Apa Yang Kamu Cari?

4 Cemilan Khas Indonesia yang Mesti Dicoba
4 Cemilan

Khas Indonesia yang Mesti Dicoba

Dengan kekayaan budaya dan tradisi di Indonesia, tak heran Indonesia memiliki berbagai hidangan khas

Tiap daerah di Indonesia memiliki sajian khas unik karena pengaruh budaya dan tradisi di daerah tersebut.Bukan cuma hidangan utama, Indonesia juga memiliki banyak sajian camilan yang lezat dan mesti kamu coba.

Saat merayakan hari kemerdekaan, tak ada salahnya menikmati camilan khas Agustusan berikut.

1. Getuk

Camilan ini berasal dari Jawa Tengah, tapi juga mudah ditemukan di daerah Jawa Timur. Tiap daerah bahkan memiliki jenis getuk yang berbeda. Misalnya, getuk Magelang tidak sama dengan getuk Bandungan atau Sokaraja. Karena itu, jangan heran kalau kamu menemukan berbagai getuk di Indonesia. Getuk bisa dibuat dari singkong, ubi, talas, atau pisang. Ada getuk yang bertekstur kasar, ada pula getuk lindri yang bertekstur lembut. Getuk juga ada yang digoreng atau disajikan dengan taburan kelapa parut. Walaupun bervariasi, tiap macam getuk tentu saja legit dan lezat.

2. Tape Uli

Uli adalah beras ketan putih dicampur kelapa, lalu dikukus dan dibungkus dengan daun pisang. Sajian ini lalu dinikmati bersama tape beras ketan hitam. Camilan khas Betawi ini terasa legit dengan aroma dan cita rasa khas dari hasil fermentasi ketan hitam.

3. Lupis

Camilan dari tepung beras ketan ini identik dengan bentuk segitiganya. Dihidangkan dengan taburan kelapa parut dan lelehan gula merah, lupis jadi camilan legit yang disuka banyak orang. Dikarenakan kepopulerannya, tidak ada yang tahu pasti asal camilan ini. Pastinya camilan ini banyak ditemukan di daerah Jawa.

4. Peuyeum

Sekilas, peuyeum tidak terlihat berbeda dengan tape singkong. Sebenarnya kedua jenis hidangan ini memiliki perbedaan. Misalnya, singkong yang digunakan untuk membuat peuyeum biasanya dibiarkan utuh. Selain itu, peuyeum biasanya lebih keras, tidak berair, dan lebih tahan lama dibandingkan tape singkong. Cita rasa peuyeum juga tidak semanis tape singkong. Peuyeum yang berasal dari Bandung bisa dinikmati langsung atau diolah menjadi camilan lain. Salah satu olahannya adalah colenak, yaitu peuyeum yang dibakar dan disajikan dengan gula merah cair dan parutan kelapa.


Empat camilan di atas hanyalah beberapa di antara sekian banyak camilan khas Agustusan yang bisa dinikmati sebagai penghargaan terhadap budaya Indonesia. Bukan berarti foodies hanya bisa menikmati camilan khas Agustusan saat bulan Agustus saja, lho. Camilan mana yang paling disuka keluarga kamu?