Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
manfaat daun kelor

3 Ragam Olahan dan Manfaat Daun Kelor Sebagai Superfood

Ingin menikmati kekayaan manfaat daun kelor namun bingung dengan cara mengolahnya? Simak beragam olahannya berikut ini dan ketahui manfaatnya sebagai superfood!

Apa yang terbersit di benakmu ketika mendengar tentang daun kelor? Tanaman hijau yang tumbuh subur di iklim tropis seperti Indonesia ini ternyata dikategorikan sebagai superfood.

Berdasarkan fakta nutrisi di United States Department of Agriculture Food Data, dalam 100 gram daun kelor segar mengandung 2 gram protein, 19% vitamin B, 12% vitamin C, 11% zat besi dan vitamin B12. Tingginya nilai nutrisi ini membuat daun kelor menjadi salah satu makanan yang direkomendasi untuk dikonsumsi rutin. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar anak-anak dan bayi mengonsumsi daun kelor agar terhindar dari gizi buruk.

Namun, minimnya pengetahuan tentang daun kelor di masyarakat membuat tanaman ini jarang dikonsumsi. Kali ini, kita ulas olahan beserta manfaat daun kelor sehingga bisa mengonsumsinya secara rutin untuk menu rumahan atau bekal.

Ragam olahan dan manfaat daun kelor sebagai superfood

Pohon kelor (miracle tree) bisa tumbuh tinggi dengan batang yang kecil dan berdaun rimbun. Tak ayal, tanaman ini sering dianggap sebagai tumbuhan liar di kebun atau ladang. Padahal, daun kelor telah menjadi makanan sehari-hari di negara asalnya yaitu India, Pakistan, dan Bangladesh. Bahkan daun kelor telah menembus pasar dunia seperti Mesir, Yunani, ataupun Australia.

Adapun daun kelor di beberapa kota di Indonesia diolah menjadi sayur bening semata. Setelah dipetiki, dicuci bersih, daun kelor kemudian dimasak dalam kuah kaldu. Bumbunya mengandalkan bawang merah, bawang putih, kencur, dan daun salam. Sayur bening daun kelor juga kerap diberi tambahan seperti jagung atau tahu putih. Menu ini pun sering menjadi lauk pendamping di meja makan untuk sepiring nasi hangat.

Lalu bagaimana jika kamu belum mengetahui berbagai olahan daun kelor namun ingin menikmati manfaatnya secara maksimal? Tenang, ada menu lain yang bisa kita ciptakan dari daun kelor dari bahan-bahan yang ada di dapur.

Berikut adalah beberapa olahan dan manfaat daun kelor untuk diketahui:

1. Membuat Sup Ayam Daun Kelor

Bukan sebatas sayur bening, ternyata daun kelor bisa diolah bersama protein hewani seperti ayam menjadi sup ayam daun kelor . Alih-alih menggunakan bayam sebagai campuran sup, kita daun kelor mengandung zat besi 25x lebih banyak. Zat besi mampu mencegah kita dari anemia, yaitu berkurangnya hemoglobin dalam darah.

Untuk prosesnya, menu ini cukup praktis dan tidak membutuhkan waktu lama. Pertama, siapkan bahan-bahannya yaitu fillet dada ayam yang dipotong kecil sesuai selera, daun kelor yang telah dipetiki, wortel yang telah dikupas dan dipotong kecil, kentang yang telah dikupas dan dipotong dadu, irisan daun kol, buncis yang diiris serong, irisan daun bawang serta seledri, dan air. Sedangkan bumbunya, iris bawang merah dan bawang putih, pala bubuk, Royco Kaldu Ayam , dan minyak untuk menumis.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Angkat dan sisihkan.
  • Dalam panci, didihkan air. Masukkan tumisan bawang, masak hingga mendidih.
  • Masukkan potongan ayam, kentang dan wortel. Masak dengan api kecil hingga ayam berubah warna.
  • Masukkan kol, buncis, daun kelor, daun bawang, seledri, Royco, dan pala bubuk. Aduk rata, masak hingga matang.
  • Angkat dan sajikan.

