Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Future 50 Foods
FUTURE 50

50 Pangan Masa Depan dan Program Nutrimenu Royco

Memilih makanan favorit lagi dan lagi daripada menu bergizi memang mudah dilakukan. Bahkan bagi anak-anak, ada kalanya mereka menutup mulut untuk menu makanan yang bukan favoritnya. Secara global, 75% jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari hanya terdiri dari 12 jenis tumbuhan dan 5 hewan. Mengapa hanya makan menu yang itu-itu saja kalau dari jenis bahan makanan lainnya kita bisa dapat lebih banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh?

Selain mengurangi variasi nutrisi yang diserap tubuh, mengonsumsi jenis makanan tertentu secara terus menerus juga punya dampak kurang baik untuk ekosistem. Karena jenis tanaman yang dibudidayakan petani terbatas sehingga keanekaragaman hayati jadi rapuh dan terancam. Ini saatnya kita melakukan perubahan.

Future 50 Food atau 50 Pangan Masa Depan, merupakan ragam bahan makanan yang baik untuk masa depan. Menawarkan masakan bernutrisi yang tidak hanya lezat namun juga memiliki dampak yang lebih baik terhadap lingkungan. Menjawab tantangan ini, Royco hadir dengan Program Nutrimenu.

Program Royco Nutrimenu yang menyoroti beberapa jenis bahan makanan dari kelompok 50 Pangan Masa Depan, adalah kegiatan edukasi yang dilakukan Unilever Indonesia melalui brand Royco bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah.

Kampanye ini diadakan juga untuk mendukung program Isi Piringku yang merupakan penerapan dari Pedoman Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebagai upaya pencegahan risiko ketidakseimbangan gizi atau dapat disebut juga dengan malnutrisi. Kerja nyata Royco dalam program ini adalah dengan memberi pelatihan kepada 100 orang Ibu kader PKK yang kemudian masing-masing merekrut 50 Ibu lainnya dalam penyuluhan dan pendampingan selama 21. Terdapat fakta perubahan positif perilaku Ibu melalui program ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ yang telah diselenggarakan pada akhir 2019 lalu di Kabupaten Garut, Jawa Barat ini, sebagai daerah yang memiliki tingkat prevalensi tinggi akan ketidakseimbangan gizi. Para Ibu menjadi lebih akrab dan memilih memasak resep bernutrisi.

Resep nutrimenu yang disusun oleh Royco tentu saja tidak lepas dari tujuh bahan makanan yang termasuk dalam 50 Pangan Masa Depan, yakni Okra, Pakcoy, Selada Air, Daun Kelor, Kacang Hijau, Ubi Jalar dan Bayam. Dengan penyajian ideal, ketujuh bahan makanan ini diyakini dapat menjadi menu seimbang yang bermanfaat bagi tubuh.

Untuk memperluas kerja Program Royco Nutrimenu, pada tanggal 28 Januari 2020 Royco mengadakan Konferensi Pers bertajuk "Royco Luncurkan Program Nutrimenu Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang Demi Masa Depan Indonesia”. Acara ini diselenggarakan berdekatan dengan momen Hari Gizi Nasional yang jatuh beberapa hari sebelumnya yakni pada tanggal 25 Januari 2020.