Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Butiran kacang almond di dalam sendok kayu dan papan kayu

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Asupan Sehari-hari yang Menyehatkan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Kacang Almond untuk Asupan Sehari-hari yang Menyehatkan Tubuh

Kenali Manfaat Kacang Almond yang Menyehatkan Tubuh

Kacang almond masuk ke dalam jajaran jenis kacang paling populer di dunia. Bukan hanya karena rasanya yang gurih, tapi karena manfaat kacang almond untuk kesehatan juga beragam. Selain kaya akan serat, kacang almond juga mengandung protein, asam lemak, serta aneka vitamin dan mineral1.

Kacang yang disebut-sebut berasal dari Timur Tengah ini juga tumbuh di banyak negara besar, seperti Amerika Serikat, Spanyol, dan Iran. Tak heran kalau kacang ini banyak penggemarnya. Apakah kamu salah satunya?

Penyajiannya pun bervariasi, ada yang dijadikan camilan, bahan masakan, hingga diolah menjadi susu. Beda olahan, beda pula rasa yang diberikan. Kacang almond bisa diracik jadi makanan manis, asin, maupun gurih, seperti rasa aslinya.

Nah, bagaimana dengan kandungan dan manfaat kacang almond jika dikonsumsi secara rutin? Yuk, kita simak ulasan berikut!

Kandungan kacang almond

Kandungan kacang almond

Jika kamu menginginkan sumber energi dan lemak sehat yang berasal dari nabati, kacang almond jadi salah satu jawabannya. Dalam 100 gram kacang almond terdapat 575 kcal kalori, 3,73 gram lemak jenuh, 21,22 gram protein, dan 12,2 gram serat. Selain itu, kacang almond juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin B6, vitamin A, dan vitamin E1.

foto susu dan kacang almond

Kacang almond dalam mangkuk cokelat dan susu almond di sampingnya
Salah satu olahan kacang almond yang populer yakni almond milk. (Foto: Shutterstock)

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

Manfaat kacang almond untuk kesehatan

Dengan sumber nutrisi yang padat, kacang almond memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Yuk, kita simak satu per satu!

1. Mengontrol gula darah

Dalam sebuah penelitian di India pada tahun 2018, kacang almond dapat membantu mengontrol menurunkan indeks glikemik pasien penderita diabetes tipe dua2. Ini dikarenakan kadar gula yang dikandungnya cukup rendah. Dengan begitu, diharapkan bisa mengurangi penggunaan obat-obatan pengontrol gula darah. Tak hanya ditujukan untuk penderita diabetes saja, karena kacang almond juga bisa dikonsumsi oleh siapapun yang ingin mengontrol gula darah sejak dini, sebagai camilan pengganti cookies atau brownies yang terbuat dari tepung-tepungan. Camilan yang terbuat dari tepung terigu mengandung karbohidrat simple justru bisa memicu naiknya gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Menurunkan kolesterol

Kandungan lemak baik pada kacang almond juga dapat memerangi kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini dapat membantu kita terhindar dari penyakit jantung dan stroke1. Salah satu cara praktisnya adalah dengan rutin meminum susu almond. Agar lebih hemat, kamu bisa membuat susu almond di rumah. Bahan-bahannya terhitung praktis. Kamu hanya membutuhkan kacang almond segar, air matang, dan kurma atau madu sebagai pemanis.

3. Melancarkan Pencernaan

Kamu suka ngemil kacang almond di rumah? Kebiasaan ini baik lho untuk sistem pencernaanmu, karena kacang almond kaya akan serat. Kandungan proteinnya juga berfungsi sebagai prebiotik yang menjadi makanan bagi bakteri baik dalam usus. Pertumbuhan bakteri baik inilah yang membantu pencernaan jadi lebih lancar1. Jika sistem pencernaan lancar, metabolisme dalam tubuh juga akan membaik. Makanan akan terserap dengan maksimal oleh tubuh. Kita juga bisa terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit.

foto kacang almond

Tumpukan roasted almond yang sudah diaduk dengan garam
Roasted almond yang sehat untuk dijadikan camilan. (Foto: Shutterstock)

4. Membantu menurunkan berat badan

Kacang almond juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama tapi rendah kalori, sehingga cocok untukmu yang ingin mengurangi berat badan1. Pilih olahan kacang almond yang tidak ditambah gula atau garam berlebih.

 

Misalnya pilih susu almond dengan pemanis alami seperti madu dan kurma. Kamu juga bisa membuat roasted almond dengan tambahan sea salt. Camilan sehat ini bisa jadi pengganti gorengan yang biasanya mengandung kolesterol jahat.

5. Melawan radikal bebas

Vitamin E yang terkandung dalam kacang almond memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu sel-sel dalam tubuh dalam melawan radikal bebas dan memperlancar proses oksidasi. Proses oksidasi yang lancar dapat mencegah penyakit kanker, peradangan, hingga katarak3.

Wah, tidak heran kalau kacang almond juga sering disebut sebagai superfood. Dengan segudang manfaatnya, ia menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak diminati di seluruh dunia. Harganya di Indonesia memang tidak murah, karena kebanyakan hasil import dari luar. Namun sepadan bukan dengan manfaatnya?

Demikian manfaat kacang almond untuk kesehatan yang perlu kita ketahui. Yuk, kita mulai hidup sehat dengan makanan bernutrisi! Intip juga ulasan mengenai manfaat air kelapa dan tomat ini, ya, untuk mendukung gaya hidup sehatmu.

Referensi:

  1. David, Richarson, Arne Astrup. 2019. The nutritional and health benefits of almonds: a healthy food choice. Food Science & Technology Bulletin Functional Food (baca disini). Diakses pada: 30 November 2020
  2. Fatima Tabasuma, Nazia, dkk. 2018. Health Benefits of Almond. Journal of Medicinal Plants Studies (https://www.plantsjournal.com/archives/2018/vol6issue2/PartD/6-2-36-353.pdf).
  3. Saliha Rizvi. 2014. The Role of Vitamin E in Human Health and Some Disease. Sultan Qaboos University medical journal (baca disini) . Diakses pada: 30 November 2020.