Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Beberapa spatula masak yang terbuat dari kayu di dalam mug hijau di atas meja dapur

Yuk, Kenali Lebih dalam Fungsi Spatula dan Macam-Macam Jenisnya!

Kenali Fungsi Spatula dan Beragam Jenisnya

Dari sekian banyak peralatan masak, seberapa penting spatula ada di dapur? Sebelum menjawabnya, mungkin kamu masih bertanya-tanya tentang fungsi spatula dan jenisnya. “Spatula itu untuk membuat kue bukan?”, “Apa bedanya spatula dengan sutil?” atau “Mengapa spatula ada banyak jenisnya?”.

Spatula yang biasa disebut juga dengan nama lain seperti sutil, sodet, atau sudip adalah sendok masak yang membantu proses memasak di dapur jadi lebih mudah dan cepat. Spatula didesain dengan beragam bentuk yang disesuaikan dengan fungsinya. Pada umumnya, spatula terbuat dari tiga bahan utama, yaitu kayu, stainless steel, dan karet.

Nah, daripada bingung, kali ini kita akan mengupas tentang fungsi spatula berikut jenis-jenisnya. Ada 7 jenis spatula yang sebaiknya ada di dapurmu. Cek daftarnya berikut ini! 

1. Spatula wajan

1. Spatula wajan

Dua jenis spatula wajan yang terbuat dari kayu berwarna cokelat muda
Sutil wajan yang berbentuk pipih dan lebar untuk menumis di dapur. (Foto: Shutterstock)

Spatula wajan memiliki fungsi spatula untuk menumis menggunakan wajan. Spatula ini bisa dibuat dari bahan kayu, stainless steel, silikon, hingga nylon. Ada banyak jenisnya seperti spatula berlubang yang digunakan untuk menggoreng ikan, ayam, dan daging berukuran besar. Lubang pada spatula berfungsi agar minyak tiris semua sehingga tidak ikut serta ke piring saji. Bentuk spatula yang lebar dengan ujung yang tipis berfungsi memudahkan kita untuk membalik bahan masakan yang digoreng.

Spatula wajan berikutnya yang sering ada di dapur adalah spatula kipas yang berbentuk lebar pipih menyerupai kipas berfungsi untuk menumis sayuran atau masakan lain yang sedikit berair. Ujung spatula cenderung lebih tipis dan pipih dibandingkan spatula ikan, fungsinya untuk memudahkan mengangkat beragam potongan lauk di tumisan.

Nah, kamu bisa gunakan spatula ini di dapur untuk masak tumisan yang sedap dari koleksi resep Royco, yaitu tumis tahu hijau dan tumis sawi cerah ceria.

2. Spatula sayur

2. Spatula sayur

Satu sendok sayur terbuat dari logam dengan gagang hitam di atas meja transparan
Sendok sayur selalu jadi andalan untuk memasak masakan berkuah. (Foto: Shutterstock)

Memiliki gagang yang panjang dan dilapisi dengan bahan anti panas, sendok sayur memiliki ujung berbentuk bulat cembung. Fungsi spatula ini untuk memasak makanan berkuah seperti sup, soto, gulai, kari, atau bakso. Gagangnya yang panjang berfungsi untuk menjaga tangan terhindar dari panas panci saat memasak. Sedangkan ujungnya yang bulat berfungsi untuk mengambil lauk serta kuah.

Ingin coba memasak dengan jenis spatula ini? Kamu bisa mencoba resep-resep kami yang nikmat dan hangat seperti gulai ayam, sup oyong bakso ikan, ataupun sayur asem. Semakin maksimal rasa ketiga menu ini dengan menambahkan Royco Kaldu Ayam saat memasaknya. 

3. Sendok pasta

3. Sendok pasta

Spatula ini bisa dibilang mempunyai bentuk yang cukup unik. Bergagang panjang, jenis spatula yang juga dikenal dengan pasta ladle ini memiliki ujung bulat bergerigi dan berlubang. Seperti tangan hendak meraih sesuatu, spatula ini berfungsi untuk mengambil pasta dari air rebusan dan meniriskan airnya. Sehingga kamu bisa langsung mengambil pasta dalam jumlah banyak ke piring saji atau wajan tumis.

Dalam praktiknya, sendok pasta cocok untuk segala jenis pasta. Mulai dari spaghetti, fettuccine, ravioli, fusilli, maupun macaroni. Yuk, kita buktikan seberapa efisien memasak dengan spatula jenis ini. Kamu bisa coba dengan memasak resep seperti fettuccine brokoli saus jagung yang memakai Royco Sup Krim Jagung untuk rasa yang maksimal.

4. Spatula saring

4. Spatula saring

Spatula saring mempunyai gagang panjang dengan ujung bulat pipih berlubang. Fungsi spatula ini untuk menyaring air atau minyak saat mengangkat bahan masakan dari wajan. Jenis spatula ini sangat dianjurkan untuk memudahkanmu memasak dengan teknik deep fry. Ada beberapa ukuran, kamu bisa menyesuaikan sendok saring dengan kebutuhanmu. 

5. Spatula teppan

5. Spatula teppan

Jenis spatula ini bisa kamu jumpai di restoran Jepang yang menyediakan menu teppanyaki. Spatulanya mempunyai gagang pendek dengan ujung yang pipih lebar. Berfungsi untuk memotong sekaligus memasak, spatula teppan biasanya dibuat dari bahan logam atau stainless steel. Bahan material tersebut cukup tajam dan kuat untuk membelah serat dalam protein hewani dan sayuran.

6. Spatula karet

6. Spatula karet

Spatula jenis ini adalah andalannya para pencinta baking. Sesuai namanya, spatula ini terbuat dari karet atau silikon untuk gagang maupun penampangnya. Ada beberapa bentuk spatula karet yang dibedakan dari ukuran besar penampang spatula. Fungsi utama dari spatula ini adalah untuk mengaduk, meratakan, dan menuang adonan kue ke loyang.  

Kini, spatula karet yang tahan panas tidak hanya digunakan untuk membuat kue. Berdasarkan fungsi utamanya, mulai hadir tren untuk memakai spatula karet untuk menumis di wajan. Tren ini pun didukung dengan spatula karet yang memiliki penampang cembung panjang. Fungsinya yang serbaguna membuat spatula ini banyak dicari.

7. Spatula icing

7. Spatula icing

Spatula ini memiliki penampang yang ramping dan panjang. Fungsinya untuk meratakan krim di atas kue. Untuk urusan kue, ada satu jenis spatula yang mirip dari segi bentuk dengan spatula icing dengan fungsi yang sedikit berbeda. Sebut saja spatula offset yang berfungsi memindahkan kue atau cookies dari loyang, dan juga dapat dipakai untuk meratakan krim di atas kue.

Setelah mengetahui fungsi spatula dan macam-macam jenisnya, sudah lengkapkah koleksi spatula di dapurmu? Jika belum, saatnya kamu melengkapi agar proses memasak dan membuat kue semakin efisien. Namun, ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum membeli spatula.

Pastikan kamu memilih spatula berbahan anti-panas agar spatula tidak cepat rusak bahkan meleleh. Pilih juga spatula yang sesuai dengan alat masakmu, ya! Tentu kamu tidak mau kan wajanmu tergores atau cepat rusak.