Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Hidangan orek tempe disajikan di dalam casserole

Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah, Ternyata Enak dan Lebih Hemat

Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah

Mungkin saja ada di antara kita yang bertanya, kenapa harus bikin tempe sendiri kalau bisa beli? Bisa dimaklumi mengingat tempe begitu mudah dicari di Indonesia dan harganya sangat terjangkau. Tapi jawaban yang tepat adalah, kenapa tidak? Karena cara membuat tempe sebetulnya cukup mudah!

Kuncinya adalah kesabaran dan komitmen untuk memastikan agar proses persiapan hingga fermentasinya berhasil. Layaknya membuat roti atau pasta sendiri, tentunya ada kepuasan sendiri saat menyaksikan dan melakukan prosesnya dari awal hingga selesai.

Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan Alat dan Bahan

Hasil cara membuat tempe disajikan di atas talenan putih dan diletakkan bersama pisau
Siapa bilang sulit membuat tempe sendiri di rumah? (Foto: Shutterstock)

Selain karena nilai gizinya yang tinggi, tempe belakangan menjadi favorit para pencinta makanan sehat karena bisa dibuat dari berbagai macam bahan dasar. Tak harus kacang kedelai, tempe rupanya bisa dibuat dari kacang koro, kacang tolo, kacang kedelai hitam, kacang hijau, hingga bahkan kacang edamame. Setelah kita memilih dengan bahan apa, maka hal terpenting selanjutnya adalah kehadiran ragi tempe untuk proses fermentasinya. Agar tempe nanti lebih terasa gurih, kamu bisa menambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam ke dalam adonannya.

Dari segi peralatan masak, kamu akan membutuhkan baskom besar untuk proses pencucian kacang kedelai dan juga proses perendamannya. Dikarenakan ukuran kacang kedelai akan mengembang, maka kamu akan membutuhkan baskom yang berukuran lebih besar. Selanjutnya adalah tampah, karena ini akan dibutuhkan saat meniriskan kacang kedelai setelah proses perendaman tadi. Lalu, ada juga panci kukusan atau dandang untuk mematangkan dahulu kacang kedelai sebelum proses fermentasi dimulai. 

Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah

Cara Membuat Tempe Sendiri di Rumah

Setelah siap dengan alat-alatnya, saatnya untuk membuat tempe sendiri! Sebagai permulaan, siapkan 500 gram kacang kedelai dan rendam dalam baskom berisi air selama semalaman penuh. Seberapa banyak? Gunakan perbandingan kedelai dan air pada rasio 1:3. Proses perendaman ini juga akan membantu kita menyortir kedelai berkualitas. Bila ada yang mengambang maka kualitasnya kurang bagus dan dapat dibuang.

Setelah semalam suntuk direndam, lanjutkan dengan merebus kacang kedelai. Namun sebelumnya, bilas dahulu selama beberapa kali hingga kacang kedelai bersih. Rasio perbandingan air dan kedelai masih tetap berada pada 1:3 dan rebus selama 1 jam. Setelah direbus, bilas kedelai dengan air mengalir sambil diremas agar kulit arinya terlepas. Selesai bersih semua, kembali rendam kacang kedelai selama 2x24 jam.

Setelah dua hari, kedelai yang telah direndam ini perlu dibilas kembali dengan air mengalir dan kemudian dikukus hingga matang selama sekitar 40 menit. Setelah dingin, hamparkan kacang kedelai di atas tampah dan dinginkan sembari dikipas agar mempercepat proses penguapan. Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan kipas angin pada proses yang satu ini. Diamkan hingga kering dan kacang kedelai siap untuk melalui proses fermentasi.

Proses Fermentasi pada Kedelai

Proses Fermentasi pada Kedelai

Seorang pengrajin tempe tengah membungkus kacang kedelai dengan daun pisang
Kacang kedelai dibungkus daun pisang, siap untuk difermentasi. (Foto: Shutterstock)

Proses panjang di awal sudah dilalui, kini kita menuju tahap fermentasi dan penyelesaian. Lanjutkan dengan menaburkan ½ sdt ragi tempe pada kacang kedelai kemudian aduk rata. Opsional, kamu juga bisa menambahkan sekitar 1 sdt Royco Kaldu Ayam dan kembali aduk hingga rata.

Siapkan daun pisang dan sendokkan kacang kedelai ke bagian atasnya, kemudian padatkan dan bungkus. Sematkan ujungnya dengan tusuk gigi. Ukuran tempe yang dibungkus oleh daun pisang ini bisa disesuaikan selera untuk ukurannya. Tahap terakhir, simpan tempe dalam suhu ruang selama 36 jam untuk kemudian siap diolah.

Prosesnya cukup panjang namun hasilnya bisa cukup memuaskan. Kini kita lebih bisa mengapresiasi usaha keras para pengrajin tempe dan betapa semestinya tempe dihargai jauh lebih tinggi. Apalagi perjalanan pembuatannya panjang dan nutrisi tempe sudah tidak diragukan lagi kehebatannya.

Tentunya tak sabar ingin mengolah tempe hasil buatan sendiri, bukan? Kamu dapat mencari inspirasi resep-resep lezat dan bernutrisi melalui program Nutrimenu dari Royco, ataupun kamu juga bisa membuat resep rumahan seperti tumis tempe hingga rawon daging tempe. Selamat bertualang di dapur!