Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
manfaat kedelai

Ketahui 5 Manfaat Kedelai untuk Tubuh & Cara Mengolahnya

Kenali beragam manfaat kedelai yang selama ini telah dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, simak juga resep-resepnya yang bisa kamu coba di rumah!

Kedelai adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang sedang naik daun di dunia saat ini. Masyarakat Asia Timur dan Tenggara sudah mengenalnya sejak ribuan tahun lampau. Kini, pamornya justru kian menanjak di kala olahannya sudah mencakup banyak makanan ataupun minuman. Apalagi belakangan manfaat kedelai untuk kesehatan semakin diketahui. Hasilnya, jenis kacang yang satu ini menjadi favorit para penganut vegetarian.

Mengenal manfaat kedelai

Kacang kedelai memiliki 9 jenis asam amino yang esensial, dan ini didapatkan dari statusnya sebagai bahan makanan berprotein tinggi. Menurut USDA, kacang kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang rendah serta kaya akan vitamin C dan asam folat. Nutrisinya dilengkapi juga dengan kandungan serat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, thiamin, dan potassium.

Yuk, kita kenali setidaknya lima manfaat kedelai yang perlu kamu ketahui.

1. Menyehatkan jantung

Karena kandungan lemak tak jenuhnya yang justru lebih tinggi, kacang kedelai membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut studi dari University of Kentucky, kacang kedelai bisa berperan menurunkan resiko penyakit jantung koroner maupun atherosclerosis (peradangan pembuluh darah). Selain itu, kandungan serat pada kacang kedelai mampu membersihkan kelebihan kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah.

2. Melancarkan saluran pencernaan

Kembali unsur serat dalam kacang kedelai memiliki fungsi penting lainnya. Serat menstimulasi kontraksi pada otot sehingga mempermudah lewatnya makanan dan mencegah konstipasi. Kandungan karbohidrat yang dimiliki kacang kedelai juga dikenal bisa menstimulasi produksi bakteri probiotik yang menyehatkan dalam usus.

3. Menurunkan resiko kanker

Hal ini didasarkan dari berbagai studi pada masyarakat Asia Timur oleh International Agency for Research on Cancer dan American Journal on Epidemiology. Masyarakat ini terbiasa mengonsumsi kacang kedelai sebagai bagian dari keseharian mereka. Hasilnya, ditemukan bahwa rata-rata terjadinya kanker payudara, uterus, prostat, dan usus cenderung lebih rendah.

4. Memperlancar sirkulasi darah

Kekayaan kandungan mineral dalam kacang kedelai, khususnya tembaga dan zat besi, ternyata punya peranan esensial dalam pembentukan sel darah merah. Dengan demikian sirkulasi darah dan oksigen mencapai berbagai bagian tubuh secara efisien. Selain itu, kandungan isoflavon pada kacang kedelai membantu mengurangi sumbatan pada pembuluh darah.

5. Mengontrol diabetes

Senyawa pinitol yang dihasilkan dari olahan kacang kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah reseptor insulin yang dihasilkan dalam tubuh. Dengan jumlah konsumsi yang tepat, kacang kedelai dapat membantu menurunkan kadar gula darah, hingga membantu mengatasi ataupun mencegah diabetes.

Mengolah kacang kedelai pada menu harian

Sebagai orang Indonesia, kacang kedelai dan olahannya sudah kita kenal sejak lama. Misalnya saja dari beragam resep tahu, tempe, hingga kini edamame ataupun olahan lainnya seperti susu kedelai. Pastikan untuk menyiapkan beragam lauk pauk serta sayuran untuk merancang asupan yang seimbang bagi tumbuh kembang anak. Inilah esensi dari program Nutrimenu yang tengah kita kenalkan untuk seluruh keluarga Indonesia.

Nah, salah satu ide olahan kacang kedelai yang perlu kamu coba adalah tahu isi sayuran dengan sambal cocolan. Siapkan bahan-bahannya seperti tahu Sumedang, daging ayam giling, wortel, kol, taoge, serta bawang bombay, daun bawang, dan margarin. Siapkan juga bahan celupan untuk tahu Sumedang yang akan digoreng tepung serta bumbu dasar lainnya.

Tumis margarin bersama bawang bombay, kemudian masukkan daging ayam cincang. Tumis bersama bahan isian lainnya dan bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Setelah isian dimasukkan ke dalam tahu Sumedang, celupkan ke dalam larutan tepung dan kocokan telur ayam. Goreng hingga matang dan sajikan dengan saus sambal kesukaanmu.

Simak juga resep-resep rumahan lainnya seperti tumis tahu dengan jamur shiitake dan kailan, sup tahu dan bakso ikan, ataupun sandwich tempe sebagai menu bekal. Keseimbangan gizi pada diri dan keluarga didapat dari rancangan menu yang tepat serta penggunaan bahan makanan yang berkualitas. Yuk, kita masak!