Apa Yang Kamu Cari?

Mengenal Colenak, Cemilan Lezat dari Jawa Barat
Mengenal Colenak

Cemilan Lezat dari Jawa Barat

Kalau bicara tentang camilan manis khas Jawa Barat, colenak pasti jadi salah satu panganan yang dibahas. Jajanan khas Bandung ini merupakan salah satu olahan peuyeum singkong yang populer.

Peuyeum singkong dipanggang, lalu diberi lelehan gula jawa dan taburan kelapa parut. Tak cuma nikmat sebagai camilan dan teman minum kopi, camilan manis khas Jawa Barat ini juga pas untuk sarapan atau buka puasa saat Ramadan.

Saking populernya, colenak bahkan jadi bagian dari salah satu event bersejarah Indonesia. Camilan ini jadi salah satu sajian yang dihidangkan dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) Bandung 1955.

Colenak sudah menjadi camilan manis khas Jawa Barat sejak 1930. Murdi, penjual jajanan di daerah Cicadas, Bandung adalah yang saat itu pertama menjual colenak. Sampai saat ini, colenak Murdi Putra masih jadi salah satu jajanan yang tak boleh terlewat di Bandung

Bila rindu kelezatan colenak, foodies bisa membuat sendiri di rumah. Berikut beberapa tips yang bisa foodies coba untuk membuat colenak semakin nikmat:

1. Hindari memanggang tape singkong terlalu matang agar tidak gosong. Colenak gosong akan terasa pahit dan tentunya merusak cita rasa.

2. Idealnya, tape singkong dibakar menggunakan arang dari tempurung kelapa. Ini membuat tape yang dibakar lebih wangi dan menggugah selera.

3. Saus gula merah sebaiknya dibuat agak kental sehingga bisa melumuri colenak lebih baik. Saus gula merah yang kental juga menambah tekstur pada colenak.

4. Agar saus gula merah lebih kaya rasa, tambahkan sedikit perasan lemon dan madu.

Bila suka, foodies juga bisa mengkreasikan colenak dengan berbagai cita rasa lain. Colenak rasa durian dan nangka kini tak kalah populer dengan rasa original. Siapa tahu foodies bisa memadukan colenak dengan cita rasa lain agar semakin cocok dengan lidah banyak orang?


Indonesia memiliki banyak jajanan lezat yang tak kalah dengan sajian internasional. Masih banyak camilan manis khas Jawa Barat lainnya dan dari wilayah lain yang patut dicoba. Menghargai kelezatan hidangan-hidangan tradisional ini merupakan cara kita melestarikan berbagai sajian khas Indonesia.