Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
4 Hidangan Pelengkap Lezat untuk Resep Bistik Daging Khas Solo

4 Hidangan Pelengkap Lezat untuk Resep Bistik Daging Khas Solo

Hidangan Pelengkap Lezat untuk Resep Bistik Daging

Bosan menghidangkan sate atau gulai di rumah saat Hari Raya? Sebagai alternatif, yuk, coba buat resep bistik daging khas Solo sendiri di rumah. Hidangan yang punya nama lain bestik ataupun selat Solo ini dibuat dari potongan daging sapi yang direbus, kemudian ditumis dengan bumbu halus. Manis dan gurih menjadi rasa yang paling dominan.

Dalam penyajiannya, bistik daging dihidangkan dengan sedikit kuah. Kemudian sebagai hidangan pelengkap, biasanya disajikan kentang goreng, telur rebus, serta sayuran rebus seperti wortel dan buncis. Ada pun sayuran lain yang biasa ditambahkan adalah irisan tomat segar ataupun selada.

Ternyata, bukan hanya kentang dan sayuran rebus saja yang bisa dijadikan sebagai pelengkap. Ada beberapa alternatif lain yang tidak kalah lezat dan sehat. Apa saja itu? Daripada penasaran, simak 4 hidangan pelengkap alternatif untuk resep bistik daging sapi di bawah ini!

1. Ubi Panggang dan Salad Selada Air

1. Ubi Panggang dan Salad Selada Air

Tiga potong ubi panggang keju siap santap
Ubi panggang keju yang lezat untuk mendampingi resep bistik daging. (Foto: Royco).

Ubi panggang keju bisa menggantikan peranan kentang sebagai hidangan pelengkap utama pada resep bistik daging. Meski terasa manis, ubi merah memiliki kandungan gizi yang baik, rendah lemak, serta tinggi serat.

Untuk membuatnya, belah ubi menjadi dua bagian, lalu panggang di oven hingga matang. Tuang madu dan parutan keju di atasnya. Lengkapi ubi panggang dengan salad yang dibuat dari selada air segar, kacang edamame rebus, dan taburan biji wijen sangrai. 

2. Tumis Pakcoy Jamur Kuping

2. Tumis Pakcoy Jamur Kuping

Beragam sayur hijau yang ditumis jarang gagal saat mendampingi aneka olahan daging. Kali ini, tumis pakcoy jamur kuping bisa menjadi alternatif hidangan pelengkap yang nikmat. Selain nikmat, pakcoy juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin A, vitamin C, dan kaya kalsium. Untuk karbohidrat, tambahkan juga jagung rebus untuk memberi rasa kenyang lebih lama.

3. Salad Mangga Bengkuang dan Ubi Ungu Rebus

3. Salad Mangga Bengkuang dan Ubi Ungu Rebus

Sepiring salad mangga bengkuang siap dinikmati
Salad mangga bengkuang sangat segar disajikan sebagai hidangan pelengkap (Foto: Royco)

Salad sayur dan buah adalah pasangan ideal melengkapi olahan daging sapi panggang atau tumis. Ini dikarenakan ada rasa manis dan segar menyempurnakan rasa daging. Manfaatkan buah yang ada di sekitar, seperti mangga, bengkuang, selada air dan selada cos.

Cuci bersih semua bahan, kupas dan iris memanjang mangga dan bengkuang. Tidak perlu bingung untuk dressing salad, intip saja resep inspirasi saladnya di sini. Untuk karbohidratnya, kamu bisa tambahkan potongan ubi rebus dalam salad. 

4. Tumis Bayam Tomat Jamur

4. Tumis Bayam Tomat Jamur

Menambahkan tumisan bayam adalah salah satu cara favorit untuk dijadikan hidangan pelengkap. Bayam dikenal mudah diolah, serta baik untuk kesehatan karena kaya akan zat besi. Saat menumis, bumbui bayam dengan bawang putih dan bawang bombay serta kaldu bubuk.

Ada rasa manis dan gurih. Untuk memperkaya cita rasa, bisa tambahkan Royco Kaldu Sapi yang kini hadir dengan Formula Baru dan dibuat dari daging yang direbus lama dan dilengkapi garam beriodium. Masakan di rumah menjadi lebih lezat dan kebutuhan iodium harian tubuh menjadi terpenuhi. Kemudian tambahkan juga bahan lainnya seperti tomat serta jamur tiram. Untuk deskripsi resep lengkapnya, bisa cek di sini. Jika masih terasa kurang, tambahkan ubi cilembu panggang sebagai pendampingnya.

Seru, ya? Ternyata banyak pilihan dalam melengkapi resep bistik daging. Langsung siapkan saja bahan-bahannya, yuk! Untuk inspirasi resep dari bahan-bahan bergizi lainnya, bisa dilihat di bagian 50 Pangan Masa Depan, ya!