Untuk olahan ini, masukkan daun kelor di akhir proses memasak. Pasalnya, daun kelor mudah lembut terutama ketika dimasak dalam air yang banyak. Kamu bisa tambahkan bawang merah goreng saat menyajikannya untuk menambah cita rasa.

2. Membuat Tumisan Daun Kelor

Olahan lain yang bisa dicoba adalah tumis daun kelor bumbu kari. Tambahkan protein nabati seperti tahu untuk membuatnya menjadi menu lengkap. Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari perpaduan daun kelor dan tahu. Keduanya kaya akan kalsium yang mampu memelihara kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan efek laktagogum dari daun kelor bisa meningkatkan dan melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Segera kita olah yuk! Selain daun kelor, kita siapkan bahan lainnya seperti tahu kuning, bawang bombay, bawang putih, cabai merah keriting, bubuk kari, Royco Kaldu Ayam, garam, dan air. Untuk peralatan memasak, kita cukup membutuhkan wajan dan spatula.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum.
  • Masukkan tahu, masak di orak arik..
  • Tambahkan cabai, bubuk kari, Royco, dan garam. Aduk rata.
  • Masukkan daun kelor dan air, aduk rata. Masak hingga matang.
  • Angkat dan sajikan.

Agar hasilnya maksimal, bilas tahu dengan air matang sebelum memasaknya. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tahu. Untuk daun kelornya, masukkan di akhir proses bersama air perlahan-lahan.

3. Membuat Bakwan Kelor Salsa

Siapa bilang daun kelor hanya bisa diolah sebagai menu utama? Camilan tentunya bisa menunda lapar sebelum datangnya jam makan. Kita bisa membuat camilan sehat dari daun kelor berupa bakwan kelor salsa yang garing dan gurih. Selain nikmat, tambahkan wortel dalam menu ini yang bisa meningkatkan kandungan vitamin A dari daun kelor. Sebagaimana diketahui, daun kelor mengandung vitamin A 4x dari wortel. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh..

Selain daun kelor, kita membutuhan bahan lainnya seperti irisan kol, wortel dan buncis yang dipotong korek api, irisan halus daun bawang, bawang putih yang dihaluskan, telur ayam, Royco Kaldu Ayam, air, terigu, dan minyak untuk menggoreng.

Sedangkan saus salsa sebagai pendampingnya, kita membutuhkan tomat yang dibuang bijinya dan dipotong dadu kecil, saus tomat botolan, Royco Kaldu Ayam, daun ketumbar yang dicincang halus, dan air perasan jeruk nipis.

Berikut adalah cara membuatnya:

  • Dalam mangkuk, campur terigu, Royco, dan air. Aduk rata.
  • Tambahkan telur dan bawang putih, aduk rata.
  • Masukkan kol, wortel, daun kelor, dan daun bawang. Aduk rata hingga menjadi adonan bakwan.
  • Panaskan minyak di wajan. Ambil 1 sendok makan adonan, masukkan ke wajan. Goreng hingga matang dan berwarna kuning keemasan.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Saus Salsa: dalam mangkuk, masukkan tomat, saus tomat, Royco Kaldu Ayam, daun ketumbar, dan perasan jeruk nipis. Aduk rata.
  • Sajikan bakwan kelor bersama saus salsa.

Untuk mendapatkan bakwan yang renyah, selalu gunakan minyak baru untuk menggorengnya. Pastikan minyak telah panas saat menggoreng, dan goreng dengan api sedang agar matang merata. Sedangkan untuk saus salsa, kamu bisa tambahkan saus sambal botolan untuk menghadirkan rasa pedas.

Demikian menu olahan dan manfaat daun kelor yang bisa dicoba di rumah. Bukan hanya sebagai lauk pendamping, kini daun kelor bisa diolah menjadi menu utama dan camilan lezat sekaligus sehat untuk keluarga di rumah. Selamat mencoba!