Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Gula aren dan gula jawa dalam batok kelapa dengan bubuk gula jawa di sendok kayu serta daun pandan

Mirip-Mirip tapi Beda, Ketahui Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa

Ini Perbedaan Gula Aren dan Gula Jawa

“Gula jawa atau gula aren, ya, buat masak?” atau “Pakai gula jawa atau gula aren, ya, kalau mau buat minuman?”. Dua contoh pertanyaan yang sering muncul di dapur tentang perbedaan gula aren dan gula jawa. Bentuknya serupa, warnanya mirip, rasanya tidak berbeda jauh, lalu apa yang membedakannya? Nah, untuk kamu yang sering menghabiskan waktu di dapur untuk memasak, inilah saat yang tepat untuk mengetahui perbedaannya.

Kali ini, kami akan menceritakan tentang perbedaan gula aren dan gula jawa. Tentu dengan sedikit tips peruntukkan kedua jenis gula serta cara mengolahnya. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Ketahui perbedaan gula aren dan gula jawa

Ketahui perbedaan gula aren dan gula jawa

1. Gula aren

foto gula aren

Gula aren berbentuk silinder dipotong-potong ditaruh di atas talenan kayu
Gula aren cenderung berwarna lebih terang dan bertekstur lebih lunak. (Foto: Shutterstock)

Gula aren, sesuai namanya, adalah pemanis yang diproduksi dari nira pohon aren. Nira adalah cairan yang didapatkan dengan cara menyadap batang dan bunga pohon palem-paleman, termasuk di antaranya pohon aren. Cairan nira ini kemudian dimasak selama berjam-jam dan dicetak hingga mengeras minimal 1 jam. Cetakan gula aren bisa berupa bambu atau batok kelapa.

Warna gula aren cenderung lebih cerah. Kamu bisa dengan lebih mudah menyisir gula aren karena bertekstur lebih lunak. Ciri khas lain dari gula jenis ini adalah rasa karamel yang ringan. Kamu bisa buktikan dengan mencairkannya, maka bentuk cair gula aren menyerupai madu.

Dari segi rasa, gula aren punya karakter yang lebih ringan dengan karamel yang tidak terlalu pekat. Hal ini juga dikarenakan gula aren memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan pemanis lainnya yaitu 35, sementara madu di 55 dan gula pasir di 68 [1]. Inilah mengapa gula aren dipakai untuk membuat beragam kudapan seperti es cendol, es dawet, klepon, hingga lupis.

2. Gula jawa

foto gula jawa

Beberapa gula jawa batok di atas talenan kayu dengan besek rotan
Gula jawa juga dikenal dengan sebutan gula Jawa. (Foto: Shutterstock)

Sementara itu gula jawa merupakan hasil produksi nira dari pohon kelapa yang dimasak minimal 3,5 jam hingga mengental dan berwarna cokelat kemerahan. Inilah mengapa disebut gula jawa dan tentu dari segi warna, gula jenis ini berwarna lebih pekat. Sama seperti gula aren, dalam proses pembuatannya, gula jawa juga dicetak di batok kelapa dan didiamkan hingga mengeras.

Dari segi aroma dan rasa, gula jawa bercita rasa manis dan sedikit pahit. Teksturnya lebih kokoh, sehingga kamu terkadang membutuhkan alat bantu untuk menghancurkan dan menghaluskannya. Seperti gula aren, gula jawa juga mudah didapatkan di pasar tradisional maupun supermarket.

Kegunaan gula aren dan gula jawa di dapur

Kegunaan gula aren dan gula jawa di dapur

Perbedaan paling utama dari kedua jenis gula ini adalah bahan utamanya. Ini yang memengaruhi warna, rasa, dan hasil sebuah kudapan yang dibuat dengan bahan-bahan tersebut. Pastinya kamu ingin masakan dan minumanmu jadi dengan hasil yang sempurna bukan?

Kamu bisa gunakan sisiran gula aren untuk isian berbagai kudapan tradisional khas Indonesia seperti klepon, kue cucur, bolu kukus, es cendol, es dawet, dan lainnya. Bahkan, gula aren menjadi bahan utama untuk es kopi susu kekinian. Aroma khas gula aren memberikan cita rasa yang kuat namun tidak pahit. Sedangkan gula jawa lazim menjadi bumbu dalam beragam masakan seperti ayam panggang, gudeg khas Yogyakarta, hingga saus pelengkap seperti sambal rujak buah.

Setelah mengetahui perbedaan gula aren dan gula jawa, kini kamu bisa berkreasi dengan lebih bebas di dapur menggunakan kedua bahan tersebut. Andalkan gula jawa di menu harian untuk keluarga, dan gula aren untuk sajian pencuci mulut di akhir pekan. Agar kedua gula tahan lebih lama di dapur, kamu bisa beli gula yang masih berbentuk bongkahan utuh. Untuk pengolahannya, kamu bisa menyisir atau mencairkan gula sesaat sebelum memasaknya.

Untuk memasak akhir pekan ini, ada beberapa masakan rekomendasi yang bisa menggunakan gula jawa. Misalnya saja ayam panggang atau sambal krecek kacang tolo yang mudah untuk dicoba di rumah! Satu resep lain yang tidak kalah nikmat adalah sate jamur bumbu rujak yang mengandalkan gula jawa dan Royco Ayam Bumbu Rujak.

Referensi:

[1] Sirah Dubois. How Does Palm Sugar Affect Blood Glucose? https://www.livestrong.com/article/557464-how-does-palm-sugar-affect-blood-glucose/ (diakses pada 9 Desember 2020)