Apa Yang Kamu Cari?

Cara Tepat Menguleni Adonan Roti
Cara Tepat

Menguleni adonan roti

Membuat roti merupakan suatu tantangan tersendiri, bahkan bagi yang sudah sering membuat berbagai macam pastry dan roti.

Maklum, adonan roti perlu diuleni dengan tepat agar bisa mengembang sempurna dan berwarna cantik. Selain itu, tak sedikit yang merasa ragu mencoba membuat roti sendiri karena tidak memiliki mixer khusus untuk menguleni adonan. Padahal, menguleni adonan roti bisa dilakukan tanpa mixer khusus, lho.

Apa saja yang harus diperhatikan saat menguleni untuk memastikan adonan roti telah diuleni dengan cukup? Simak beberapa hal di bawah ini.

1. Jangan terlalu menekan adonan saat menguleni

Agar roti mengembang dengan baik, ragi dalam adonan perlu bekerja dengan baik. Karena itu, sebaiknya adonan tidak ditekan terlalu keras saat menguleni.

2. Uleni adonan hingga terasa halus dan kalis

Adonan roti biasanya perlu diuleni selama sekitar 10-12 menit sebelum siap diolah lebih lanjut. Meski demikian, waktu ini bukan patokan baku. Hal yang lebih penting adalah memerhatikan tekstur dan bentuk adonan roti untuk memastikan telah cukup diuleni.

Kalau masih terasa basah dan lengket, adonan belum diuleni dengan cukup. Adonan sudah siap jika sudah terasa halus dan kalis. Coba tekan adonan dengan jemari. Kalau bagian yang ditekan kembali ke bentuk semula dan tidak meninggalkan bekas, artinya sudah cukup diuleni. Adonan roti juga sudah cukup diuleni bila adonan tidak mudah sobek.

3. Istirahatkan adonan roti

Setelah diuleni, bentuk adonan menjadi bola dan istirahatkan adonan roti selama beberapa saat. Hal ini dilakukan agar ragi dalam adonan bisa bekerja membentuk karbondioksida yang membuat roti bertekstur lebih lembut. Adonan roti biasanya perlu diistirahatkan sekitar 15 menit.

4. Gunakan wadah yang tepat

Agar proses pengistirahatan lebih optimal, adonan roti sebaiknya diistirahatkan dalam wadah dari stainless steel, marmer, kayu, atau granit. Bahan-bahan ini akan membuat ragi bekerja lebih baik sehingga roti akan mengembang dengan cantik.


Setelah diuleni dan diistirahatkan, adonan roti pun siap dipanggang dalam oven. Sambil menunggu roti matang, kamu bisa mencoba membuat Olesan Roti Bumbu Royco Sapi ini. Jadi ketika roti matang, olesan lezat untuk mendampingi roti lezat buatanmu sudah siap. Olesan roti seperti apa yang paling foodies sukai?