Skip to content

Apa Yang Kamu Cari?

Telur berbalur daging cincang disajikan di atas talenan kayu sebagai salah satu resep daging sapi andalan.

5 Resep Daging Sapi Populer dan Mudah Dimasak di Rumah

Jangan biarkan stok daging menumpuk di freezer dalam waktu lama. Aneka resep daging sapi lezat berikut siap menghiasi meja makanmu!

Punya stok daging sapi di rumah? Jangan lama-lama dibiarkan menumpuk di kulkas. Saatnya berkreasi dengan aneka resep daging sapi yang menggugah selera!

Kita bisa mengolah macam-macam resep berikut ini sesuai dengan ketersediaan jenis daging yang ada di kulkas. Misalnya saja daging sandung lamur yang lebih cocok digunakan untuk sajian soto, atau buntut sapi yang lezat dibuat sup. Bagian daging apa yang sedang tersedia saat ini? Intip ide memasaknya berikut ini!

1.Daging Has Dalam

Daging has dalam adalah salah satu bagian terfavorit karena teksturnya relatif empuk dan tidak berlemak. Letaknya berada di bagian tulang belakang, di antara tulang panggul dan bahu sapi. Bagian daging sapi yang satu ini biasanya dibelanjakan untuk momen-momen spesial karena harganya yang sedikit lebih istimewa.

Ada banyak resep yang bisa diolah menggunakan daging has dalam. Salah satu menu yang paling mudah dibuat adalah tumis daging sapi saus bawang. Rempah yang kita gunakan dalam resep ini juga cukup sederhana. Bahan wajibnya adalah bawang putih, bawang bombay, merica, dan perasan jeruk lemon. Ditambah persiapannya, waktu total memasaknya masih bisa di bawah satu jam. Simak secara lengkap resep tumis daging sapi saus bawang dan sajikan yang spesial di akhir pekan!

2.Sandung Lamur

Bagian sandung lamur atau brisket cukup mudah ditemukan baik di pasar tradisional atau supermarket. Daging ini berasal dari bagian bawah dada dan ketiak sapi. Teksturnya agak berlemak namun kaya akan rasa dan bisa diolah menjadi empuk.

Tekstur itu yang membuatnya sangat cocok ketika dijadikan olahan soto. Sandung lamur akan semakin juicy ketika dimasak lama menggunakan air. Meski dipotong kecil-kecil, jenis daging ini juga tidak akan alot. Total waktu mengolah soto ini kurang lebih satu jam. Simak resep lengkap soto daging sapi dan sajikan dengan nasi hangat serta sambal!

3.Iga Sapi

Siapa yang bisa mengelak dari kelezatan iga sapi? Daging yang melekat pada tulang iga ini memiliki jaringan lunak yang tak banyak sehingga lembut dan cenderung gurih. Untuk membuat daging iga menjadi lebih empuk, kita bisa merendamnya terlebih dahulu menggunakan nanas muda. Cara lainnya, kita bisa juga mengempukkan daging iga di panci presto terlebih dahulu.

Dari sekian banyak olahan iga, resep sup iga adalah salah satu yang wajib dicoba. Meski rangkaian tahapannya cukup menantang, resep daging sapi satu ini tetap bisa dijajal oleh mereka yang baru mulai memasak di dapur. Yuk, sajikan resep sup iga istimewa untuk makan malam bersama keluarga!

4.Daging Cincang

Punya stok daging cincang di kulkas? Daging cincang yang dijual di supermarket biasanya berasal dari macam-macam bagian daging, dari has dalam maupun sandung lamur. Dicacah halus, daging cincang menjadi ‘adonan’ yang bisa kita kreasikan ke dalam beragam jenis resep.

Salah satu resep yang bisa kita coba adalah telur bistik. Telur yang berselimutkan daging sapi cincang ini tepat menjadi menu tambahan saat makan siang ataupun malam. Mengolah adonan daging cincang pada menu ini tak jauh berbeda dengan membuat bistik. Kita campurkan terlebih dahulu daging dengan telur dan bawang bombay yang telah diiris tipis. Setelahnya, telur yang telah direbus kita selimuti dengan adonan daging dan digoreng.

5.Buntut Sapi

Bagian lain yang tak kalah jadi favorit adalah buntut sapi. Meskipun sekilas mirip dengan iga, kepadatan daging pada buntut sapi relatif lebih sedikit. Bila diolah secara tepat, daging buntut bisa jadi lebih empuk dari iga. Karena jadi favorit banyak orang, harga buntut sapi terbilang cukup tinggi.

Jika punya stok buntut sapi di rumah, yuk, segera kita kreasikan! Salah satu olahan yang bisa kamu coba di rumah tiada lain adalah sup buntut. Cara meraciknya tidak jauh berbeda dengan sup iga. Simak resep lengkap sup buntut dan jadikan suasana kumpul keluarga di rumah semakin hangat.

Kreasikan resep daging di atas untuk berbagai suasana, mulai dari makan siang santai hingga makan malam spesial. Resep manakah yang jadi favoritmu?