Apa Yang Kamu Cari?

Tips Mengolah Ayam Bakar Agar Tidak Gosong
Tips Mengolah

Ayam Bakar Agar Tidak Gosong

Sajian ayam bakar mungkin tampak sederhana. Namun, bila diolah dengan teknik yang salah, rencana menikmati menu makan malam ayam bakar lezat bisa gagal karena gosong. 

Lebih parah lagi bila ayam bakar gosong di bagian luar, tapi belum matang di bagian dalamnya. 

Masalah ayam bakar yang gosong ini sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa tips sederhana. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Sebelum ayam mulai diolah, pastikan daging ayam telah berada dalam suhu ruangan. Ayam yang dingin karena baru dikeluarkan dari freezer atau kulkas membutuhkan waktu lebih lama untuk matang secara merata. Akibatnya, walaupun bagian luarnya telah matang, bagian dalam ayam belum cukup matang. Padahal bila dimasak terlalu lama, ayam tentu akan menjadi gosong.

2. Sebelum dibakar, sebaiknya ayam diungkep dulu bersama bumbu dengan api kecil hingga matang. Biasanya ayam negeri membutuhkan waktu ungkep sekitar 45 menit, sedangkan ayam kampung membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Selain mencegah ayam gosong karena dimasak terlalu lama, teknik ini juga membuat bumbu lebih meresap. Langkah pengungkepan ini bisa kamu simak dalam resep Ayam Bakar Bumbu Rujak.

Setelah diungkep, ayam tidak perlu dibakar terlalu lama. Ayam cukup dibakar hingga bagian luarnya kecokelatan, tapi bagian dalamnya pasti telah matang sempurna. Bencana menu makan malam berupa ayam panggang gosong pun bisa dihindari.

3. Idealnya, ayam bakar tak perlu dimasak terlalu lama. Beberapa bahan yang sering ditemui dalam bumbu ayam bakar antara lain kecap dan madu. Bahan-bahan ini bisa membuat ayam mudah gosong saat dibakar. Langkah pengungkepan yang telah dibahas dalam poin sebelumya juga membantu ayam cepat matang tanpa dibakar terlalu lama.

4. Gunakan api sedang saat membakar ayam. Hindari arang dengan api berkobar karena dapat membuat ayam mudah gosong atau tidak matang merata. Memanggang ayam dengan oven atau panggangan listrik juga bisa jadi pilihan untuk mendapatkan ayam bakar yang matang merata.

5. Bila dibakar dengan panggangan arang, pastikan ada jarak cukup antara ayam dan arang. Ini juga untuk menghindari ayam jadi gosong karena terkena arang.


Ayam bakar bisa jadi pilihan menu makan malam yang praktis. Kamu bisa menyiapkan dan mengungkep ayam terlebih dulu, lalu menyimpannya dalam kulkas. Saat akan disajikan, kamu hanya perlu membakar ayam hingga bagian luarnya kecokelatan dan renyah. Menu makan malam pun tersaji dengan mudah dan lezat. Selamat mencoba!