Apa Yang Kamu Cari?

4 Pelengkap yang Membuat Sroto Sokaraja Makin Mantap
4 Pelengkap

yang Membuat Sroto Sokaraja Makin Mantap

Soto merupakan salah satu sajian khas Indonesia yang ragamnya bisa ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia.

Variasi resep aneka soto di Indonesia memang sangat banyak. Budaya dari tiap wilayah di Indonesia memberikan keunikan yang khas pada tiap jenis soto. Salah satunya adalah Sroto Sokaraja dari Banyumas, Jawa Tengah.

Dari penampilannya, Sroto Sokaraja tampak tidak jauh berbeda dengan jenis soto lainnya. Isian berupa daging sapi atau daging ayam berpadu dengan kuah bening hangat, tersaji dalam semangkuk Sroto Sokaraja yang lezat. 

Sroto Sokaraja berbeda dengan soto lainnya karena bahan-bahan tambahan yang selalu tersaji bersama Sroto Sokaraja, yaitu:

1. Kerupuk Sagu Merah Muda

Saat menikmati Sroto Sokaraja, kerupuk sagu merah muda selalu jadi pendamping. Uniknya, kerupuk tidak dimakan secara terpisah, tapi dihancurkan dan dimasukkan dalam kuah soto. Hal ini memperkaya rasa soto, membuat kuahnya terasa lebih gurih, serta menambah tekstur pada soto.

2. Tempe Mendoan

Tempe mendoan merupakan salah satu sajian khas Banyumas. Tak heran tempe mendoan hampir selalu dinikmati bersama Sroto Sokaraja. Tempe berbalut adonan tepung ini digoreng kurang dari 1 menit dalam minyak panas melimpah. Hasilnya adalah tempe nikmat yang empuk. Agar makin nikmat, sajikan tempe mendoan dengan sambal kecap dan rawit.

3. Sambal kacang

Kaldu Sroto Sokaraja terasa lebih gurih dengan tambahan sambal kacang. Namun, ini bukan sambal kacang bumbu pecel atau hidangan lain. Sambal kacang Sroto Sokaraja tidak menggunakan kencur. Idealnya, Sroto Sokaraja harus dinikmati bersama sambal kacang agar rasanya lebih mantap.

4. Ketupat

Pendamping Sroto Sokaraja bukan nasi, melainkan ketupat. Tentu saja, bila mau, foodies bisa menikmati Sroto Sokaraja dengan nasi. Namun, hal inilah yang menjadi salah satu keunikan Sroto Sokaraja.

Selain empat bahan di atas, isian Sroto Sokaraja juga terdiri atas kecambah, suun, serta potongan daun seledri. Bila suka, potongan jeroan seperti hati dan ampela ayam juga bisa digunakan dalam sroto.


Ada banyak resep aneka soto yang bisa foodies coba buat dan nikmati sendiri di rumah. Tentu saja, keunikan yang membuat soto istimewa harus hadir saat mencoba membuat soto di rumah. Membuat Sroto Sokaraja di rumah tentu harus lengkap dengan sambal kacang, ketupat, tempe mendoan, serta kerupuk sagu merah muda. Cita rasa soto menjadi lebih istimewa dan lebih serupa dengan soto yang disajikan di daerah asalnya. Resep aneka soto apa yang paling sering foodies buat di rumah?