Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Beberapa jenis hasil terlu rebus dengan tingkat kematangan berbeda di atas papan kayu

Ketahui Berapa Lama Merebus Telur untuk Hasil yang Konsisten

Berapa Lama Merebus Telur untuk Hasil Konsisten?

Meski terdengar sederhana, merebus telur ternyata perlu trik khusus. Misalnya saja, berapa lama merebus telur yang pas untuk hidangan mie ramen? Bagaimana menghasilkan telur rebus dengan warna kuning yang merata? Bagaimana cara menghindari kulit telur retak saat direbus?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Namun sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa tingkat kematangan telur rebus terbagi menjadi dua. Pertama, soft boiled eggs yakni bagian kuning telur masih cenderung basah bahkan meleleh. Kedua, hard boiled eggs yakni bagian kuning telur sudah lebih firm dan matang sempurna. Tingkat kematangan mana yang kamu inginkan?

Berapa lama merebus telur untuk hasil terbaik?

Berapa lama merebus telur untuk hasil terbaik?

Masih ingat bagaimana cantiknya telur yang terbelah dua di atas hidangan ramen? Biasanya, bagian kuningnya masih meleleh cantik, warnanya pun kuning pekat. Berbeda dengan telur yang biasanya terdapat pada gado-gado. Kuning telurnya sudah lebih keras dan warnanya lebih pucat.

Beda jenis kematangan, beda pula waktu merebusnya. Waktu merebus telur yang umum dijadikan pedoman terbagi menjadi empat, yakni 6 menit dan 8 menit untuk soft boiled eggs, serta 10 menit dan 12 menit untuk hard boiled eggs. Namun, kamu juga bisa merebus hingga 14 menit untuk hasil telur yang benar-benar matang sempurna dan bertekstur lebih keras. Yuk, kita bahas satu persatu!

1.  Telur direbus selama 6 menit

Bagian kuning telur yang direbus dalam waktu 6 menit saja biasanya masih meleleh ketika dibelah. Sementara bagian putihnya juga masih lembut meski bentuknya tidak hancur. Telur dengan tingkat kematangan ini jarang digunakan pada makanan Indonesia. Kamu bisa menyajikannya di atas toast atau langsung disantap dengan sedikit tambahan lada.

Beberapa jenis hasil terlu rebus mulai dari dua menit hingga 15 menit
Waktu merebus telur sangat menentukan hasil akhirnya. (Foto: Shutterstock)

2.  Telur direbus selama 8 menit

Sementara bagian kuning telur yang direbus dalam waktu 8 menit memiliki tekstur yang lebih creamy, tidak terlalu meleleh, dengan bagian putih yang masih lembut. Tingkat kematangan ini seringkali jadi favorit dan kerap digunakan untuk sajian mie ramen. Untuk mendapatkan potongan yang sempurna, kamu bisa membelahnya dengan seutas benang ya.

3.  Telur direbus selama 10 menit

Kamu mau menambahkan telur pada hidangan salad? Sebaiknya rebus telur selama 10 menit. Hard boiled eggs yang direbus selama 10 menit menghasilkan tekstur kuning telur yang lebih padat. Biasanya warnanya juga lebih pucat. Namun, teksturnya masih terasa lembut.

4.  Telur direbus selama 10 menit

Nah, jika kamu mau membuat hidangan Indonesia seperti telur balado atau gado-gado, rebus telur selama 12 hingga 14 menit. Jenis hard-boiled eggs yang direbus dalam waktu lebih dari 10 menit ini sudah matang sempurna dengan tekstur yang sangat firm. Jadi, bentuknya tidak mudah hancur saat diolah kembali, misalnya saat dimasak dengan bumbu balado.

Bagaimana trik merebus telur agar hasilnya mulus?

Bagaimana trik merebus telur agar hasilnya mulus?

Setelah mengetahui waktu rebus yang tepat untuk sajian telur yang kamu inginkan, perhatikan langkah-langkahnya. Ada kalanya kita mengalami kegagalan saat merebus telur, misalnya saja kulit telur retak saat direbus, atau warnanya yang tidak cantik.

Untuk mendapatkan hasil telur rebus yang mulus sempurna, ada beberapa poin yang perlu kamu perhatikan. Yuk, simak satu per satu!

Toasted bread dengan telur rebus terbelah di atasnya
Perlu beberapa trik agar telur rebus memiliki tekstur yang mulus. (Foto: Shutterstock)

1.  Simpan telur pada suhu ruang

Jika kamu mengambil telur dari kulkas, simpan terlebih dahulu telur di suhu ruang. Suhu telur yang terlalu dingin akan memengaruhi hasil akhir tekstur telur rebus. Namun, jika kamu menyimpannya di luar kulkas, kamu bisa langsung merebusnya.

2. Didihkan air terlebih dahulu

Ada kalanya kita memasukkan telur pada air yang belum mendidih dalam panci. Hal ini akan membuat putih telur jadi melekat kuat pada kulit, sehingga kamu akan kesulitan membukanya nanti. Sebaiknya, didihkan air terlebih dahulu, baru masukkan telur ke dalamnya. Dengan begitu, warna telur rebus akan lebih merata.

3. Gunakan sutil berbentuk saringan atau serok

Agar telur tidak pecah saat dimasukan ke dalam panci, kamu bisa menggunakan sutil saringan minyak atau serok. Tempatkan beberapa telur ke atas sutil lalu simpan perlahan di dalam panci yang sudah mendidih. Kecilkan api terlebih dahulu saat memasukkan telur. Kemudian naikkan lagi api setelah telur masuk semua ke dalam panci.

4. Siapkan air es

Selama telur direbus, siapkan air es atau air dingin. Angkat telur yang sudah direbus sesuai tingkat matang yang diinginkan, lalu langsung masukkan ke dalam air es. Air es akan membantu telur lebih mengeras di bagian dalam, hingga teksturnya lebih sempurna. Telur juga akan lebih mudah untuk dikupas.

Nah, setelah itu tinggal kita kupas kulit telur dengan hati-hati ya agar bagian putihnya tetap mulus. Sekarang, sudah tidak bingung lagi, kan, berapa lama merebus telur dan trik agar warnanya merata? Selamat mencoba!