Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Seporsi tumis pakcoy ayam cincang disajikan dalam piring putih persegi panjang

4 Manfaat Mengonsumsi Makanan Bergizi di Bulan Ramadan

4 Manfaat Mengonsumsi Makanan Bergizi Saat Ramadan

Ramadan bulan penuh berkah, maka selayaknya pula kita melakukan yang terbaik di bulan yang suci ini, tak terkecuali pilihan makanan bergizi, di mana mungkin masih banyak di antara kita yang luput memperhatikannya.

Misalnya saja saat berbuka puasa. Sudah menjadi sebuah kebiasaan kalau orang Indonesia hobi dengan yang namanya gorengan. Terkadang karena terlalu banyak mengonsumsinya, bisa jadi kamu lupa jika tubuh juga memerlukan gizi seimbang. Selain gorengan, mengonsumsi terlalu banyak makanan manis ataupun makan dengan porsi berlebihan juga sebaiknya dihindari.

Aktivitas di bulan Ramadan bisa dibilang sama dengan hari biasanya, bahkan terkadang lebih menyibukkan. Jika kamu biasanya bisa menyeimbangkan gizi dengan makan tiga kali sehari, di bulan Ramadan hanya dibatasi saat sahur dan berbuka puasa saja. Maka dari itu, kita perlu memahami pentingnya manfaat mengonsumsi makanan bergizi. Harapannya tentu agar kebiasaan baik ini dapat diterapkan untuk seterusnya.

Nah, langsung saja kita mulai simak apa saja manfaat pentingnya mengonsumsi makanan bergizi berikut ini!  

1. Membantu Kesehatan Pencernaan

1. Membantu Kesehatan Pencernaan

Perubahan frekuensi makan saat berpuasa di bulan Ramadan ternyata dapat berakibat positif bagi kesehatan pencernaan. Terlebih bila didukung dengan asupan makanan bergizi saat sahur serta berbuka puasa. Kalau biasanya kita hobi ngemil dan makan lebih dari tiga kali sehari, maka Ramadan dapat membantu kita meregulasi gaya hidup tersebut.

Hal ini dapat berpotensi menjadikan asupan serat bagi tubuh menjadi rendah dan justru lebih tinggi asupan gula serta lemak. Ini berakibat terjadinya peradangan di sekitar wilayah pencernaan tubuh yang jangka panjangnya dapat menimbulkan macam-macam penyakit. Serat dapat ditemukan mudah di beragam jenis kacang-kacangan, serealia, buah, dan sayuran. Sementara itu probiotik bisa didapat dari bahan makanan fermentasi seperti yoghurt, kimchi, serta miso.

2. Menghindari Kelebihan Berat Badan

2. Menghindari Kelebihan Berat Badan

Asupan makanan bergizi menjadi kunci agar tubuh tidak mudah lapar saat berpuasa di bulan Ramadan. Dengan demikian, makan saat sahur menjadi penting agar kebutuhan tubuh kita terpenuhi selama beraktivitas di siang hari. Mengonsumsi serealia atau jenis karbohidrat kompleks lainnya adalah salah satu caranya. Lengkapi juga sayuran hijau, sehingga tubuh mendapatkan serat dalam jumlah cukup yang akan dicerna dalam waktu lebih panjang.

Berkreasi hidangan lezat dan bernutrisi ternyata tidak sulit karena begitu banyak kombinasi yang bisa kita buat. Perimbangan porsi makan yang tepat di antara makanan pokok, bersama lauk, buah dan sayuran dalam setiap waktu makan ternyata penting untuk asupan nutrisi tubuh. Contoh mudahnya adalah resep omelet sayuran dan oseng tempe kacang panjang. Agar semakin menggugah selera, makanan bergizi semakin lezat dengan tambahan Royco Kaldu Ayam Formula Baru, kaldu terbaik yang dibuat dengan ayam yang direbus lebih lama, rempah yang kaya, dan garam beryodium.

Maka, dengan menciptakan pola dan asupan sehat akan menyebabkan kelebihan lemak dalam tubuh dikonversi menjadi energi dan bukan dari makanan yang kita konsumsi saja. Hasilnya, tubuh lebih sehat, berat badan tidak meningkat, dan tidak cepat lapar.

3. Meningkatkan Daya Konsentrasi

3. Meningkatkan Daya Konsentrasi

Puasa terkadang diasosiasikan dengan turunnya tingkat konsentrasi. Banyak yang mungkin beralasan seperti itu terjadi karena pola makan berubah dan tubuh kekurangan nutrisi. Kembali, kita perlu melihat ke belakang lagi apakah yang sebenarnya menyebabkan itu. Ternyata asupan saat sahur kembali menjadi jawabannya!

Bisa jadi ada yang berpendapat kalau makan sahur yang banyak akan menjadikan kita tidak cepat lapar di siang hari. Ternyata justru kebalikannya, karena mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana seperti nasi akan menjadikan tubuh kita bekerja berlebihan saat mencernanya. Alhasil di waktu siang, justru kita akan merasa mengantuk dan kurang fokus. Maka solusinya adalah dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, sayuran kaya serat, serta dipadukan dengan makanan berprotein tinggi.

4. Memaksimalkan Performa Tubuh dengan Hidrasi yang Cukup

4. Memaksimalkan Performa Tubuh dengan Hidrasi yang Cukup

Di samping aneka makanan bergizi yang kita nikmati saat sahur, jangan lupa juga untuk minum air yang cukup. Air adalah unsur yang sangat penting untuk agar kita tetap terhidrasi dan fungsi tubuh berjalan maksimal. Misalnya saja air berfungsi sebagai alat transportasi dalam tubuh untuk mendistribusikan nutrisi dan oksigen pada setiap sel.

Tak hanya itu, asupan air yang cukup dapat mengurangi resiko terserang sakit kepala dan membantu lancarnya pencernaan. Lalu, masih banyak lagi fungsi air yang saling melengkapi dengan konsumsi makanan bergizi. Tak hanya selalu soal serat saja, karena ternyata air juga punya andilnya tersendiri dalam menjaga tubuh kita tetap fit. Apalagi di saat berpuasa, bukan?

Ternyata begitu banyak manfaat yang bisa kita dapat dari menikmati makanan bergizi dan minum air. Sekarang, jangan khawatir, karena memasak aneka makanan bergizi jadi lebih lezat dengan tambahan Royco Kaldu Ayam. Dikombinasikan dengan berpuasa dan menjaga asupan, maka tubuh yang sehat dan kuat akan bisa diraih. Lanjutkan dengan berolahraga lebih rutin di luar bulan Ramadan dan jadikan kebiasaan ini sebagai gaya hidup sehat yang terbarukan!