Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Bola-bola daging dari olahan daging giling

Inspirasi 4 Olahan Daging Giling dan Menu Pendamping Sehat untuk Keluarga

Inspirasi Olahan Daging Giling dan Menu Pendamping Sehat

Bingung dengan stok daging sapi yang terlalu banyak saat Idul Adha ingin diolah menjadi apa? Agar tidak bosan, kamu bisa menghaluskan daging sapi menjadi daging giling atau daging cincang. Setelahnya, olahan daging giling bisa dibuat menjadi berbagai macam hidangan di meja makan. Daging giling memiliki tekstur cenderung lebih lembut dibandingkan irisan daging utuh. Sehingga akan lebih mudah untuk mengolah daging giling menjadi menu yang lezat, lembut, dan menggugah selera.

Daging giling bisa diolah dengan cara dipanggang, digoreng, maupun dikukus. Berbagai bumbu dapur dan rempah bisa digunakan saat mengolahnya, sesuai dengan sajian yang akan dibuat. Biasanya daging ini juga bisa dicampur dengan bahan lain seperti protein nabati, sayuran, kacang-kacangan, maupun mi, misua, dan bihun.

Nah, untuk menyempurnakan isi piring dan rasa, sajikan lauk dari olahan daging dengan menu pendamping lainnya, seperti tumisan sayur, sup, dan lainnya. Sekarang, langsung saja kita simak 4 ide resep olahan daging giling berikut ini!

1. Sup Bola Daging Sapi

1. Sup Bola Daging Sapi

Olahan daging giling menjadi sup bola sapi siap disantap
Semangkuk sup bola daging sapi sungguh hangat dan menggugah selera. (Foto: Shutterstock)

Sup bola daging sapi bisa menjadi ide resep yang tepat bagi kamu pencinta makanan berkuah. Tidak sulit dan memakan waktu lama untuk membuat menu ini di rumah. Selain daging giling, siapkan bahan lain untuk membentuk adonan bola-bola dagingnya seperti tepung sagu, putih telur, garam, merica bubuk. Bentuk adonan menyerupai bola bekel dan tumis bola-bola daging hingga matang.

Tiriskan bola daging, kemudian buat kuah sup dengan tambahan Royco Kaldu Sapi yang kini hadir dengan Formula Baru yang dibuat dari daging yang direbus lama dan dilengkapi garam beriodium. Masakan menjadi lebih lezat dan kebutuhan iodium harian tubuh menjadi terpenuhi.

Setelah kuah sup mendidih, masukkan bola-bola daging. Sempurnakan sup bola daging dengan sayuran atau kacang-kacangan yang dapat memperkaya rasa dan memberi nutrisi bagi tubuh seperti pakcoy dan kacang hijau. Kamu bisa pilih jenis sayur lainnya seperti di sini

2. Bola-Bola Daging Renyah

2. Bola-Bola Daging Renyah

Bola daging renyah, satu menu olahan daging yang bakal jadi favorit baru di rumah. Sekilas menyerupai bitterbalen yang berbalut tepung dan digoreng hingga kecokelatan. Mengandalkan perpaduan antara daging giling dan potongan jamur champignon, bola-bola daging ini terasa renyah saat digigit, namun lembut, dan gurih di lidah.

Sebagai lauk utama, sempurnakan hidangan ini dengan menu pendamping sehat sekaligus lezat. Satu menu pendamping yang praktis untuk dicoba adalah sup jagung daun kelor. Sebagai makanan sehat yang semakin populer, daun kelor dikenal sebagai salah satu sayur hijau yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit.

3. Tumis Buncis Daging Giling

3. Tumis Buncis Daging Giling

Tidak perlu keluar rumah, menu a la restoran ini bisa dicoba sendiri di rumah. Satu sajian lengkap yang terdiri dari protein hewani dan sayur. Proses memasaknya pun praktis dan tidak membutuhkan waktu lama. Sepiring tumis buncis daging giling bisa menjadi lauk utama mendampingi nasi hangat.

Jika masih terasa kurang meriah, dampingi dengan lauk tambahan yang tidak kalah lezat seperti bola tahu bayam. Menyerupai perkedel, bola tahu bayam ini terasa gurih dan lembut di lidah. Tambahan bayam akan menambah tekstur dan nutrisi bagi tubuh. Pasalnya, bayam dikenal sebagai salah satu sayur hijau yang mengandung tinggi beta-karoten untuk menjaga kesehatan mata.

4. Pangsit Jepang Cheese Burger

4. Pangsit Jepang Cheese Burger

Pangsit cheese burger di talenan kayu cokelat siap disantap
Pangsit Jepang cheese burger dari olahan daging giling yang istimewa. (Foto: Royco)

Nikmatnya pangsit Jepang cheese burger untuk disajikan sebagai lauk utama atau camilan. Ada tumisan daging cincang yang terasa gurih dan pedas untuk dijadikan isian. Dibungkus dengan kulit gyoza, pangsit burger kemudian digoreng atau di pan-seared. Ini adalah ide menu yang unik saat merayakan Idul Adha. Sajikan bersama menu pendamping lain, seperti sup ayam bakso yang lezat dan menyegarkan.

Itu dia 4 inspirasi olahan daging giling untuk mempersiapkan Hari Raya yang lebih berkesan. Tunggu apa lagi? Langsung kita siapkan bahan-bahannya, yuk! Selamat mencoba! Untuk inspirasi resep harian sehat dan lezat lainnya, jangan lupa kunjungi laman Nutrimenu, ya.