Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Dua buah eggs Benedict tengah disajikan bersama roti

Inilah 5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi untuk Bantu Dietmu

Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Karbohidrat, protein, dan serat, adalah tiga elemen yang biasanya wajib terdapat dalam setiap hidangan. Tak hanya mengenyangkan, namun masing-masing memiliki peranan besar untuk menjaga kita tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Namun bagi mereka yang tengah diet, besar kemungkinannya kadar karbohidrat dalam asupan sehari-hari diturunkan. Sebagai gantinya, mereka mengincar beragam makanan yang mengandung protein tinggi. Ini dikarenakan protein membantu pembentukan organ tubuh, otot, kulit, dan juga hormon. Selain itu protein juga memperbaiki jaringan tubuh dan membantu pertumbuhan pada anak-anak.

Selain itu, protein juga memiliki peranan dalam menurunkan berat badan [1], serta membantu menurunkan tekanan darah, diabetes, dan banyak lainnya [2]. Maka tak heran kalau sekarang begitu banyak variasi resep yang memanfaatkan secara maksimal peranan proteinnya.

Ingin tahu apa saja makanan yang kaya protein dan juga resep-resep yang bisa kamu buat? Cek berikut ini, yuk

Telur Ayam

Telur Ayam

Telur ayam memang dikenal sebagai salah satu sumber protein, namun ternyata masih banyak yang menganggap jika kandungannya masih kurang atau bisa dibilang alakadarnya. Padahal tidak, karena faktanya, telur kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta nutrisi untuk otak. Untuk sebutir telur ayam berukuran besar, di dalamnya terkandung 6 gram protein dan 78 kalori.

Jika kamu biasa mengolah telur dengan sajian yang itu-itu saja, kali ini ada resep Eggs Benedict yang patut kamu coba. Seru untuk acara brunch di akhir pekan!

Dada Ayam

Dada Ayam

Mungkin tidak banyak yang memfavoritkan dada ayam dibandingkan bagian lainnya. Maklum, bagian sayap atau paha memang lebih gurih karena kandungan lemaknya. Tapi dari sisi kandungan protein, dada ayam adalah bagian yang terbaik. Tak kurang dari 53 gram protein dan hanya 284 kalori didapat dari dada ayam yang dipanggang.

Namun untuk resep yang satu ini kita akan mencoba hal yang berbeda. Ada resep steak ayam yang lezat, cocok untuk hadiah setelah berdiet sepekan penuh. Tentunya kehadiran kentang goreng dan saus jamur sesekali saja tidak ada salahnya, bukan?

Quinoa

Quinoa

Sepiring makanan sehat dengan bahan quinoa serta bulgur
Paduan sehat antara dua superfood – quinoa dan bulgur! (Foto: Royco)

Kalau ada bahan kekinian yang selalu dicari para pencinta makanan sehat, maka salah satunya adalah quinoa. Bahan yang satu ini adalah sejenis serealia yang kaya akan gizi dan digadang-gadang sebagai superfood. Dalam 185 gram quinoa matang terdapat 8 gram protein dan 222 kalori. Selain itu, quinoa juga kaya akan vitamin serta mineral.

Sebagai bagian dari program Future 50 Foods, quinoa adalah salah satu bahan makanan yang direkomendasikan. Selain menyehatkan, kita juga memastikan keberlangsungan ketahanan pangan di dunia dengan menikmati makanan alternatif. Yuk, coba resep quinoa dan bulgur yang lezat ini!

Brokoli

Brokoli

Sayuran hebat yang satu ini tak hanya kaya protein, namun juga beragam nutrisi lainnya. Setiap 96 gram brokoli terdapat 3 gram protein dan hanya 31 kalori saja. Ini menjadikannya salah satu yang terkaya dibandingkan sayuran lainnya. Sebagai tambahan, brokoli juga punya kandungan vitamin C, vitamin K, serat, dan potassium.

Satu resep untuk kamu coba yang menggunakan sayuran ini adalah cabai brokoli. Sebuah resep tumisan yang mudah dan cepat. Paduan cabai dan brokoli selalu nikmat, apalagi dengan sedikit tambahan Royco Kaldu Ayam serta kecap Inggris. 

Ikan Tuna

Ikan Tuna

Mangkuk berisi sajian ikan tuna dengan kuah kuning dan tambahan okra
Masakan kuah kuning khas Indonesia timur ini cocok dipadukan dengan ikan tuna dan okra! (Foto: Royco)

Umumnya, semua jenis ikan dipastikan kaya akan protein dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Namun ada kekhususan tersendiri kalau kita sudah bicara yang namanya ikan tuna. Jenis ikan ini kaya protein, rendah lemak dan juga kalori. Tak heran kalau ikan tuna memiliki harga cukup tinggi, khususnya di dunia kuliner Negeri Sakura.

Kandungan lemak omega-3 yang tinggi serta nutrisi lainnya menjadikan ikan tuna spesial. Sayangnya memang tak mudah mendapatkan ikan tuna segar berkualitas karena banyak diburu oleh bisnis kuliner. Maka biasanya ikan salmon atau jenis ikan umum lainnya jadi alternatif. Tapi sekiranya kamu berkesempatan memasak ikan tuna, makan wajib coba resep ikan tuna kuah kuning okra yang satu ini!

Ternyata banyak protein menarik dan resep seru yang bisa dicoba, bukan? Memulai hidup sehat bisa dicoba sejak hari ini dan Royco punya banyak resep untuk membantu gaya hidupmu yang baru. Selamat memasak!

Referensi:

  1. Heather J Leidy, Peter M Clifton, Arne Astrup, Thomas P Wycherley, Margriet S Westerterp-Plantenga, Natalie D Luscombe-Marsh, Stephen C Woods, Richard D Mattes. 2015. The role of protein in weight loss and maintenance. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25926512/ (diakses pada tanggal 11 Desember 2020).
  2. Robert R Wolfe, Amy M Cifelli, Georgia Kostas, Il-Young Kim. 2017. Optimizing Protein Intake in Adults: Interpretation and Application of the Recommended Dietary Allowance Compared with the Acceptable Macronutrient Distribution Range. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28298271/ (diakses pada tanggal 11 Desember 2020).