Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Semangkuk bakso sayur brokoli wortel tengah disajikan hangat-hangat

4 Menu Makanan Sehat Bernutrisi untuk Melengkapi Sajian Idul Adha

4 Menu Makanan Sehat Lengkapi Idul Adha

Saat Idul Adha, bisa jadi stok daging lebih melimpah dari biasanya di kulkas. Hanya saja, menu serba daging saat Hari Raya semestinya bisa diimbangi dengan menu makanan sehat agar gizinya lengkap. Inilah kesempatan untuk berkreasi dengan menggabungkan daging dan sayuran menjadi satu masakan yang tak kalah menggugah seleranya.

Meriahkan Idul Adha tahun ini dengan inspirasi hidangan daging sapi bergizi dan paduan menu makanan sehat yang mudah dibuat di rumah. Di antaranya bahkan hanya bermodalkan bahan-bahan harian yang biasa kita stok di rumah.

Langsung saja kita cek apa saja yang bisa kita kreasikan, yuk!

1. Resep Bakso Sayur

1. Resep Bakso Sayur

Membuat bakso sayur di rumah tidak pernah semudah ini. Berbekal food processor, kita bisa meracik bakso yang lezat kapan saja dan proses mencampur bahannya menjadi praktis. Bakso sayur kali ini menggabungkan potongan daging sapi dengan brokoli dan wortel.

Sementara itu, perkaya kuah kaldu yang kamu buat di rumah dengan kehadiran brokoli, wortel, dan bakso yang telah kamu buat sebelumnya. Tambahkan juga Royco Kaldu Sapi yang kini hadir dengan Formula Baru yang dibuat dari daging yang direbus lama dan dilengkapi garam beriodium. Masakan menjadi lebih lezat dan kebutuhan iodium harian tubuh menjadi terpenuhi. Satu bahan unik dan sangat sehat yang bisa kamu tambahkan adalah daun kelor. Sajikan selagi hangat untuk menemani hidangan Idul Adha yang sudah kamu siapkan.

2. Resep Tumis Pakcoy Daging Cincang

2. Resep Tumis Pakcoy Daging Cincang

Seporsi menu makanan sehat tumis pakcoy daging cincang disajikan di atas piring persegi panjang
Tumis pakcoy dikenal fleksibel sebagai menu makanan pendamping. (Foto: Royco)

Pakcoy sudah lama dikenal penggunaannya sebagai bahan makanan sehari-hari di Indonesia. Selain memberikan warna hijau yang menawan pada hidangan, pakcoy juga disukai karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis. Terlebih lagi, pakcoy kini diketahui sebagai sayuran yang sangat bergizi dan dapat membantu menjaga kesehatan mata, tulang, serta kulit.

Lengkapi hidangan sehari-hari atau saat Idul Adha nanti dengan sajian tumis pakcoy daging cincang. Cukup dengan menumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi, lanjutkan dengan memasaknya bersama daging cincang, cabai, serta Royco, gula, merica, dan kecap asin. Masakan pendamping yang satu ini selalu disukai di segala suasana!

3. Resep Tempura Sayur Asam Manis

3. Resep Tempura Sayur Asam Manis

Satu ide yang bisa melengkapi semua sajian istimewa saat Hari Raya adalah kehadiran gorengan. Namun, yang satu ini bukan gorengan biasa-biasa saja, lho. Coba dulu tempura sayur dengan saus asam manis yang spesial ini!

Ada paduan sehat antara kol, wortel, dan daun bawang dalam sebuah gorengan sayur ini. Goreng hingga keemasan dan nikmati renyah serta lezatnya dengan cocolan saus asam manis. Membuat sausnya juga mudah, lho. Cukup tumis bawang putih hingga harum. Masukkan potongan wortel dadu, aduk rata. Tambahkan air, cuka, saus tomat, dan Royco, kembali aduk rata. Didihkan dan masukkan larutan tepung maizena. Masak hingga mengental. Nikmati saat santai ataupun sebagai pelengkap makan besar.

4. Resep Tempe Goreng Kuning

4. Resep Tempe Goreng Kuning

Potongan tempe goreng kuning disajikan di atas piring hijau
Tempe goreng kuning gurih ini cocok untuk menemani aneka hidangan. (Foto: Royco)

Meskipun aneka hidangan saat Hari Raya cenderung bertemakan daging, kehadiran tempe tentu akan selalu menggoda untuk dicoba. Terlebih lagi untuk resep tempe goreng kuning yang satu ini - mudah dibuat dan tentunya bergizi. Cocok untuk menyeimbangkan asupan segala yang berlemak dan bersantan pada hari itu.

Masak bumbu halus terlebih dahulu berupa bawang putih, bawang merah, kunyit bubuk, dan ketumbar bubuk. Kemudian goreng bersama potongan tempe, daun salam, serai, parutan lengkuas, Royco, dan gula merah. Paduan ini menciptakan warna kuning yang khas sekaligus memberikan rasa yang sangat gurih.

Bagaimana dengan aneka menu makanan sehat pendamping menu Idul Adha tahun ini? Ternyata menciptakan menu makanan sehat dengan gizi seimbang untuk sehari-hari, termasuk saat Hari Raya, begitu mudah dan menyenangkan. Kreasi apa lagi yang biasa kamu buat di rumah? Selamat mencoba! Simak beragam resep-resep dengan gizi seimbang lainnya di Nutrimenu!