Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Sepiring buntut sapi bakar bersama semangkuk kuah kaldu sayur

4 Bahan Makanan Sehat dan Bergizi Pendamping Menu Daging Saat Idul Adha

Bahan Makanan Sehat dan Bergizi Pendamping Menu Daging

Momen Idul Adha identik dengan menikmati berbagai olahan daging, baik kambing maupun sapi. Ada olahan daging panggang, daging berkuah santan, daging berkuah manis, hingga nasi goreng daging. Sajikan dengan bahan makanan sehat dan bergizi sebagai pendamping agar terasa semakin nikmat ketika disantap.

Selain lezat, bahan makanan pendamping ini berkontribusi juga pada rasa yang lebih lezat, kenyang lebih lama, bahkan memberikan gizi ekstra bagi tubuh. Di antaranya, bahan-bahan ini adalah seperti umbi, kacang-kacangan, ataupun sayuran hijau.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk menambahkan makanan pendamping ini ke menu dagingmu saat Idul Adha. Berikut inspirasi yang bisa kamu coba tahun ini! 

Kacang Kedelai

Kacang Kedelai

Semangkuk brongkos daging kacang disajikan
Kacang kedelai adalah bahan makanan sehat dan bergizi untuk mendampingi olahan daging. (Foto: Royco).

Kacang kedelai dapat ditemui dalam berbagai macam bentuk olahan seperti tempe, tahu, susu kedelai, tepung kedelai, dan minyak kedelai. Tidak terbatas menjadi olahan, kedelai juga bisa dimasak bersama aneka macam hidangan. Selain memberi sensasi rasa yang unik, kacang kedelai juga bisa memberi rasa kenyang lebih lama dan bernutrisi bagi tubuh. Selain itu, kacang jenis ini juga dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan, kaya vitamin B1, folat, dan kalsium.

Kali ini, kedelai bisa dipadukan dengan olahan daging berkuah. Untuk mendapatkan tekstur yang empuk, sebaiknya rendam kedelai dalam air suhu ruang minimal 4 jam sebelum dimasak. Salah satu inspirasi resep yang seru untuk Idul Adha nanti adalah brongkos daging kacang

Pakcoy dan Kacang Merah

Pakcoy dan Kacang Merah

Pakcoy dan kacang merah mudah diperoleh di supermarket maupun pasar tradisional. Keduanya ini biasa diolah menjadi macam-macam masakan di Indonesia. Pakcoy memberi rasa manis yang segar, sedangkan kacang merah memberi tekstur yang khas dan mengenyangkan. Selain terasa segar saat disantap, keduanya juga baik untuk kesehatan. Pakcoy kaya akan vitamin A dan C, sedangkan kacang merah mengandung zat besi, fosfor, dan potassium.

Keduanya cocok untuk mendampingi hidangan sup buntut bakar pakcoy yang satu ini. Masak kaldu berempah khas sup buntut dengan tambahan Royco Kaldu Sapi yang kini hadir dengan Formula Baru dan dibuat dari daging yang direbus lama dan dilengkapi garam beriodium. Masakan di rumah menjadi lebih lezat dan kebutuhan iodium harian tubuh menjadi terpenuhi. Selain kentang, tambahkan juga tomat, dan wortel, serta pakcoy dan juga kacang merah. Sajikan bersama buntut bakar yang diolesi bumbu kecap pedas. Seru!

Daun Kelor

Daun Kelor

Potong ubi jalar mentah di atas nampn kayu siap dimasak
Daun kelor menjadi pilihan menarik sebagai elemen dalam soto daging. (Foto: Royco)

Popularitas daun kelor kini tidak diragukan lagi. Digadang-gadang sebagai sayuran penuh mukjizat, kandungan gizi tumbuhan yang satu ini sudah diakui kehebatannya oleh dunia sains. Dari bagian daunnya, tumbuhan ini memiliki kandungan tinggi vitamin C, protein, kalsium, beta-karoten, dan potassium.

Resep soto segar daun kelor ini menggunakan daging sapi juga sebagai proteinnya. Cukup menambahkan potongan daun kelor pada kuah kaldu daging yang sudah diperkaya dengan rempah, lengkuas, daun jeruk, serai, serta daun salam. Sajikan selagi hangat.

Okra

Okra

Okra, sayur hijau yang mudah diperoleh namun banyak dari kita yang masih bingung untuk mengolahnya. Sekilas menyerupai cabai hijau besar atau oyong pendek, bukan? Ternyata okra memiliki tekstur yang cukup renyah ketika disantap dan baik untuk kesehatan. Sayuran yang memiliki biji kecil di dalamnya ini dikenal kaya akan vitamin C, vitamin B1, B2, dan B6, serta tinggi serat. Selain ditumis dan dimasak sup, okra bisa menjadi makanan yang renyah seperti okra goreng crispy untuk mendampingi kari kambing atau gulai sapi.

Wah, ada banyak bahan makanan sehat dan bergizi yang bisaa dijadikan makanan pendamping menu daging, bukan? Apa pun pilihanmu, nikmati menu khas Idul Adha yang lezat dan sehat dengan keluarga tercinta di rumah. Untuk inspirasi bahan-bahan bergizi lainnya, jangan lupa untuk cek 50 Pangan Masa Depan, ya.