Apa Yang Kamu Cari?

Cara Tepat Membuat French Toast
Cara Tepat

Membuat French Toast

Roti sering jadi pilihan menu sarapan karena cepat dan mudah disiapkan. Walaupun cepat dan mudah, bukan berarti menu sarapan roti harus membosankan, lho.

Banyak menu sarapan menggunakan roti yang istimewa dan tak kalah dengan sajian sarapan di restoran atau hotel, salah satunya adalah french toast. Coba padukan french toast dengan telur orak-arik atau telur rebus seperti dalam resep Croque Madame ini.

French toast yang lezat memadukan kerenyahan dan kelembutan pada selembar roti. Bagaimana cara untuk membuat roti french toast dengan sukses? Perhatikan beberapa langkah berikut ini.

1. Gunakan roti yang cukup tebal

Roti yang digunakan harus cukup tebal untuk bisa menyerap campuran susu dan telur dengan baik. Bila terlalu tipis, roti akan menjadi hancur atau terlalu lembek saat dicelupkan dalam campuran susu dan telur. Idealnya, ketebalan roti adalah sekitar 2-2,5 cm. Selain itu, jenis roti yang agak kering seperti brioche akan menyerap campuran susu dan telur dengan baik. French toast yang dihasilkan pun jadi lebih nikmat.

2. Kocok telur dan susu hingga tercampur rata

Celupan telur, susu, dan bumbu harus dikocok hingga tercampur dengan baik untuk menghasilkan french toast yang sempurna. Kamu tentu tidak mau ada potongan telur yang tidak matang merata pada french toast, kan?

3. Gunakan perbandingan tepat untuk celupan telur dan susu

Rasio campuran telur dan susu unntuk bahan celupan roti sangat penting untuk mendapatkan french toast yang lembut dan matang merata. Rasio adonan yang ideal adalah 1 butir telur dan 60 ml susu untuk tiap 2 lembar roti.

4. Bumbui campuran susu dan telur

Agar semakin lezat, tambahkan sedikit bumbu dalam campuran susu dan telur untuk celupan roti. Kamu bisa menambahkan kayu manis bubuk atau ekstrak vanila sesuai selera. Kamu juga bisa menambahkan sedikit rum pada campuran susu dan telur bila suka!

5. Panggang roti di atas wajan dengan sedikit minyak

Saat memanggang roti di atas wajan, hindari penggunaan mentega. Lebih baik menggunakan minyak karena mentega lebih mudah gosong. Bila menggunakan mentega, kamu lebih berisiko mendapatkan selembar roti gosong dibandingkan kalau menggunakan minyak.

6. Panggang roti dengan panas yang cukup

Panas yang terlalu tinggi akan membuat roti gosong di bagian luar tapi kurang matang di bagian dalamnya. Panas yang terlalu rendah akan membuat roti jadi terlalu kering. Karena itu, untuk mendapatkan french toast yang renyah dan matang sempurna, panggang roti dengan panas sedang selama 3-4 menit di tiap sisinya. Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum menggunakannya untuk memanggang roti.

 

Dengan trik yang tepat, kamu bisa menyajikan french toast sebagai sarapan lezat yang mudah. Sajian apa yang akan kamu hidangkan untuk melengkapi french toast lezat buatan Ibu?