Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Beberapa potong tempe mentah yang dibuat dari kacang hijau

Inilah Berbagai Kehebatan Kandungan Gizi Tempe yang Dibuat dari Kacang Hijau

Kehebatan Kandungan Gizi Tempe dari Kacang Hijau

Sudah sejak lama kita menikmati tempe sebagai salah satu makanan pokok di Indonesia. Begitupun kita juga mengetahui bahwa tempe adalah salah satu makanan yang sangat bernutrisi. Namun, saat ditanya apakah sajakah kandungan gizi tempe itu sebenarnya, bisa jadi banyak dari kita belum mengetahuinya.

Nah, kita ingin mengajakmu untuk berkenalan lebih jauh tentang protein nabati hasil fermentasi yang luar biasa hebatnya ini. Kalau biasanya tempe dibuat dari kacang kedelai, maka bagaimana kandungan yang dimiliki kacang hijau? Yuk, kita coba telaah bersama!

Bahan Dasar Tempe dan Kacang Hijau

Bahan Dasar Tempe dan Kacang Hijau

Tempe memang tidak harus selalu berbahan dasar kacang kedelai. Begitu banyak jenis kacang-kacangan yang tumbuh subur di negeri ini dan beberapa di antaranya dapat dimanfaatkan untuk membuat tempe. Misalnya saja biji lamtoro atau petai cina, kacang koro, biji trembesi, serta tentunya, kacang hijau.

Kacang hijau mendapatkan perhatian khusus dari Royco sebagai bagian dari Future 50 Foods. Konsep ini memperkenalkan makanan alternatif yang memiliki nutrisi tinggi, paling sedikit dampak negatifnya untuk lingkungan, dan memiliki potensi sebagai bahan pangan yang berkelanjutan. Selain kacang hijau setidaknya terdapat tujuh bahan lainnya yang memiliki karakteristik sama di Indonesia. Contohnya seperti daun kelor, okra, bayam, pakcoy, ubi ungu, serta selada air.

Berbicara mengenai tempe yang dibuat dari kacang hijau, saat ini sudah banyak pengrajinnya dari daerah Yogyakarta serta Jawa Tengah. Dewasa ini, bahkan semakin banyak yang membuat tempe sendiri di rumah. Salah satu keunikannya dapat dirasakan dari tekstur tempe yang lebih khas karena ukuran dan bentuk dari kacang hijau. Tentunya ini berbeda dengan kacang kedelai yang sudah lama kita kenal. Namun dari segi nutrisi, kacang hijau jelas tak kalah hebatnya dari kacang kedelai. 

Beragam Manfaat dari Kacang Hijau

Beragam Manfaat dari Kacang Hijau

Satu wadah besar berisi kacang hijau
Kacang hijau semakin populer digunakan sebagai bahan dasar tempe. (Foto: Shutterstock)

Kacang hijau dikenal karena kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi – dari vitamin B1, B2, B3, B5, serta B6 serta zat besi, mangan, magnesium, fosfor, selenium dan lain-lain. Satu kandungan khas yang dimiliki kacang hijau adalah asam amino. Zat ini berperan besar untuk pembangunan blok protein dalam tubuh serta memproduksi energi dan memperbaiki mood.

Sebuah studi yang menyimpulkan 26 riset mengenai kacang hijau mendapati bahwa konsumsi rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Begitupun kandungan serat dan mineralnya dapat membantu meregulasi kadar gula darah serta tekanan darah. Tingginya tingkat protein dalam kacang hijau bermanfaat memberikan efek rasa kenyang lebih lama, sementara kandungan folat dalam kacang kedelai memiliki efek positif pada kesehatan ibu hamil.

Maka, kita tidak perlu ragu lagi dalam mengonsumsi tempe karena kekayaan manfaatnya untuk tubuh. Meskipun saat ini tempe dari kacang kedelai lebih mudah ditemukan di pasaran, jangan sampai terlewat kesempatan untuk mencoba versi kacang hijau bila menemukannya. Pengetahuan mengenai kekayaan nutrisi ini akan menjadi bekal bermanfaat untuk senantiasa berkreasi menggunakan tempe dalam kehidupan sehari-hari di dapur.

img

Satu porsi tempe asam pedas siap disantap
Tempe memang paling nikmat saat diolah sebagai makanan rumahan. (Foto: Royco)

Di antara beberapa resep tempe berikut ini bisa menjadi inspirasi memasak harianmu. Dari resep rumahan berupa tumis tempe, tempe asam pedas, hingga resep camilan seperti tempe fries ataupun nugget tempe menarik untuk dicoba.