zat besi. Dalam 100 gram bayam terdapat 22 kcal energi, 2, 86 gram protein, 2,7 gram serat, 3,5 gram karbohidrat. Selain disajikan sebagai menu pendamping, bayam juga bisa diolah jadi cemilan sehat..

Agar lebih nikmat, masak sayuran hijau ini bersama udang. Bentuk bayam udang kukus seperti maki agar bisa dimakan dengan praktis sekali suap. Bentuk yang menarik akan memotivasi anak-anak untuk lebih bersemangat menyantap sayuran.

Resep bayam udang kukus ini juga tak kalah sederhana. Kita cincang udang terlebih dahulu, lalu siapkan jagung sebagai isian. Bayam yang telah kita rebus sebelumnya dijadikan sebagai kulit yang menyelimuti adonan udang. Baru setelahnya, kita kukus bayam udang hingga matang. Simak resep lengkap bayam udang kukus untuk alternatif cemilan di rumah!

3. Pizza Tahu

Biasanya pizza jadi rebutan saat kumpul keluarga. Makanan khas Italia ini sangat disukai dan cocok jadi kudapan saat berkumpul. Jika biasanya topping pizza didominasi oleh daging olahan seperti sosis dan daging asap, kali kita ganti dengan tahu yang lebih sehat.

Tahu yang digunakan dalam resep ini adalah tahu Jepang yang punya tekstur lembut. Agar penampilannya tetap menarik, bubuhkan jagung dan paprika yang berwarna. Tak lupa, sertakan juga keju di atasnya. Pizza tahu bisa jadi ide menarik untuk menghindari masakan goreng-gorengan. Jika tak punya oven di rumah, kamu bisa memasaknya menggunakan double pan atau wajan dengan penutup. Simak resep lengkap pizza tahu yang bisa disantap seluruh keluarga.

Demikian tiga resep cemilan sehat yang bisa jadi pilihan untuk akhir pekan. Meski tidak digoreng, kudapan-kudapan ini bakal tetap menggoyang lidahmu. Selamat memasak!