Skip to content
Apa Yang Kamu Cari?
Tips Rencanakan Menu Makan Malam Mingguan

Tips Merencanakan Menu Makan Malam Mingguan

Menyajikan menu makan malam buatan sendiri merupakan langkah lebih sehat dan hemat untuk keluarga.

Menyisihkan waktu demi memasak untuk keluarga merupakan tantangan tersendiri, apalagi bagi yang bekerja. Bagaimana mungkin harus memasak setelah bekerja seharian di kantor dan berjuang menembus macet? Padahal menu makan keluarga, khususnya menu makan malam, bisa diatur setiap minggu sesuai kesibukan kamu.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi terlewat menyiapkan yang terbaik di rumah. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan saat merencanakan menu makan malam keluarga :

1. Sesuaikan dengan Kebiasaan Keluarga

Pukul berapa kamu biasanya tiba di rumah? Apakah berbelanja bahan makanan dilakukan setiap minggu atau bulan? Rutinitas dan kebiasaan sehari-hari akan membantu menentukan resep makan malam apa yang cocok untuk disiapkan.

2. Catat Menu Kesukaan Keluarga

Kalau punya sajian andalan yang selalu digemari keluarga, masukkan dalam menu yang direncanakan. Tentunya perhatikan juga waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan sajian tersebut. Kalau butuh waktu memasak yang lama, jangan masukkan sajian tersebut dalam menu makan malam saat hari kerja. Mungkin kamu bisa alokasikan sajian tersebut saat akhir pekan sehingga lebih banyak waktu untuk menyiapkannya.

3. Siapkan Makanan Dalam Jumlah Lebih Banyak

Makanan yang disimpan dengan baik bisa menghemat waktu dan tenaga untuk menyiapkan menu makan malam. Jadi, jangan ragu membuat makanan dalam jumlah besar dan menyimpannya di kulkas dalam beberapa wadah. Menu yang sama dapat disajikan berselang 1-2 hari agar tidak bosan. Meal planning menjadi tren sendiri di kalangan mereka yang sibuk setiap harinya.

4. Berkreasi dengan Bahan yang Sama untuk Beberapa Hari

Hemat waktu memasak dengan mengatur menu dengan bahan yang sama selama beberapa hari. Misalnya, suwiran ayam rebus dalam jumlah banyak dan simpan dalam kulkas. Ini bisa digunakan selama beberapa hari dalam berbagai menu seperti Soto Ayam dan tumisan dengan ayam suwir.

5. Fleksibel

Sesuaikan menu yang telah direncanakan dengan jadwal kamu. Kalau tiba-tiba tidak bisa pulang cepat untuk memasak, menu makan malam bisa diubah menjadi sajian lain yang lebih mudah disiapkan. Ada baiknya juga terkadang kamu juga menyiapkan menu makan malam sehat sebagai alternatifnya. Tidak selalu harus sulit, banyak menu sehat yang mudah juga, lho!

Meluangkan waktu untuk merencanakan menu setiap minggu atau bulan akan memudahkan kamu dalam menyajikan hidangan terbaik. Sajian mana yang selalu ada dalam menu di rumah?