Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Rendang kentang jamur disajikan bersama bahan-bahannya

Resep Rendang Kentang Jamur, Menu Baru yang Cocok untuk Buka Puasa

Resep Rendang Kentang Jamur

Mungkin banyak di antara kita yang sempat atau masih merasakan masa-masa “mengantor di rumah” alias WFH (work from home). Dari yang awalnya baru belajar memasak, bisa jadi banyak yang kini lebih percaya diri untuk berkreasi di dapur. Nah, bagi pencinta masakan tradisional, wajib untuk mencoba resep rendang kentang jamur yang satu ini!

Mengapa demikian? Karena resep rendang kentang jamur ini bisa jadi jalan pembuka untuk kamu untuk nantinya juga bisa berkreasi macam-macam menu khas Minang lainnya. Tak hanya sebagai makanan sehari-hari, hidangan yang satu ini juga sangat cocok disajikan saat Ramadan, baik untuk sahur maupun berbuka puasa, hingga Idul Fitri ataupun Idul Adha.

Rendang Kentang Jamur, Hidangan Kaya Rasa, Kaya Nutrisi

Rendang Kentang Jamur, Hidangan Kaya Rasa, Kaya Nutrisi

Satu hal yang menarik dari resep rendang ini adalah penggunaan bahan-bahan nabati seperti kentang, jamur, dan kacang merah sebagai bintang utamanya. Kandungan nutrisi dari ketiga bahan ini begitu kaya dan serunya lagi, mudah didapat di pasar tradisional, supermarket, ataupun layanan online. Jadi, tak ada alasan lagi nih untuk tidak masak yang enak-enak di rumah!

Bicara soal nutrisinya, kita mulai saja dari kentang. Karbohidrat yang satu ini punya kandungan vitamin C dan B6, serta mineral-mineral seperti potassium, magnesium, dan zat besi. Sementara itu, jamur tiram punya aneka mineral lainnya seperti fosfor, riboflavin, maupun niacin. Tak ketinggalan, kacang merah juga punya kandungan serat dan protein yang berlimpah.

Harga Terjangkau dan Mudah Dicoba Siapa Saja

Harga Terjangkau dan Mudah Dicoba Siapa Saja

Alasan lain untuk mencoba resep ini adalah karena harga bahan-bahannya yang begitu terjangkau. Jaman sekarang, kentang hadir dalam berbagai ukuran. Dari yang besar, kentang siomay, hingga baby potato atau kentang rendang.

Gunakan kentang ukuran kecil, atau yang biasa dipakai untuk rendang gaya rumahan. Maklum, agak jarang biasanya kita menemui sajian rendang di restoran yang menggunakan kentang ataupun kacang merah. Untuk jenis jamurnya, gunakan jamur tiram yang lebar. Jenis ini mudah untuk meresap dengan bumbu-bumbu rendang. Dengan kehadiran ketiga bahan ini, tak hanya lezat, hidangan pun punya tekstur yang lebih beragam.

Kalau sudah tidak sabar mencobanya, yuk, langsung saja berbelanja kebutuhan memasaknya! Jangan lupa untuk menyiapkan Royco Kaldu Ayam sebagai salah satu bumbunya. Royco Kaldu Ayam kini hadir dalam Formula Baru, menjadikannya sebagai kaldu terbaik. Dibuat dengan ayam yang direbus lama, serta rempah yang kaya dan garam beryodium.

Selamat memasak!

Rendang Kentang Jamur

Rendang Kentang Jamur

RENDANG KENTANG JAMUR

Bahan:

400 g kentang rendang
300 g jamur tiram, suwir-suwir
500 ml air kelapa
1½ sdm Royco Kaldu Ayam
500 ml santan kental
200 g kelapa parut, sangrai
100 g kacang merah, rebus hingga matang

Bumbu I, haluskan:

15 buah cabai merah keriting
4 buah cabai rawit merah
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm jahe
1 sdt ketumbar
1 sdt merica

Bumbu II

5 butir kapulaga
5 lembar daun jeruk
5 butir cengkih
3 buah pekak
2 cm kunyit
2 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun kunyit, iris halus
1 buah asam kandis

Cara membuat:

  1. Dalam wadah, campur kentang, jamur, air kelapa, dan Royco Kaldu Ayam. Aduk rata, diamkan selama 20 menit.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu I dan bumbu II hingga harum.
  3. Tuang santan, kelapa parut, kentang, dan jamur beserta air rendamannya, aduk rata.
  4. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga sedikit mengering. Tambahkan kacang merah, aduk hingga rata. Angkat, sajikan segera.