Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Tempe goreng kuning, sebuah resep olahan tempe, disajikan di atas piring hijau

4 Resep Olahan Tempe Lezat Bergizi Serta Menu Pelengkapnya

4 Resep Olahan Tempe dan Menu Pelengkapnya

Keluarga Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan kehadiran tempe di atas meja makan, baik itu sejak sarapan hingga makan malam. Sebagai pelengkap, idealnya ada lagi satu jenis lauk atau sayur agar kebutuhan nutrisi keluarga terpenuhi. Namun apa saja variasi resep olahan tempe yang akan menggugah selera? Kemudian, apa saja resep menarik yang cocok sebagi pendampingnya?

Kedua pertanyaan ini dapat dengan mudah kita temukan jawabannya dari kombinasi-kombinasi berikut. Apa saja pilihannya? Yuk, segera saja simak inspirasinya di bawah ini!

1. Nugget Tempe dan Sup Ayam Makaroni

1. Nugget Tempe dan Sup Ayam Makaroni

Bosan dengan goreng tempe yang biasanya, bagaimana kalau kali ini kita membuat nugget tempe? Ternyata nugget tak harus selalu dibuat dari daging ayam, terlebih lagi tempe juga punya kandungan gizi yang sangat tinggi. Cara membuatnya pun tidak sulit, tempe yang sudah dilumatkan dipadukan dengan wortel, telur, serta daun bawang. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam, garam, dan merica, kukus hingga matang dan balur dengan tepung panir. Goreng hingga keemasan.

Untuk menu pendamping, bisa juga disajikan dengan sup yang segar dan menyehatkan. Di balik kelezatan kaldunya terdapat ayam, kentang, wortel, kol, buncis, serta makaroni. Mudah dibuat dan selalu cocok di segala suasana. Ditemani nasi dan penutup berupa buah-buahan, gizi hari ini dapat dilengkapi dengan mudah.

2. Oseng Tempe Kacang Panjang dan Omelet Sayuran

2. Oseng Tempe Kacang Panjang dan Omelet Sayuran

Piring panjang berisikan oseng tempe dengan kacang panjang dan tomat
Tumisan tempe dan kacang panjang adalah menu makanan rumahan favorit sepanjang masa. (Foto: Royco)

Tempe adalah teman sejatinya kacang panjang, dan keduanya paling cocok saat ditumis bersama. Makanan rumahan yang satu ini dapat dengan cepat kita siapkan di rumah. Pertama, tumis bawang, cabai, daun salam, dan lengkuas hingga wangi. Selanjutnya tambahkan tempe yang dipotong persegi panjang, kacang panjang, serta tomat. Beri tambahan Royco Kaldu Ayam, kecap manis, dan sedikit air. Setelah air menyusut dan bumbu meresap, sajikan selagi hangat.

Selanjutnya kehadiran omelet sayuran menjadikannya semakin pas untuk dinikmati saat makan pagi ataupun siang. Lengkapi isian telur dadar ini dengan kol, bayam, wortel, serta daun bawang. Tambahkan cabai rawit agar rasa pedasnya semakin menggugah selera. Sajikan bersama buah pisang sebagai penutup agar gizinya semakin lengkap.

3. Tempe Goreng Kuning dan Orak Arik Telur Sayuran

3. Tempe Goreng Kuning dan Orak Arik Telur Sayuran

Selain omelet sayur tadi, kombinasi tempe dan masakan pendamping berikut ini juga bisa jadi pilihan seru untuk makan pagi besok. Tempe goreng yang satu ini tampil unik karena ada paduan kunyit dan ketumbar sehingga berwarna kuning. Rasanya berempah dan wangi, berkat adanya kehadiran daun salam, serai, serta lengkuas. Sisaan bumbunya seperti serundeng bisa disajikan bersama tempe dan memberikan kontribusi rasa yang semakin nikmat.

Sementara itu ada juga orak arik telur yang dimasak bersama aneka macam sayur. Wortel, buncis, dan kol dimasak bersama telur dan bawang sehingga gizinya menjadi lengkap. Bumbui dengan sedikit Royco Kaldu Sapi serta merica. Sajikan semuanya selagi hangat dan lengkapi dengan buah-buahan favorit sebagai pencuci mulut.

4. Mendoan Tempe Pedas dan Bobor Bayam Ubi

4. Mendoan Tempe Pedas dan Bobor Bayam Ubi

Piring kayu dengan alas daun serta mendoan tempe dan sambal kecap
Mendoan tempe, camilan lezat dengan cocolan sambal kecap pedas. (Foto: Royco)

Yang namanya mendoan tempe, selalu saja jadi incaran. Baik sebagai camilan sore, ataupun saat hadir untuk makan siang dan malam. Untuk membuatnya, siapkan dulu adonan pelapis berupa paduan tepung terigu dan tepung sagu. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam, cabai rawit, ketumbar bubuk, dan daun bawang. Pastikan untuk menggunakan campuran air dingin atau air es saat membuat adonannya. Tujuannya adalah agar mendoan tempe memiliki juga tekstur renyah.

Menu pelengkapnya adalah masakan rumahan legendaris - bobor bayam dengan campuran ubi yang sangat lezat dan tinggi nutrisinya. Tambahkan wortel dan masak bersama santan sehingga cita rasanya menjadi gurih. Nikmati bersama nasi hangat dan siapkan buah-buahan segar untuk dinikmati selepas makan.

Supaya tidak bosan, padu padankan menu pelengkap dengan resep olahan tempe yang berbeda setiap waktunya. Pengalaman bersantap bersama keluarga menjadi mengesankan dan kebutuhan gizi menjadi tercukupi. Berbekal bahan-bahan dengan harga terjangkau dan cara memasaknya yang mudah, masak-masak di dapur semakin menyenangkan!