Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Berbagai peralatan dapur di atas meja mulai dari panci, wajan, hingga sendok garpu

6 Peralatan Dapur Wajib Punya untuk Kamu yang Baru Belajar Masak

Peralatan Dapur Wajib untuk yang Baru Belajar Masak

Mau belajar memasak, tapi bingung dengan apa yang harus dipersiapkan? Bagi kamu yang baru menikah, atau baru melengkapi peralatan dapur, wajar rasanya jika kebingungan. Dapur memang area yang kompleks. Ada banyak printilan yang biasanya tersimpan di sana.

Namun, tenang saja karena memasak bisa menjadi sesuatu yang sederhana. Jika masih belajar memasak, kita tidak perlu kok memiliki perlengkapan dapur super komplit. Kita bisa mulai dari masakan dengan resep simple yang tidak membutuhkan banyak peralatan dapur.

Misalnya saja kamu mau membuat nasi goreng. Secara garis besar, kamu hanya perlu empat peralatan saja, yakni wajan, sutil, pisau, dan talenan. Empat peralatan ini juga bisa kamu gunakan saat memasak tumisan sayur seperti cah kangkung atau tumis taoge.

Agar tidak bingung, kali ini kita rangkum tujuh peralatan dapur yang paling mendasar untuk pemula di dapur. Yuk, kita kupas satu persatu!

1. Pisau

1. Pisau

Poin pertama sudah tak lagi diragukan fungsinya. Kamu membutuhkan pisau untuk mengiris bahan masakan mulai dari bawang, sayuran, hingga daging-dagingan. Namun, ada berbagai jenis pisau di pasaran, mana yang cocok untuk pemula?

Sangat disarankan untuk memilih pisau berjenis chef’s knife. Bentuknya paling familiar, dan juga multifungsi. Jenis pisau ini bisa memotong berbagai jenis makanan. Biasanya panjangnya sekitar 15-30 cm. Bahannya juga bermacam-macam, mulai dari stainless steel sampai keramik. Kamu bisa pilih sesuai budget, ya.

2. Sutil

2. Sutil

Memasak tanpa sutil seperti berperang tanpa senjata. Sutil memiliki beberapa variasi, tapi yang paling wajib dimiliki adalah spatula atau sodet untuk mengaduk makanan di wajan dan sutil saringan bolong-bolong yang berfungsi untuk menyaring makanan dari minyak atau air.

Bahan yang digunakan juga berbeda-beda. Ada sutil yang terbuat dari stainless steel, kayu, nilon, plastik, dan silikon. Pilih sutil dengan bahan anti lengket yang ujungnya tidak terlalu tajam agar tidak menggores permukaan wajan. Biasanya sutil anti lengket banyak yang terbuat dari nilon atau kayu.

3. Wajan Anti Lengket

3. Wajan Anti Lengket

Seorang perempuan memasukkan potongan bawang dan tomat dari talenan ke dalam wajan
Ada banyak pilihan jenis wajan untuk memasak.(Foto: Shutterstock)

“Alat perang” berikutnya adalah wajan. Alat masak satu ini punya banyak sekali jenis dan ukuran. Pilih wajan dengan ukuran sedang yang bisa kamu pakai untuk menggoreng dan menumis. Harga wajan memang sangat variatif di pasaran. Namun, untuk kamu yang masih pemula di dapur, disarankan untuk memilih wajan anti lengket.

Wajan anti lengket juga memiliki jenis bahan yang variatif, mulai dari bahan keramik, cast iron, marble, dan stainless steel. Kamu bisa pilih sesuai budget. Pilih juga yang beratnya ringan agar mudah dibersihkan, ya!

4. Panci

4. Panci

Satu alat lagi yang tak boleh ketinggalan, yaitu panci karena sifatnya yang multifungsi. Ada berbagai jenis panci yang bisa kamu gunakan, mulai dari panci sayur yang memiliki dua “telinga” di kanan kirinya. Fungsinya bisa untuk memasak aneka jenis sayur, sop, atau mie rebus.

Ada pula panci dengan gagang panjang yang juga disebut sauce pot. Gagang panjang pada panci ini biasanya digunakan untuk menggoyang panci agar masakan terbaur sempurna. Selain itu, jenis panci yang tak kalah populernya adalah stock pot yang biasanya lebih tinggi dari panci sayur biasa. Panci jenis ini sering digunakan untuk merebus daging dan membuat kaldu.

5. Talenan

5. Talenan

Proses memotong bahan masakan takkan mudah tanpa talenan. Pastikan kamu memiliki minimal satu talenan dengan ukuran sedang di rumah. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari bahan kayu hingga plastik. Usahakan untuk memilih talenan berkualitas baik agar awet dipakai lama, ya.

Talenan dan sutil kayu di atas papan kayu putih
Talenan kayu jadi salah satu peralatan dapur yang penting dimiliki. (Foto: Shutterstock)

6. Ulekan

6. Ulekan

Bagi penyuka makanan Indonesia, tidak sah rasanya jika tidak punya ulekan. Fungsi utamanya adalah untuk menghaluskan bumbu. Namun sebenarnya jika tidak mau repot mengulek, kamu bisa menggantinya dengan blender. Fungsinya tak jauh berbeda, tapi rasa yang dihasilkan bisa jadi tak sama.

Ulekan cocok digunakan untuk membuat sambal bertekstur kasar. Jika sambal dilumatkan menggunakan blender, biasanya teksturnya jadi sangat halus. Jadi, silahkan gunakan sesuai kebutuhan.

Dengan enam peralatan dapur yang basic di atas, kamu sudah bisa menghasilkan banyak makanan. Yuk, intip resep sederhana yang bisa dimasak menggunakan peralatan di atas. Simak resep ayam goreng kelapa dan resep bakwan sayur ini.