Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

resep olahan tahu

Inspirasi Resep Olahan Tahu untuk Camilan Keluarga

Mudah diperoleh dan diolah, berikut resep olahan tahu yang bisa dipraktikkan di rumah untuk camilan keluarga. Simak juga, yuk, sedikit cerita mengenai tahu!

Tahu, panganan kaya protein yang terjangkau dan mudah didapatkan di Indonesia. Sebagai negara yang kaya akan keberagaman kuliner, tahu menjadi favorit banyak warga di negeri ini. Beragam jenis dan rasa menjadikan resep olahan tahu begitu banyak dijumpai. Sebelum masuk ke resep-resep yang bisa kamu coba di rumah, kita bahas jenis-jenisnya terlebih dahulu, yuk!

Pertama, kita perlu memahami dulu tentang pengolahannya yang terdiri dari enam langkah. Awalnya, kacang kedelai direndam dalam air hangat hingga mengembang. Kemudian digiling hingga halus, lalu dimasak dengan tambahan air dan diaduk agar tidak membuih di dalam tungku. Begitu matang, olahan ini disaring. Sari kedelai yang dihasilkan inilah kemudian diaduk bersama pengendap. Setelah menggumpal, tahu pun dicetak dan siap untuk diolah di dapur.

Jenis-jenis tahu yang populer di Indonesia

Meski bentuk dan olahannya berbeda-beda di tiap negara, Indonesia juga tidak kalah soal keberagaman jenis tahunya. Simak beberapa di antaranya yang populer di sini!

1. Tahu putih

Inilah jenis tahu yang paling umum di Indonesia. Tahu putih bertekstur lebih padat karena penggunaan asam asetat pada proses pengolahannya. Karena teksturnya yang lebih berisi, tahu putih cocok diolah pada proses masak yang membutuhkan waktu lama. Selain menu kukusan, tidak jarang juga tahu putih digunakan pada masakan gorengan ataupun tumisan.

2. Tahu kuning

Sesuai namanya, tahu ini berwarna kuning pada permukaan luarnya, namun sejatinya tetap berwarna putih di dalamnya. Warna kuning berasal dari penggunaan air kunyit pada proses akhir pengolahannya. Teksturnya cukup padat dan mirip dengan tahu putih pada umumnya. Tahu kuning yang populer biasanya berasal dari Bandung serta Kediri. Di Bandung, tahu kuning kerap menjadi pilihan saat diolah menjadi hidangan kupat tahu ataupun lotek.

3. Tahu Cina

Penggunaan kalsium sulfat pada proses pengolahannya membuat tahu Cina bertekstur padat. Namun, secara keseluruhan tahu Cina lebih lembut dan lebih kenyal dibandingkan tahu putih sehingga sering menjadi bahan utama sup sayuran. Untuk ukuran, tahu ini biasanya berukuran lebih besar dibandingkan tahu jenis lainnya. Satu kekhasan lainnya untuk mengenali tahu Cina adalah tahu ini sering dibungkus kain putih tipis.

4. Tahu sutra

Ini merupakan jenis tahu yang teksturnya terkenal sangat lembut dan kenyal. Kekenyalan inilah yang membedakannya dengan tofu Jepang meskipun sekilas terlihat mirip secara bentuk awalnya. Tahu sutra biasa dijumpai pada pada hidangan sapo tahu yang sangat populer di Indonesia.

Selain keempat jenis yang populer ini, Indonesia juga masih punya jenis lainnya seperti tahu pong ataupun tahu Sumedang yang kopong di bagian dalamnya. Begitupun olahan lainnya seperti kembang tahu, kulit tahu, dan banyak lagi.

Inspirasi berbagai resep olahan tahu

Kali ini kita punya satu resep camilan mudah yang menggunakan tahu putih, yaitu tahu kukus yang dilengkapi dengan sosis. Pertama, tumbuk tahu putih hingga halus. Lalu masukkan telur ayam, daun bawang, wortel, serta bawang putih, garam, dan merica ke dalam adonan. Sementara, belah sosis menjadi empat bagian sehingga berbentuk seperti bunga yang mekar. Siapkan cetakan kue dan masukkan adonan tahu, tambahkan sosis di atasnya, dan kukus hingga matang.

Selain sapo tahu, kita juga bisa memanfaatkan tahu sutra pada resep bola tahu goreng udang atau pizza. Untuk pizza, kamu bisa membuatnya dengan beragam topping yang lebih bernutrisi. Di resep ini kita akan menambahkan paprika merah, paprika hijau, bawang bombay, dan tahu. Bagaimana langkah per langkahnya? Jangan lupa untuk menyimak resep lengkap pizza tahu ini!

Punya stok kulit tahu? Jangan ragu untuk mencoba resep tahu goreng ngohiang. Isi dengan tumisan sayur berupa taoge, kol, serta wortel. Sementara resep udang pun tahu adalah jenis camilan yang tak kalah nikmat dan mengenyangkan. Aduk merata ayam giling, udang cacah, garam, merica, tepung sagu, sedikit air, serta Royco Kaldu Ayam. Masukkan ke dalam tahu Sumedang dan goreng hingga kecokelatan.

Bagaimana dengan ide-ide camilan tadi? Jadikan akhir pekan bersama keluarga semakin berkesan dengan hidangan-hidangan yang tak hanya lezat, namun juga bernutrisi. Selamat mencoba!