Apa Yang Kamu Cari?

Tips Sajian Sehat dengan Budget Terjangkau
Tips Sajian Sehat

dengan Budget Terjangkau

Mungkin banyak orang mengira pola makan diet sehat itu mahal. Padahal, sebenarnya pola makan sehat bisa membantu menghemat pengeluaran setiap bulan. Apalagi kalau dibandingkan membeli makan cepat saji setiap hari.

Bagaimana cara agar foodies bisa menjalani pola makan diet sehat tanpa membuat budget bulanan membengkak? Perhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Rencanakan menu makanan keluarga

Sebelum berbelanja, buatlah rencana menu yang akan disiapkan untuk beberapa hari ke depan. Membuat menu sebulan sebelum berbelanja bulanan juga tidak ada salahnya, lho. Setelah itu, sebelum berbelanja, buatlah daftar bahan makanan yang perlu dibeli sesuai menu yang telah disiapkan.

Langkah ini membantu menghindari pembelian bahan makanan yang tidak perlu. Bahan makanan pun tidak akan terbuang. Selain itu, bahan makanan yang dibeli memang yang akan diolah dalam beberapa hari ke depan sehingga kesegarannya akan lebih terjaga.

2. Beli buah dan sayuran yang sedang musim

Harga buah dan sayuran yang sedang musim biasanya lebih murah. Langkah ini jelas akan menghemat biaya belanja. Selain itu, buah dan sayuran yang sedang musim juga memiliki rasa lebih enak. Kandungan gizinya juga optimal dibandingkan buah dan sayuran yang tidak sedang musimnya.

3. Olah lebih banyak sayuran

Sayuran tentu lebih murah dibandingkan daging. Karena itu, menggunakan lebih banyak sayuran dalam menu hidangan tentu lebih hemat. Selain itu, kandungan nutrisi dalam makanan yang disajikan pun lebih banyak.

4. Berbelanja dengan cermat

Dahulukan penggunaan bahan-bahan segar dalam masakan. Penggunaan bahan dalam kemasan memang tidak dilarang. Namun, jangan lalai mengecek daftar nilai gizi serta kedarluwasa yang tertera dalam kemasan. Kandungan gula, sodium, serta bahan pengawet atau pewarna buatan yang terlalu tinggi tentu harus dihindari.

5. Fleksibel dengan menu yang telah disiapkan

Jangan ragu untuk sedikit mengubah menu yang telah disiapkan sesuai kondisi yang ada. Misalnya, kalau melihat harga kangkung sedang turun, tidak ada salahnya mengganti menu tumis bayam menjadi tumis Kangkung Asam Jawa yang tak kalah lezatnya.


Sajian yang tampak sederhana pun bisa jadi bagian dari menu sehat keluarga. Pola makan diet sehat pun bisa disiapkan tanpa mengeluarkan banyak biaya. Tak ada alasan lagi untuk tidak menyajikan sajian sehat untuk keluarga!