Apa Yang Kamu Cari?

4 Kunci Soto Betawi Nikmat
4 Kunci

Soto Betawi Nikmat

 

Sajian soto yang bisa ditemukan di berbagai daerah punya banyak variasi. Sebut saja Soto Banjar dari Kalimantan Selatan atau Soto Tauto dari Pekalongan.

Salah satu jenis soto yang populer di Indonesia adalah soto Betawi. Sajian ini menggunakan olahan daging sapi istimewa karena cita rasanya tidak hanya dari potongan daging, tapi juga dari kuah yang gurih. 

Bagaimana caranya membuat kuah Soto Betawi yang nikmat? Simak beberapa tips berikut untuk membuat kuah soto dari olahan daging sapi lezat untuk keluarga:

1. Gunakan santan dari kelapa segar yang tua

Gurihnya kuah soto Betawi dipengaruhi santan yang digunakan. Agar lebih gurih, gunakan santan dari kelapa segar yang tua. Jangan lupa bersihkan kulit luar kelapa sebelum diparut sehingga kamu mendapatkan santan lebih bersih dan kuah soto lebih jernih. Kalau ingin mengurangi kadar lemak pada soto, separuh santan bisa digantikan susu rendah kalori.

2. Olah air rebusan daging sapi menjadi kuah soto

Daging sapi yang digunakan tentu perlu direbus dulu hingga empuk. Air rebusan olahan daging sapi ini bisa kamu gunakan lebih lanjut menjadi kuah soto gurih. Namunm, jangan gunakan air rebusan jeroan menjadi kuah soto, ya. Jeroan sebaiknya direbus terpisah dari daging sapi.

3. Tambahkan bumbu pada kuah soto

Kuah soto Betawi tentunya tidak hanya mengandalkan santan dan air rebusan olahan daging sapi. Bumbu dan rempah seperti kapulaga, kayu manis, jintan, serai, daun jeruk, bawang merah, bawang putih, garam, gula, merica, serta ketumbar tentu tak boleh terlupa. Bawang putih, bawang merah, dan lada bisa ditumis terlebih dulu dengan minyak sebelum dicampur bumbu lainnya. Langkah ini untuk memastikan kuah soto terasa lebih gurih dan nikmat.

4. Buat kuah soto dari rebusan tulang sumsum sapi

Kalau menginginkan kuah soto Betawi yang lebih kental dan gurih, kamu bisa membuat kuah soto dari rebusan tulang sumsum sapi. Cita rasa yang didapatkan tentu berbeda dari kuah soto yang dibuat dari rebusan olahan daging sapi saja


Ada banyak olahan daging sapi yang bisa disiapkan untuk keluarga. Namun, soto Betawi yang hangat dan gurih tentu sulit ditolak, terutama saat cuaca hujan. Coba resep Soto Daging Betawi ini juga, ya. Selamat mencoba!